Serupa tapi Nyatanya Berbeda, Ini Perbedaan Flu dan Pilek

Serupa tapi tak sama, flu dan pilek membuat kita sering kali susah membedakannya, ya nggak Peek.Me Friends? Namun, ternyata flu dan pilek disebabkan oleh faktor yang berbeda, lho.

Flu dan pilek memiliki gejala yang kurang lebih mirip yaitu seperti hidung tersumbat atau meler, bersin, mata berair, sakit kepala, badan lesu. Menurut kalian apa sih perbedaannya? Melansir dari laman HelloSehat, memaparkan perbedaan mendasar dari flu dan pilek adalah faktor penyebabnya.

Salah satu penyebab sakit batuk pilek paling umum yaitu dikarenakan adanya infeksi virus rhinovirus yang dikenal dengan common cold atau selesma. Batuk pilek bisa disebabkan karena penyakit lain, misalnya sinusitis, perubahan hormon, dan reaksi alergi. Batuk pilek ini dikategorikan sakit yang lebih ringan dibandingkan flu dan akan sembuh dengan sendirinya sekitar 7-10 hari. 

Sementara itu, penyebab flu sudah pasti karena virus influenza yang menyerang sistem pernapasan secara keseluruhan mulai dari hidung, tenggorokan, dan paru-paru. Virus influenza memiliki kemampuan untuk lebih bertahan pada udara dingin dan kering, oleh karena itu sakit flu terkadang terjadi secara musiman, terutama saat cuaca hujan terus menerus.

Berbeda dengan sakit batuk pilek, flu tidak disebabkan karena penyakit lain. Sakit flu terbilang lebih berat dan parah dari pilek. Ketika kita mengalami flu, maka gejala yang muncul pada umumnya yaitu:

  • Demam tinggi
  • Kepala berat
  • Batuk kering
  • Badan menggigil
  • Nyeri otot seluruh tubuh
  • Kelelahan
  • Mual dan muntah

Virus influenza ini akan berada dan masih berkembang sekitrar 1-7 hari dalam tubuh. Mengapa flu terbilang lebih berat dari sakit batuk pilek? Karena flu bisa menyebabkan komplikasi yang lebih serius pada area hidung, tenggorokan, dan paru-paru seperti; pneumonia, radang otot, sinusitis, gangguan sistem saraf pusat, sepsis, dan kambuhnya asma.

Baca Juga: Obat Batuk Pilek Alami Ini Nggak Perlu Bikin Sendiri

Bebas Flu dengan Cara yang Ampuh!

Setelah memahami perbedaan flu dan pilek, maka kita bisa tahu cara lebih baik untuk meredakannya. Mengatasi pilek, Peek.Me Friends bisa mencari tahu penyebabnya terlebih dahulu. Misalnya, ketika rhinitis kambuh, maka hidung ikut menjadi tersumbat ataupun meler. Nah, kalian bisa menggunakan cara yang dapat meredakan alergi pernapasan. 

Sedangkan, cara mengatasi flu yang ampuh, kalian bisa mencoba beberapa tips ini, ya:

1. Vaksin flu

Peek.Me Friends bisa melakukan vaksinasi untuk virus influenza, terutama saat cuaca mulai buruk dan bagi kalian yang memiliki daya tahan tubuh rendah, atau aktivitas padat, dalam kondisi hamil, ataupun juga anak-anak yang masih rentan terkena penyakit. Vaksin ini fokus bertujuan untuk meningkatkan antibodi melawan virus influenza.

2. Menjaga kebersihan

Pencegahan terbaik adalah menjaga kebersihan, jadi yuk rajin mencuci tangan agar menangkal virus berkembang dalam tubuh.

3. Meningkatkan imunitas tubuh

Baik flu dan pilek, sama-sama memerlukan daya tahan tubuh kuat untuk melawan virus masuk ke dalam tubuh. Kalian bisa mengkonsumsi vitamin atau makanan sehat yang membuat imunitas tubuh terjaga.

4. Konsumsi cairan lebih banyak

Mengapa pentingnya konsumsi lebih banyak cairan saat flu? yaitu agar kalian terhindar dari gejala dehidrasi seperti sakit tenggorokan atau hidung meler dan tersumbat. Jadi, perbanyak minum air putih, teh hangat, atau bubur jahe.

5. Perbanyak istirahat

Hal yang tak kalah penting adalah istirahat dengan tidur yang cukup. Diambil dari situs Kementrian Kesehatan, menyatakan tubuh membutuhkan istirahat untuk membantu memulihkan sistem kekebalan tubuh bekerja dengan optimal. Jadi, jangan khawatir jika kita tidur lebih lama saat sakit, itu adalah pertanda tubuh sedang melawan infeksi ya, Peek.Me Friends.

Saat aktivitas padat dan flu kumat, akan sangat mengganggu dan bikin nggak maksimal. Oleh karena itu, untuk membantu tubuh menghindari dan mempercepat proses penyembuhan dari flu, kalian bisa siapkan Flu Kit Peek.Me!

3 rangkaian produk yang mudah digunakan dan dibawa kemana saja untuk meredakan flu secara alami. Flu Kit ini berisikan inhaler, balsam alami, dan roll on essential oil yang khusus diformulasi untuk meredakan sakit flu. 3 andalan Peek.Me untuk mengatasi permasalahan pernapasan hingga meningkatkan daya tahan tubuh saat flu:

Nora Ninos: inhaler alami untuk melegakan pernapasan dari hidung meler atau tersumbat

Relief balm: balsam 100% natural bersifat antiviral dan antibakteri yang hangat untuk mengencerkan dahak serta meredakan sakit tenggorokan

Immuno: meningkatkan imunitas tubuh dan menjaga kondisi tetap prima

Flu ataupun pilek, sedia Flu Kit bisa bantu kamu meredakan keduanya!

Sumber:

HelloSehat

Healthline

#HealthyLittleHabits #HealthyEveryWay

Shop now

WE TAKE CARE OF YOU

Day and Night

Big and Small

Inside and Out