Manfaat Berjalan Kaki, Cegah Stres hingga Varises

Manfaat berjalan kaki ada beragam, mulai dari mecegah stres hingga mencegah varises.

Meskipun sering dianggap sebagai aktivitas sepele, berjalan kaki rupanya menawarkan begitu banyak manfaat lho! Inilah manfaat berjalan kaki yang harus kamu tahu.

Tidak sedikit orang masih menyepelekan kegiatan berjalan kaki. Meskipun terlihat mudah, sebenarnya aktivitas berjalan kaki menawarkan begitu banyak manfaat bagi kesehatan. Banyak studi telah membuktikan bahwa berjalan kaki selama 30-45 menit per hari dapat memperkuat daya tahan tubuh hingga mencegah osteoporosis.

Sebenarnya, manfaat berjalan kaki bagi kesehatan tidak hanya terbatas pada memperkuat daya tahan tubuh dan mencegah osteoporosis saja. Melansir dari situs kesehatan Healthline, inilah manfaat kesehatan yang bisa kita dapatkan dengan rutin berjalan kaki setiap hari.  

1. Manfaat berjalan kaki: redakan stres dan tingkatkan mood

Sebuah penelitian pada tahun 2006 menunjukkan bahwa rutin berjalan kaki selama 30 menit per hari dapat meningkatkan kualitas kesehatan mental. Dengan berjalan kaki, tubuh akan melepaskan hormon dopamin dan serotonin yang dapat membantu meredakan stres berlebih. Selain itu, berjalan kaki secara rutin juga dapat meningkatkan suasana hati atau mood.

2. Membakar kalori berlebih

Salah satu manfaat berjalan kaki yang paling populer yaitu dapat membakar kalori berlebih pada tubuh. Berjalan kaki selama 30 menit sehari dapat membakar hingga 150 kalori lho! Semakin cepat kamu berjalan, semakin banyak pula kalori yang terbakar. Dengan rutin berjalan kaki setiap hari, kamu bisa terhindar dari bahaya obesitas hingga diabetes tipe 2.

3. Meningkatkan kesehatan jantung

Selain dapat meredakan stres dan membakar kalori berlebih, manfaat berjalan kaki yang lainnya adalah  dapat meningkatkan kesehatan jantung. The American Heart Association (AHA) menyatakan bahwa berjalan kaki selama 30 menit per hari dapat mengurangi risiko terkena serangan jantung hingga 19 persen. Selain itu, rutin berjalan kaki juga dapat menguatkan kondisi jantung serta paru-paru.

4. Meningkatkan energi

Merasa suntuk dan lemas seharian? Cobalah untuk berjalan kaki sejenak, dan rasakan manfaatnya! Sebuah penelitian dalam jurnal Physiology & Behavior menyatakan bahwa berjalan kaki terbukti lebih efektif dalam meningkatkan energi daripada minum secangkir kopi. Berjalan kaki dapat meningkatkan aliran oksigen dalam tubuh sehingga produksi hormon kortisol, epinefrin, dan norepinerfin pun ikut meningkat. Hormon-hormon itulah yang dapat memicu terjadinya peningkatan energi dalam tubuh,

5. Mencegah timbulnya varises pada kaki

Manfaat berjalan kaki yang lainnya yaitu dapat mencegah timbulnya varises pada kaki. Rutin berjalan kaki setiap hari dapat membantu mengencangkan otot kaki dan melancarkan peredaran darah. Dengan demikian, kemunculan varises pun dapat kita cegah. Peek.Me Friends juga bisa mencoba produk Happy Legs untuk mencegah timbulnya varises pada kaki. Kaki sehat, berjalan kaki pun jadi makin semangat deh!

Manfaat berjalan kaki sebenarnya masih ada banyak lho, Peek.Me Friends! Selain dari lima manfaat di atas, berjalan kaki secara rutin juga dapat mengurangi nyeri sendi, meningkatkan kualitas tidur, hingga memperpanjang angka harapan hidup. Wow!

#HidupMenyeluruh #ArahKebaikan

Leave a comment

All comments are moderated before being published

Shop now

WE TAKE CARE OF YOU

Day and Night

Big and Small

Inside and Out