Sering Merasa Lapar? Cari Tahu Penyebabnya di Sini!

Merasa lapar adalah suatu kondisi yang wajar. Namun jika kamu terlalu sering merasa lapar, bisa jadi ada sesuatu yang terjadi dalam tubuhmu.Merasa lapar adalah suatu kondisi yang wajar. Namun jika kamu terlalu sering merasa lapar, bisa jadi ada sesuatu yang terjadi dalam tubuhmu.

Siapa pun pasti pernah merasakan lapar, terlebih lagi ketika tubuh belum mendapatkan asupan makanan dalam waktu lama. Umumnya, rasa lapar akan segera hilang setelah kamu mengonsumsi makanan. Namun jika kamu terlalu sering merasa lapar bahkan sesaat setelah makan, bisa jadi ada sesuatu yang terjadi dalam tubuhmu.

Menurut situs kesehatan Healthline, kondisi lapar terlalu sering dapat disebabkan oleh berbagai faktor, baik faktor fisik maupun mental. Berikut ini adalah beberapa faktor yang dapat menyebabkan perut sering merasa lapar:

Merasa lapar adalah suatu kondisi yang wajar. Namun jika kamu terlalu sering merasa lapar, bisa jadi ada sesuatu yang terjadi dalam tubuhmu.

Baca juga: Apa Itu Mindful Eating? Yuk Kita Pelajari!

1. Stres berlebih

Kadar hormon kortisol dalam tubuh dapat meningkat saat kamu sedang mengalami stres berlebih. Hormon ini dapat meningkatkan nafsu makan dan dapat menyebabkan kamu sering merasa lapar.

2. Kurang tidur

Ketika kamu kurang tidur, kadar hormon ghrelin dalam tubuh akan meningkat. Hormon ini dapat merangsang rasa lapar dan mengurangi rasa kenyang. Akibatnya, kamu merasa lapar lebih sering.

3. Tidak cukup minum air putih

Seringkali rasa lapar yang kamu rasakan sebenarnya adalah rasa haus. Ketika tubuh kekurangan cairan, sinyal yang diterima oleh otak bisa salah diartikan sebagai rasa lapar. Oleh karena itu, pastikan untuk minum cukup air putih setiap harinya.

4. Kurang asupan protein dan lemak baik

Protein memiliki sifat pengurang rasa lapar yang dapat membantu perut terasa lebih kenyang, begitu juga dengan lemak baik. Ketika tubuh kurang mendapatkan asupan protein dan lemak baik, perut akan sering merasa lapar dan lemas.

5. Kurang asupan serat

Perut akan sering merasa lapar ketika tubuh kurang mendapatkan asupan serat. Mengonsumsi makanan tinggi serat dapat membuat perut terasa kenyang lebih lama. Itu karena makanan berserat tinggi membutuhkan waktu lebih lama untuk dicerna.

6. Makan terlalu cepat dan tidak fokus

Makan secara terburu-buru dan tidak fokus dapat membuat kita tidak sadar dengan makanan yang kita santap. Akibatnya, kamu tidak bisa mengenali sinyal kenyang dalam tubuhmu dan kamu akan terus merasa lapar.

Mengatasi rasa lapar yang terlalu sering bisa dilakukan dengan beberapa cara, seperti rutin mengonsumsi makanan kaya serat dan nutrisi, minum cukup air putih, serta beristirahat cukup. Selain itu, mengatasi perut yang sering merasa lapar juga bisa dilakukan dengan cara makan secara tenang, fokus, dan tidak terburu-buru. Pastikan juga untuk mengurangi asupan makanan minim nutrisi, seperti junk food atau makanan instan.

Untuk mengontrol nafsu makan dan menghindari perilaku makan secara berlebihan, Peek.Me Friends juga bisa mencoba inhaler “ajaib" Bye Bye Laper dari Peek.Me! Bye Bye Laper adalah inhaler aromaterapi yang diformulasi khusus untuk melancarkan sirkulasi darah di saluran pencernaan dan mengirim sinyal kenyang ke perut. Peek.Me Friends bisa menggunakan inhaler ini setiap sebelum makan agar tidak makan berlebih, atau setiap merasa ingin ngemil.

#HidupMenyeluruh #ArahKebaikan

Leave a comment

All comments are moderated before being published

Shop now

WE TAKE CARE OF YOU

Day and Night

Big and Small

Inside and Out