Blog Image

Blog

Pentingnya Tidur untuk Manusia di Era Teknologi

January 18, 2020

Menjadi manusia di zaman modern itu seru tapi melelahkan. Kenapa? Karena teknologi yang seharusnya membuat hidup lebih mudah, terkadang malah berbalik jadi teror yang mengerikan. Contoh gampangnya, untuk para pekerja milenial, gen Z, atau bahkan gen X yang tech savvy dan berkecimpung di dunia digital, tuntutan pekerjaan bisa menghantui sampai rumah. Sekarang, kebanyakan dari kita tidak lagi mengalami kerja 9 to 5, yang saat melewati jam kerja kita bisa melenggang bebas meninggalkan kerjaan di kantor. Dengan konektivitas yang tinggi, otomatis bos, klien, atau pemegang kepentingan di hubungan kerja kita juga bisa menggapai kita pada waktu-waktu yang ngga lazim. Sebel sih, tapi… tapi…..

 

 

Nah, apa akibatnya dari hubungan kerja yang kalau dipikir-pikir sebenarnya tidak sehat ini? Ya, kita jadi sering stres, tidak produktif, dan lelah… karena kita kurang istirahat! Merasa dituntut untuk bertanggung jawab terhadap pekerjaan 24 jam, rasanya bersalah sekali kalau kita rehat. Namuuuun, ini tidak boleh terus berlanjut! Istirahat (baca: tidur berkualitas) itu penting banget. Kenapa? Yuk, resapi beberapa alasan di bawah ini dari banyak sekali manfaat tidur.

 

1. Meningkatkan kekebalan tubuh

Ini sering kita dengar, tapi how exactly does it work? Saat kita tidur, tubuh merilis protein bernama sitokin yang berfungsi penting dalam sistem imun tubuh kita. Saat ada infeksi atau peradangan di dalam tubuh, sitokinlah yang beraksi. Begitu juga saat kita stres. Jumlah produksi sitokin biasanya menurun saat kita kekurangan tidur… Sedih kan? Selain itu, antibodi dan sel yang berfungsi untuk memerangi infeksi juga berkurang saat kita tidak cukup tidur. Makanya, jangan heran kalau kita jadi mudah ngga enak badan dan stres kalau kurang tidur.

 

2. Mengembalikan tenaga

Kita sering merasakan sendiri bahwa kurang tidur membuat lemas. Alasannya adalah saat kita tidur, tubuh dan otak bekerja keras meregenerasi sel-sel dan mengisi kembali energi ke dalam sel-sel tersebut, serta membersihkan sampah di dalam tubuh kita. Proses yang rumit ini berfungsi tidak hanya untuk menjaga kesehatan, tetapi juga meregulasi fungsi-fungsi spesifik tubuh yang membimbing mood, nafsu makan, kemampuan kognitif, dan libido tubuh yang baik, lho. Sayang banget kan kalau hidup terasa tidak enjoyable karena kurang tidur?

 

 

3. Menstimulasi Kreativitas

Kreativitas itu adalah salah satu fungsi kognitif yang paling penting, lho, dalam bekerja. Dengan kreativitas yang optimal, kita akan lebih mudah untuk memecahkan masalah, membuat keputusan, dan menghasilkan karya yang membuat kita puas. Kalau kamu sering merasa sulit menemukan ide saat kurang tidur, itu wajar banget. Selain karena otak kita kelelahan, ternyata penelitian yang dilakukan oleh University of California membuktikan bahwa tidur berkualitas yang mencapai fase REM (rapid eye movement) bisa meningkatkan kreativitas sebanyak 40%! Makanya, sering kali saat kita merasa stuck memikirkan suatu permasalahan, jalan paling enaknya adalah tidur.

 

4. Membantu mengelola berat badan

Untuk kamu yang sedang ingin mengelola berat badan, ini adalah salah satu solusi paling menyenangkan. Saat kita kekurangan tidur selama empat hari, kemampuan fungsi insulin di tubuh kita menurun drastis. Padahal, insulin berfungsi untuk menghilangkan asam lemak dan lemak dari aliran darah kita, dan menghindari lemak tersebut untuk disimpan di dalam tubuh. Kalau insulin tidak berfungsi dengan baik, kita bisa jadi resisten terhadap insulin dan pada akhirnya membuat tubuh kita menyimpan sel-sel lemak di tempat-tempat yang tidak ideal, misalnya liver. Hal ini adalah salah satu penyebab penyakit seperti diabetes, lho… Jadi, pola makan diatur, olahraga diatur, tidur pun harus diatur ya!

 

5. Awet muda!

Duuuh, awet muda adalah impian semua orang! Tetap anggun dan glowing saat mencapai usia senja itu belum tentu bisa dicapai semua orang. Salah satu caranya adalah dengan tidur yang teratur dan berkualitas. Sebuah studi yang pernah dikutip oleh Huffington Post menunjukkan bahwa kurang tidur bisa mempercepat proses penuaan kulit, misalnya tampilnya kerutan, pigmentasi yang tidak merata, dan elastisitas kulit yang menurun. Sedangkan partisipan yang dapat tidur berkualitas mampu untuk lebih cepat memulihkan kulit dari racun lingkungan dan efek sinar matahari.

 

 

Dan selain manfaat-manfaat di atas, masih baaanyak lainnya kalau mau dijabarkan satu per satu mengapa tidur itu penting. Namun, dari sedikit saja kegunaan istirahat ini kita bisa melihat bahwa memang tidur berkualitas itu adalah kunci! Selain untuk fisik, istirahat yang berkualitas bisa meningkatkan kualitas emosi dan spiritual kita; dua aspek yang sangat penting untuk mencapai hidup yang seimbang. Meski sebenarnya ini adalah isu sosial yang kompleks, tapi setidaknya kita bisa belajar untuk mengelola waktu dengan baik, sehingga kalau memang pekerjaan atau aktivitas hiburan tidak bisa ditunda, setidaknya kita tidak mengorbankan waktu istirahat kita. Jadi, untuk tetap produktif dan bahagia, jangan pernah lupa untuk beristirahat ya...