Blog Image

Blog

Staying Sane During Vacation.

June 13, 2018


Liburan asyik? Seru? Emmmmmm, belum tentu!

Betul, berlibur biasanya bertujuan untuk keluar sementara dari rutinitas yang ketat, refreshing badan dan pikiran supaya ga mumet. Berlibur juga pinginnya untuk menghabiskan waktu bersama orang-orang terdekat kita. Penuh tawa dan canda. Momen-momen indah yang instagrammable. Tapiiiii..... kenyataan kadang berbicara lain.

Sawah hijau membentang asri tiba-tiba jadi seperti ladang ranjau penuh nyamuk dan serangga: badan jadi bentol dan gatal-gatal. Waktu berlibur bersama anak jadi kacau karena anak rewel tidak bisa tidur, adik bayi rewel mogok makan, dan mainan kelupaan tertinggal di rumah. Belum lagi kalau cuaca tiba-tiba tidak mendukung dan semua orang terserang virus bergantian, batuk pilek bersin bersahut-sahutan seperti konser.




Gimanaaaa dong?

Selain packing baju-baju dan properti foto (penting!), harus selalu siap dengan beberapa tips dan senjata traveling:

  • Untuk keluarga dengan anak kecil: mainan anak, baju ganti di tas kabin, dan alat mewarnai (krayon bisa untuk mewarnai buku, mewarnai dinding kalau sudah kehabisan kertas, dan mewarnai baju ayah ibu yang sudah mentok kehabisan gaya). Peek-A-Boo supaya si batita kecil bisa kooperatif jadwal tidur dan makannya.
  • Untuk keluarga dengan orang tua lanjut usia: atur jadwal supaya ada waktu tidur siang (anggota keluarga lain bisa beraktivitas), dan survey dulu untuk memastikan tidak ada tangga yang terlalu tinggi, dll.
  • Untuk yang pergi dengan teman-teman: permainan board game atau kartu supaya ga bosan di jalan, snack dan minuman yang bisa dishare
  • Untuk semua tipe traveler: Bugs Away spray atau lotion stick (supaya kulit tetap utuh mulus tak ternoda gigitan nyamuk), Immune Booster (supaya bisa mengikuti semua rencana perjalanan tanpa harus tepar), Breathe Balm (berjaga-jaga kalau ada yang mulai batuk pilek atau flu), Anti Nausea inhaler supaya apapun moda transportasi yang digunakan, tidak akan ada yang mabuk perjalanan.

 

Staycationing?

Ga semua orang mudik atau bepergian tapinya, apa dong tips-tips untuk mereka yang staycationing(menghabiskan waktu libur tanpa pergi ke luar kota)? Terutama untuk keluarga dengan anak kecil, staycationing bisa seru lho!

  • Cari museum atau landmark historis di kota kalian yang belum pernah dikunjungi 
  • Cari outdoor park yang memiliki banyak pilihan aktivitas: kebun binatang, taman seni, adventure park, atau gelanggang olahraga
  • Membentuk kelompok kecil anak-anak untuk playdate bergiliran ke rumah masing-masing, supaya orang tua ada kesempatan untuk bersosialisasi
  • Mengumpulkan barang untuk membuat time capsule yang akan dibuka x tahun kemudian

 

Apa tips kalian untuk berlibur seru? Yuk share di facebook atau instagram kita!