Blog Image

Blog

3 Tips Membentuk Kebiasaan Baik

August 19, 2021

Apa kebiasaan kamu? Ada orang yang punya kebiasaan gigit kuku, memelintir rambut, atau ada yang kebiasaannya kalo duduk kakinya disilang. Kebiasaan atau habit adalah hal-hal yang kita lakukan setiap hari, terus-terusan, sampai kita nggak sadar kalau kita melakukan itu. Singkatnya, hal yang otomatis kita lakukan setiap hari. Ada penelitian yang menunjukkan kalau 40% dari kegiatan sehari-hari kita adalah kebiasaan! Coba kita ingat-ingat kehidupan kita sehari-hari, berapa banyak yang kebiasaan? 

Hidup sehari-hari kita hampir setengahnya dibentuk dari kebiasaan. Hal ini bisa punya makna positif atau negatif. Kalau yang kebiasaan setelah bangun tidur langsung minum air putih, olahraga, dan makan tepat waktu, kebiasaannya tentu saja jadi hal yang positif. Gimana dengan orang lain yang punya kebiasaan bangun tidur, liat hp, dan malas-malasan? 

Dari penelitan yang sama, kebahagiaan dan kesuksesan kita juga bisa jadi berdasarkan kebiasaan yang kita miliki. 

Kalau berbicara tentang kebiasaan, ada kebiasaan baik dan kebiasaan buruk. Kebanyakan kebiasaan buruk (menghindari pekerjaan, makan berlebih atau terlalu sedikit, merokok) dilakukan karena manusia cenderung lebih menyukai hal-hal yang instan dan ingin melindungi zona nyaman dalam jangka waktu singkat. Makanya, kebiasaan baik seperti berolahraga dan mengatur pola makan dianggap sulit karena hasilnya nggak bisa langsung terlihat. Apalagi perlu usaha yang besar dan bisa mengganggu zona nyaman kita. 

Kalau ada yang berpikir kalau kebiasaan adalah hal yang paten dan nggak bisa diubah, itu mitos yaa. Kebiasaan itu sesuatu yang kita latih dan bisa kita bentuk. Emang bisa membentuk kebiasaan baru kalau udah punya kebiasaan buruk yang nggak diinginkan? Tenang aja, kami punya 3 tips yang bisa memudahkan kamu membentuk kebiasaan baik!



https://unsplash.com/photos/Lzys6r1xFD8

  1. Mulai dengan kebiasaan yang SANGAT KECIL, jadi nggak bisa ditolak

Kebiasaan baik memang lebih susah dilakukan karena hasilnya nggak bisa langsung dirasakan, tapi bukan berarti kita harus langsung melakukan hal yang susah atau signifikan. Biasanya kita nggak punya cukup motivasi untuk melakukan hal yang besar untuk mengubah kebiasaan. Nah, sering kan denger “kalo ada motivasinya, bakal dilakuin”? Sebenarnya motivasi nggak boleh dijadikan dasar kalau mau membentuk kebiasaan karena motivasi sifatnya nggak menentu. Kadang muncul, lalu tiba-tiba menghilang. Padahal untuk membentuk kebiasaan perlu dilakukan terus-terusan. 

Jadi, lakukan 1 hal mudah yang bisa membantu kamu ke kebiasaan baru. Hal yang mudah banget, bahkan kamu nggak perlu punya motivasi untuk melakukannya. Yang paling penting adalah konsistensi dalam melakukan hal ini setiap hari. 





https://unsplash.com/photos/0JRLjBheqi0

  1. Tingkatkan kebiasaan sedikit-sedikit

Hal kecil yang kamu lakukan setiap hari memang nggak mungkin bisa langsung membuat kamu jadi punya kebiasaan untuk rajin olahraga atau minum air putih. Tapi, membentuk kebiasaan memang perlu proses. Kalau kamu sudah terbiasa melakukan 1 kebiasaan kecil, coba tingkatkan levelnya sedikit-sedikit. Tingkatkan 1% saja setiap hari. Contohnya, kalau yang berolahraga, kalau sudah terbiasa push up 3 kali setiap pagi, mulai tambahkan targetnya jadi 5 aja. Kalau kamu bisa menambahkan setiap hari, tubuh akan lebih tahan untuk melakukan push up. Akan beda ceritanya kalau kamu langsung menambahkan jadi 50 push up, tubuh nggak akan terbiasa dan akan membuat sakit. 





https://unsplash.com/photos/U0wwiY6nRGA

  1. Kalau kelepasan, usahakan lagi!

Memang manusiawi kalau kadang ada waktunya kita kalah dengan godaan di sekitar. Tapi bukan berarti kamu gagal dalam membentuk kebiasaan! Penelitian menunjukkan kalau kita kelewatan melakukan kebiasaan satu kali nggak akan berefek apapun pada kemajuan jangka panjang. Jadi, kalau kamu kelepasan satu kali nggak apa-apa kok, asalkan segera lakukan lagi kebiasaannya. Dalam proses membentuk kebiasaan baik, kita nggak perlu terlalu fokus untuk melakukan semuanya dengan sempurna, karena yang penting adalah konsisten. 




Membentuk kebiasaan baru mirip sama investasi. Kita nggak bisa langsung mendapatkan hasilnya. Tapi kalau kita melakukannya dengan benar, kita akan diuntungkan banget! Jadi, kebiasaan apa yang mau kamu coba bentuk hari ini?