Aromaterapi Ini Baik Untuk Kesehatan Mentalmu!

Kalau kamu belum tau, Tanggal 10 Oktober adalah hari kesehatan mental dunia yang ditetapkan oleh WHO loh! Misi Peek.Me Naturals adalah untuk menjaga kesehatan secara holistik dari kesehatan fisik dan mental, tentu saja kami juga akan merayakan hari kesehatan mental sedunia! 


Kita beruntung bisa hidup di era yang udah melek tentang kesehatan mental, akses untuk psikolog dan psikiater juga terbuka lebar untuk kita. Tapi nggak memungkiri kalau dalam kehidupan pasti selalu ada aja waktunya mental kita seperti dites, apalagi selama pandemi ini… Walaupun nggak keliatan, stress itu bisa punya manifestasi ke kondisi fisik kita loh! Bisa bikin mudah migraine, susah tidur, maag, bahkan sampai menurunkan daya tahan tubuh. Makanya menjaga diri supaya nggak stress penting baget. Bisa dengan latihan pernapasan, tarik napas perlahan selama 4 detik, tahan selama 7 detik, dan keluarkan perlahan selama 8 detik. Melatih grounding, atau melatih mindfulness.


Nah, Peek.Me Friends udah tau belum kalau minyak atsiri juga bisa membantu menjaga kesehatan mental kita? Peek.Me Friends punya banyak minyak atsiri yang bisa kamu coba untuk menjaga kondisi mentalmu tetap optimal nih!

 

1. Basil (Ocimum basilicum)

Basil atau kemangi adalah salah satu aromaterapi yang terkenal karena aromanya yang khas, kalau membayangkan daun kemangi langsung terbayang aromanya kan? Selain karena aromanya, basil juga dikenal dengan manfaat ekstraknya yang bersifat antibakteri, antijamur, anti oksidan, dan anti radang. 

Selain itu, basil punya banyak manfaat juga untuk masalah yang berkaitan dengan stress, yaitu: 

  • Mengurangi ketegangan dan kecemasan
  • Mengurangi kram perut dan pusing akibat stress

Nah, hal yang perlu diperhatikan adalah basil punya chemotype yang beresiko mengakibatkan iritasi untuk kulit sensitif. Jadi, gunakan sebagai diffuser untuk inhalasi atau encerkan dengan carrier oil untuk mengurangi resikonya ya!

 

2. Cananga (Cananga odorata var. Macrophylla)

Bunga Kenanga adalah salah satu tumbuhan khas Indonesia loh! Udah tau belum kalau ada banyak banget penelitian tentang minyak atsiri Cananga sebagai antidepresan? Iya, selain bermanfaat untuk mengurangi gatal akibat gigitan serangga, tanaman yang wangii banget ini juga berfungsi untuk menenangkan kondisi mental dan meredakan stress. 

Minyak atsiri cananga bisa digunakan sebagai diffuser atau massage oil. Caranya adalah gunakan 2-3 tetes ke dalam diffuser untuk inhalasi atau encerkan 4-8 tetes dengan 10ml carrier oil favoritmu. 

 

3. Lavender (Lavandula angustifolia)

Siapa yang nggak kenal sama minyak atsiri ini. Selain aromanya yang mudah dikenali, lavender juga salah satu minyak atsiri yang cocok di blend dengan hampir semua minyak atsiri lain loh. Minyak atsiri lavender terkenal oleh manfaat utamanya, yaitu membantu tidur lebih cepat. Selain itu, lavender juga bermanfaat untuk mengurangi stress dan kecemasan hingga depresi, menstabilkan emosi dan meringankan sakit kepala. 

Karena cocok dipadukan dengan minyak atsiri lain, cara penggunaan lavender juga bermacan-macam: sebagai spray ruangan, diffuser, inhaler, sampai minyak pijat. 

 

4. Lemon (Citrus limonum)

Aroma minyak atsiri lemon yang segar selain cocok sebagai parfum, ternyata bisa meningkatkan mood loh! Lemon bermanfaat untuk mengurangi kesedihan dan memberi rasa optimis, sebagai anti depresi, dan meningkatkan daya tahan tubuh. 

Selain parfum, minyak atsiri lemon bisa dinikmati sebagai diffuser, atau bisa juga di-blend untuk menjadi minyak pijat, kompres, atau sabun mandi. 

 

5. Sweet Orange (Citrus sinensis)

Masih dari keluarga citrus, minyak atsiri sweet orange punya aroma yang lebih lembut dari lemon. Walaupun aromanya lebih lembut, tapi manfaatnya nggak kalah dengan minyak atsiri lemon loh. Selain sama-sama bisa meningkatkan mood dan mengurangi stress dan kecemasan, sweet orange juga berfungsi untuk mendukung fungsi pencernaan yang sehat. 

Untuk mendapatkan manfaat yang optimal, kamu bisa blend sweet orange dengan minyak atsiri dari keluarga citrus lainnya atau dengan patchouli dan clove bud. 

 

 

Nah, Itu dia 5 Minyak Atsiri yang bisa kamu coba untuk menjaga kesehatan mentalmu, yang bisa kamu beli satuan di Peek.Me Naturals. Kalau kamu masih ragu untuk bereksperimen dengan campuran minyak atsiri, kami punya blend yang nggak kalah berkhasiat yang diformulasikan khusus untuk menjaga kesehatan mentalmu nih! 

1. Emotional Healing

Dengan campuran dari Petitgrain, Clary Sage, Frankincense, Sandalwood, dan Lavender, blend minyak atsiri ini berfungsi untuk membantu proses grounding, menenangkan, memberikan kelepasan secara mental. Cara menggunakannya juga mudah, kamu bisa langsung tuangkan 2-3 tetes ke diffuser atau campurkan dengan 5 ml carrier oil.

 

2. Mindfulness

Nggak kalah dari Emotional Healing, blend dengan campuran Marjoram, Cedarwood, Bergamot, Cananga, Patchouli ini berfungsi untuk membantu kita lebih fokus di masa kini dan mengurangi distraksi. Dengan cara pakai yang sama seperti Emotional Healing, blend ini cocok untuk kamu yang suka melakukan meditasi atau yoga. 

 

Nah, itu dia minyak atsiri yang baik untuk jaga kesehatan mentalmu secara optimal. Saran kami, kalau kamu orang yang suka bereksperimen, kamu bisa coba beli beberapa minyak atsiri dan mengkombinasikan aromanya. Kalau kamu tipe orang yang anti repot (kaya aku....), kamu bisa langsung gunakan blend oil yang udah diformulasikan oleh aromaterapis Peek.Me Naturals. Jadi, udah dipastikan aromanya akan kamu suka dan manfaatnya bisa langsung dirasakan!

Kamu bisa pesan variasi aromaterapi kami di sini! Dan nggak perlu khawatir, semua aromaterapi kami sudah ber-BPOM!

Shop now

WE TAKE CARE OF YOU

Day and Night

Big and Small

Inside and Out