Blog Image

Blog

Bermain Mak Comblang Dengan Kulitmu

August 30, 2018
Mencari produk yang tepat untuk kulit wajah kita itu kadang seperti sedang mencari jodoh: cocok-cocokan, dan gampang-gampang susah. Yuk hari ini kita akan mencoba menjadi mak comblang, supaya kamu bisa mengetahui rangkaian perawatan wajah yang sesuai dengan jenis kulitmu!
Pada umumnya ada tiga jenis kulit wajah: berminyak, kombinasi, dan kering. Banyak orang yang kebingungan menentukan jenis kulitnya. Ini cara yang mudah untuk tahu apa tipe kulitmu:
  1. Bersihkan wajah.
  2. Tunggu 1 jam. Jangan gunakan apapun pada wajah, dan jangan sentuh wajah dengan jari sekalipun.
  3. Gunakan tisu untuk melap area T-mu (dahi, hidung, dan dagu). Apakah tisu itu berminyak?
Kalau jawaban dari no. 3 adalah TIDAK, maka kulitmu termasuk jenis kering. Kalau jawabannya YA, kulitmu bisa jadi berminyak atau kombinasi. Selanjutnya perhatikan apakah area T-mu lebih berminyak daripada pipi? Apakah komedo/jerawat muncul hanya di area T? Kalau YA, maka kulitmu adalah jenis kulit kombinasi.

Kenapa penting untuk menentukan jenis kulit sebelum memilih produk skin care? Karena sebagian produk tidak cocok untuk kulit berminyak/berjerawat (bisa menimbulkan jerawat lebih banyak karena terlalu rich), dan sebagian tidak cocok untuk kulit kering (karena bersifat astringent, atau mengurangi produksi sebum). Kalau kamu suka membuat face oil sendiri dan kulitmu berminyak, misalkan, hindari penggunaan avocado oil atau rosehip oil terlalu banyak.

Untuk rangkaian skin care Peek.Me Naturals sendiri, panduan memilihnya adalah sebagai berikut:

CleanserPURE Cleanser untuk kulit berminyak/acne-prone (berjerawat), BALANCE Cleanser untuk kulit kombinasi, GLOW Cleanser untuk kulit kering atau usia 40 ke atas

TonerMorning Dew toner, satu jenis saja untuk semua jenis kulit, fungsinya menyeimbangkan kadar pH kulit di titik ideal (sedikit asam), dan memberikan hidrasi pada lapisan epidermis atas

Moisturizer/SerumPURE Overnight Serum untuk kulit berminyak/acne-prone (berjerawat): bersifat antibakteri dan astringent, untuk mengurangi produksi sebum dan mengurangi jerawat), BALANCE Overnight Serum untuk kulit kombinasi: berfungsi menutrisi kulit secara seimbang dan menstabilkan produksi sebum, GLOW Overnight Serum untuk kulit kering atau usia 40 ke atas: menjaga elastisitas dan regenerasi kulit

Sunscreen: Ocean Fresh Day Cream SPF 15: produk partner kami yang sama-sama berkomitmen pada bahan natural dan aman
Sederhananya, orang dengan kulit berminyak akan lebih lama proses penuaannya (karena kadar sebum yang tinggi pada kulit akan menjaga kulit tidak cepat turun), tapi memiliki problem dengan bekas jerawat. Sedangkan orang dengan kulit kering biasanya memiliki kulit yang teksturnya mulus tanpa jerawat cystic (yang merah dan meradang), tapi masalahnya ada pada kondisinya yang kering dan mengakibatkan proses penuaan dimulai lebih dini.
Untuk kulit berminyak, Peek.Me Naturals memiliki produk (diluncurkan Agustus 2018) Anti Acne, sebagai spot treatment untuk mengatasi jerawat dan menyamarkan bekasnya. Anti Acne ini diformulasi dengan essential oil yang bersifat antiradang, antibakteri (seperti Frankincense), dan menggunakan base carrier oil yang sangat baik untuk menyamarkan bekas jerawat (antara lain Rosehip Seed oil). 
Untuk kulit kering, ada serum Bye Bye Fine Lines yang diaplikasikan pada area rawan kerutan seperti smiling line, area dahi (di mana rentan muncul angka "11" di tengah alis yang menjadi momok bagi para wanita), dan sekitar mata. Bye Bye Fine Lines bisa digunakan juga mulai usia 30 ke atas untuk menjaga elastisitas dan daya regenerasi kulit tetap prima.