Studi Mengapa Pergi ke Alam Bebas Bermanfaat Untuk Kesehatan

Healing ke alam bebas meningkatkan kesehatan secara holistik, yaitu pada tubuh, pikiran, dan mental. Apa saja manfaat ssih manfaatnya? Simak disini, yuk!

Bermain ke alam bebas, tentunya pasti kalian merasakan berbagai manfaat mulai dari badan terasa lebih segar hingga pikiran dan mental menjadi lebih tenang. Terbukti dari istilah tren ‘healing’ yang ramai dilakukan untuk memulihkan diri kita dari rasa jenuh, burnout, atau suasana hati yang sedang terasa sesak.

Mengapa beraktivitas di alam atau sekedar memandang hijaunya pepohonan, mendengarkan suara kicauan burung, atau merasakan air mengalir dapat berdampak secara holistik pada tubuh, pikiran, dan mental menjadi lebih sehat? 

Menurut riset dari jurnal penelitian International Journal of Environmental Research and Public Health, adanya sistem parasimpatis pada tubuh yang aktif saat kita bermain ke alam yang dapat mengurangi kelelahan mental serta memulihkan kapasitas fungsi kognitif, dalam hal ini yaitu daya fokus.

Tidak hanya itu, dilansri dari laman DetikEdu, memaparkan pepohonan di hutan memproduksi wewangian khas, salah satunya aromatik phytoncides—yaitu senyawa kimia organik yang diproduksi secara alami oleh tumbuhan seperti lavender, eucalyptus, rosemary, mint, dan sereh. Cara kerja zat phytoncides yakni dengan merangsang sel pembuluh darah putih secara alami untuk melawan infeksi dan juga kanker. Manfaat dari phytoncides bagi kesehatan tubuh dan psikologi manusia yaitu:

Baca juga:

1. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh

Penelitian yang disadur dari IFL Science, menunjukan imunitas anak-anak yang tinggal di kota meningkat selama satu bulan setelah menghabiskan lebih banyak waktu bermain di alam bebas, peningkatan ini terbukti dari perubahan kulit dan mikrobiota usus lebih sehat yang menandakan sistem kekebalan tubuh mereka.

2. Membuat fungsi kognitif lebih baik

Studi menunjukan bahwa otak dan tubuh kita menjadi rileks dengan sendirinya, saat berada di alam kita cenderung merasa tenang dan bahagia sehingga membantu untuk dapat lebih fokus, kreatif, dan meningkatkan kemampuan problem solving, menurut penelitian dari National Library of Medicine. 

3. Meredakan stres, frustasi, dan depresi

Aroma dari phytoncides memberikan efek yang menenangkan otak dan bantu mengatur produksi hormon kortisol jadi seimbang, serta menambah melatonin yaitu hormon yang membuat kita tidur lebih mudah dan nyenyak. Sehingga, saat berada di alam bebas membuat rasa stres, overthinking, kecemasan, atau kemarahan lebih cepat reda.

4. Sistem pernapasan lebih sehat

Menghirup phytoncides dapat meningkatkan fungsi kerja paru-paru dan meredakan peradangan pada saluran pernapasan. Jadi, sangat baik untuk kamu yang memiliki gangguan pernapasan seperti asma, rhinitis, ataupun sinusitis. 

Jadi, siap kan liburan akhir pekan dengan bermain ke alam untuk healing tubuh dan mental kamu? Jangan lupa untuk selalu bawa dan sedia Outdoor Saver, ya! Obat serangga alami berbasis aromaterapi tanpa alkohol yang lembut di kulit, tidak mengiritasi, dan tidak mengandung DEET. 

Outdoor Saver diformulasi untuk melindungi kulit dari gigitan serangga, meredakan gatal, dan menyembuhkan luka gigitan serangga. Aman digunakan untuk anak-anak serta Ibu hamil dan menyusui dengan kemasan sangat praktis yang bisa kamu aplikasikan kapanpun!

Sumber:

DetikEdu

UCDavis Health

#HealthyLittleHabits #HealthyEveryWay

Leave a comment

All comments are moderated before being published

Shop now

WE TAKE CARE OF YOU

Day and Night

Big and Small

Inside and Out