Teknik Melatih Pikiran Lebih Jernih!

Pikiran jernih adalah kunci untuk kita dapat mencari solusi tepat ketika menghadapi sebuah persoalan. 5 Teknik untuk melatih berpikir jernih, simak disini ya!

Peek.Me Friends, ketika kita menghadapi permasalahan yang menyebabkan stres, hal ini menyebabkan pikiran kita menjadi kacau, sehingga kita mengambil keputusan yang salah. Melatih berpikir jernih, tidak hanya dapat membuat kita menemukan solusi namun juga mengeluarkan kita dari tahap stress cycle.

Pikiran jernih adalah saat pikiran kita bersih dari emosi negatif dan persepsi yang salah terhadap masalah. Penyebab utama pikiran kita terasa berkabut adalah emosi yang sedang negatif. Pikiran yang sedang tidak jernih adalah kondisi yang menjadikan kita banyak pikiran, selalu berpikir ke arah negatif, suasana hati tidak baik serta dibayangi rasa takut, dan respon menyelesaikan masalah dengan tergesa-gesa.

Melansir dalam laman Greatmind, menyatakan ketika pikiran kita tidak jernih, maka hilangnya esensi dalam berpikir logis dan fungsi kognitif yang sehat. Ketika mengalami ini, kalian merasa seperti pikiran semrawut, yang menjadikan solusi tidak tampak, walau sebenarnya solusi itu ada di depan mata. Ibarat jalur kabel yang banyak dan tidak teratur serta saling bertumpuk, itulah gambaran yang ada dalam otak ketika pikiran kita kacau.

Baca Juga: Ketika Diri Kehilangan Motivasi, Lakukan Hal Ini Agar Semangat Kembali

Berpikir Jernih Itu Menyelesaikan Masalah Tanpa Masalah, Gimana Caranya?

Ketika pikiran kita jernih bukan berarti tidak adanya masalah, namun teknik berpikir jernih membuat kita dapat menyelesaikan masalah dengan solusi tepat dan tidak menimbulkan masalah baru lainnya. Inilah beberapa teknik yang Peek.Me Friends bisa coba:

1.Membersihkan hati

Penyebab utama pikiran kacau dimulai dari emosi dan hati yang penuh dengan hal-hal negatif. Memang tidaklah mudah, karena kita tidak dapat melihat hal tersebut. Namun, pada tahap ini kalian akan merasa pada tahap ikhlas atau legowo terhadap permasalahan yang ada serta menerima akan setiap kegagalan pun kesalahan.

2.Mengembalikan fungsi kognitif

Saat emosi menguasai kita, maka fungsi akal menjadi sangat lemah. Cara agar fungsi kognitif dan akal kita berada di tahap yang siap untuk mencerna permasalahan, Peek.Me Friends bisa mencoba untuk menenangkan diri dan emosi. Ketika kita emosi, sistem berpikir kita ibarat memakai kaca mata yang kotor, sehingga seringkali membuat kita mengambil keputusan yang salah.

3.Gunakan akal

Saat emosi mulai reda, maka kini kalian bisa memaksimalkan fungsi akal untuk mulai berpikir dan mencerna permasalahan. Di tahap ini, kalian bisa menggunakan teknik berpikir untuk membantu mencari solusi terbaik terhadap permasalahan. Kalian bisa menerapkan teknik problem solving, structured-mind thinking, mind-mapping, dan metode berpikir kreatif.

4.Kombinasikan fungsi otak kanan dan kiri

Otak kanan berkaitan dengan skill imajinasi dan emosi untuk membuat kita dapat melihat persoalan secara makro, sedangkan otak kiri berkaitan dengan keterampilan kita untuk melihat secara mikro dan logis. Sehingga, ketika kita dapat menyelaraskan fungsi kedua otak kita, akan dapat memampukan kita menemukan ide-ide, solusi jitu, dan gagasan-gagasan yang tepat dan lebih baik.

5.Hirup Mellow Free

Aroma yang uplifting dan energizing dari campuran minyak atsiri Sweet Orange membuat diri kita lebih bersemangat untuk berpikir positif dan optimis terhadap permasalahan yang dihadapi atau pemicu stressor yang ada. Inhaler Mellow Free diformulasi oleh aromaterapis bersertifikasi yang bermanfaat khusus untuk menurunkan tingkat stres, sehingga membantu kamu memiliki pikiran lebih jernih.

Sumber:

GreatMind

Dinas Komunikasi dan Informatika

#HealthyLittleHabits #HealthyEveryWay

Leave a comment

All comments are moderated before being published

Shop now

WE TAKE CARE OF YOU

Day and Night

Big and Small

Inside and Out