Blog Image

Blog

Make Up vs Skin Care.

August 17, 2018

Tahukah kalian beda antara kosmetik dan perawatan wajah? Sebetulnya karena bahasa Indonesia sedikit rancu jadi pengertian orang antara keduanya seringkali bercampur aduk. Kosmetik adalah make up, rangkaian produk yang digunakan untuk memper'cantik' wajah: foundation, BB cream, bedak, lipstick, mascara, dll. Sedangkan perawatan wajah adalah skin care, rangkaian produk yang digunakan untuk menjaga kondisi kesehatan kulit wajah kita: pembersih, toner, serum, sunblock, eye cream, masker, vitamin, dll. Mana sebetulnya yang lebih penting? 

Sehari-harinya, banyak orang lebih mementingkan menggunakan make up daripada menggunakan skin care. Faktanya? Make up boleh jadi membuat kita terlihat lebih cling, bening, dan amazing; tapi make up akan membuat proses penuaan dini terjadi lebih cepat:

  1. Beberapa bahan yang umum ditemukan dalam makeup seperti dimethicone dan propylene menutupi pori-pori wajah--sebum (minyak alami pada kulit) dan keringat bisa terjebak dan mengakibatkan timbulnya jerawat. 
  2. Pengaplikasian makeup menimbulkan keriput--seperti yang kita tahu, keriput terjadi karena pergerakan kulit: gaya gravitasi, ekspresi wajah sehari-hari, akumulasi semuanya akan perlahan-lahan mengakibatkan timbulnya kerutan halus di wajah kita. Bahkan menempelnya muka ke bantal saat tidur pun akan mempercepat timbulnya keriput, lho (makanya orang yang tidur telentang lebih punya kesempatan menjaga kulit lebih mulus). Nah, apalagi penggunaan kuas atau spons makeup pada wajah--kulit wajah akan tertarik-tarik, dan itu akan mempercepat munculnya keriput.
  3. Mitos bahwa pemakaian make up akan menjaga kulit dari sinar UV matahari. Mitos besar! Kecuali bedakmu memiliki SPF (sun protection factor), kulit tidak terlindung dari sinar matahari hanya karena kita menggunakan make up. 
  4. Kadang kita lupa membersihkan make up, apalagi kalau kasur sudah memanggil-manggil di akhir hari yang panjang.... kebiasaan jelek ini akan mengakibatkan kotoran yang menempel di wajah (dan di make up) setelah seharian beraktivitas, terperangkap pada kulit dan merusak kulit selagi kita tidur.

Oke, jadi skin care penting untuk digunakan sehari-hari. Sebelum make up, gunakanlah produk perawatan wajah yang sesuai dengan jenis kulitmu. Kulit yang sehat bercahaya, akan membuat kita lebih pede juga keluar rumah tanpa full make up, karena tidak ada lagi jerawat yang mengganggu, tidak ada lagi kulit kusam yang mengesalkan.

Pertanyaan yang kemudian akan muncul adalah: "Aku malas menggunakan ini itu terlalu banyak, apa saja sih yang paling penting untuk dipakai?" "Bagaimana memilih produk yang tepat?"

Apa yang paling penting untuk digunakan sehari-hari:

  1. Cleanser: membersihkan kulit dari debris (partikel kecil sisa makeup, kotoran, keringat, dll)
  2. Toner: menyeimbangkan kondisi kulit 
  3. Moisturizer/Serum: melembabkan dan menutrisi kulit
  4. Sunscreen: menjaga kulit dari faktor terbesar penuaan dini: SINAR MATAHARI—karena selain bisa menimbulkan flek hitam (hiperpigmentasi), sinar matahari juga bisa memicu timbulnya keriput dan menjadi salah satu faktor resiko kanker kulit.

Sebetulnya cukup empat itu saja lho, tidak susah kan? Simak post kita selanjutnya untuk pemilihan produk yang tepat berdasarkan jenis kulitmu!