Blog Image

Blog

Healthy Diet + Healthy Lifestyle = Healthy Skin.

August 9, 2018

Kulit cerah muda berseri adalah impian semua wanita--dan bukan hanya DNA yang mempengaruhi kondisi kulit kita, tapi kebiasaan kita sehari-hari juga berperan penting, lho! Kulit adalah organ tubuh kita yang paling besar, jadi apa yang masuk ke dalam tubuh kita, akan muncul juga efeknya ke kulit.

  1. Minum cukup air putih, minimal 2 liter per hari untuk orang dewasa. Hidrasi yang cukup akan menjaga kulit dari kekeringan dan kondisi bersisik. Menggunakan pelembab pada kulit bisa menghidrasi lapisan kulit paling luar dan mencegah hilangnya air antar lapisan kulit (transepidermal water loss), tapi hidrasi dari dalam sangat penting untuk menjaga kecerahan kulit. Dengan cukup minum air, badan kita pun akan secara natural menjalani proses detoksifikasi--tubuh kita memiliki sistem homeostasis, yaitu mencapai keseimbangan ideal, jadi toksin akan otomatis dibuang melalui urine; ASAL kita cukup minum air putih. 
  2. Asupan nutrisi yang sehat, makanan sehari-hari yang rendah lemak, tinggi serat, dilengkapi dengan sayuran dan buah-buahan yang cukup. Sayur hijau adalah cara alami untuk melawan radikal bebas, memberikan energi tambahan, dan mengoptimalkan daya tahan tubuh. Tambah lagi, kulit akan terjaga elastisitas dan daya regenerasinya. Tambahkan kolagen ke dalam asupan sehari-harimu, karena kolagen (terutama dalam bentuk hidrolisat, di mana molekulnya menjadi lebih mudah diserap tubuh) akan menjaga kekenyalan kulit, kesehatan kuku, sendi dan tulang. 
  3. Mengurangi stress. Kok sering banget muncul ya si Mr. Stress ini kalau membahas soal kesehatan? Karena ya memang stress adalah faktor perusak paling besar buat kondisi tubuh kita. Yuk baca tips-tips relaksasi, mengurangi stress, dan mendapat tidur enak di blog post kita tentang stress.
  4. Gunakan produk perawatan wajah (skin care) yang tepat. Ini poin terakhir tapi bisa jadi poin yang paling penting di antara semua ini. Tidak ada kata terlalu awal untuk memulai menggunakan produk perawatan wajah, dan tidak ada kata terlambat untuk memulai.

"Aku baru berumur 26 tahun, nanti saja ya kalau sudah mendekati kepala 3, baru mulai cari produk skin care, gapapa kan?" 

SALAH!

Berapa umur yang tepat untuk mulai menggunakan skin care: TIDAK ADA KATA TERLALU DINI. Perawatan wajib untuk kulit wajah paling baik dimulai sejak awal usia 20an. Pada usia inilah produksi antioksidan alami kulit kita mulai menurun fungsinya. Di usia 30an, metabolisme tubuh mulai menurun, dan produksi kolagen dan elastin juga ikut menurun--dua faktor penting dalam menjaga kekenyalan kulit, dan mencegah penipisan. Memasuki usia 40an keriput akan semakin menonjol, dan karena level elastin semakin rendah, kulit akan turun dan tidak bisa balik ke kondisi semula. Pada usia 50-60an, terutama bagi wanita yang sudah menopause, level estrogen yang menurun mengakibatkan kulit semakin kering, dan efek penuaan semakin terasa.

Jadi mulailah menggunakan skin care di usia 20an, dan tidak ada kata terlambat untuk yang belum memulai! Menambah asupan collagen, terutama dalam bentuk yang hydrolized seperti Beauty Bites Marine Collagen Powder, akan membantu kulit untuk tetap dalam kondisi sehat, berapa pun umur kita. Seperti yang dibahas di atas tadi, apa yang kita konsumsi, akan muncul efeknya pada kulit kita.

Proses penuaan adalah suatu kejadian alam yang pasti akan dialami semua orang, tapi kita tentu bisa memilih untuk menua dengan anggun, bukan? Seperti kata pepatah:

“Pretty is an accident of nature. Elegance is a self-created work of art.” 

 

Bagaimana memilih produk perawatan yang tepat? Simak bahasan kita selanjutnya!