Blog Image

Blog

Self Care di 2020: Jalani Gaya Hidup Seimbang!

January 7, 2020

Halo! Kenalin aku Indah. Sebelumnya, selamat tahun baru 2020! Setelah libur natal dan tahun baru yang sangat festive kemarin (semakin heboh karena hujan deras dan banjir Jakarta tentunya), kita harus kembali ke rutinitas sehari-hari, seperti kerja, sekolah, beres-beres rumah akibat banjir. Mungkin kita bisa merasa sedikit shock akibat pergeseran dari liburan ke rutinitas yang itu-itu saja dan melelahkan.    

 

Bagaimana Agar Tidak Burnout dalam Rutinitas Sehari-hari?

Tanggung jawab dan rutinitas sehari-hari bisa jadi sangat melelahkan, kadang-kadang bikin stres. Sangat wajar kalau kita ngerasa kecapekan, baik secara fisik atau mental. Makanya penting untuk menjaga keseimbangan antara tanggung jawab dan kesehatan fisik/mental kita.  Seperti post terbaru di Insatgram @peekme.naturals, semua orang punya keseimbangannya masing-masing dan nggak harus 50:50 di waktu yang bersamaan. Kalau aku, kondisi yang paling seimbang adalah kerja maksimal di hari Senin-Jumat 9 to 5, lalu hang out sama temen di hari Sabtu dan sediain waktu untuk me-time di hari Minggu sebelum kembali ke hari Senin.

Semuanya bener-bener tergantung diri kita sendiri buat menemukan harmoni antara tanggung jawab sehari-hari dan kegiatan untuk beristirahat yang bisa dilakukan di waktu yang paling cocok untuk kita sendiri. Dalam keseimbangan di kehidupan sehari-hari, kita nggak cuma fokus istirahat di aspek kesehatan fisik aja. Istirahat secara mental juga perlu diperhatikan.

 

Aspek Fisik

Dalam aspek fisik, makan yang sehat, tidur yang cukup dan menyediakan waktu untuk berolahraga memang sangat penting supaya kita bisa tetap fit di rutinitas sehari-hari. Tapi bukan berarti kita nggak boleh jajan sesekali! Berolahraga juga bukan berarti kita harus ke gym atau berolahraga berat. Bisa aja dengan jalan kaki di kompleks rumah sehari-hari atau zumba dari Youtube. Yang penting semuanya sesuai proporsi--nggak kekurangan dan nggak berlebihan juga. 

 

Aspek Mental

Quality time, sekedar catch up atau mengeluh ke teman dan keluarga bisa sangat bantu kita dalam mengembalikan energi positif. Kadang kita butuh ketemu temen terdekat, ketawa-ketawa, dan dipeluk sambil curhat. Kadang, cerita via telepon ke teman atau keluarga juga cukup membuat kita merasa lebih tenang. Jadi jangan lupa hubungi orang-orang kesayangan ya hari ini!

 

Aspek Spiritual

Ada orang yang bisa merasa fully charged dengan bersama orang-orang terdekat, ada juga yang butuh waktu untuk diri sendiri. Dengan ketemu orang lain kita bisa mendapatkan excitement, me time membantu kita untuk mendapatkan ketenangan diri. Me time versi semua orang juga beda-beda. Kalau aku, me time yang paling aku suka adalah menggambar. Ada yang dengan bermeditasi, menulis diary/jurnal, nonton bioskop sendiri, etc. Kembali lagi ke poin yang paling penting. Lakukan apapun yang paling nyaman untuk kamu. 

 

Dalam gaya hidup yang seimbang, nggak ada aturan yang mengikat. Tubuh dan pikiran kita berbeda dengan orang lain, jadi yang tau kondisi yang paling seimbang dalam diri kita adalah kita sendiri. Dari aku buat teman-teman, semangat berkegiatan dan jangan lupa istirahat ya! Salam, Indah. :)