5 Perubahan Tubuh Setelah Melahirkan yang Wajar Terjadi

5 Perubahan Tubuh Setelah Melahirkan yang Wajar Terjadi

Setelah melahirkan, tubuh ibu akan mengalami berbagai perubahan. Inilah lima perubahan tubuh setelah melahirkan yang wajar terjadi pada ibu baru.

Setelah melewati proses persalinan atau melahirkan, ibu harus beradaptasi dengan berbagai perubahan yang terjadi dalam hidupnya. Mulai dari perubahan kebiasaan hingga perubahan bentuk tubuh, semua itu harus dihadapi oleh para ibu.

Bagi kebanyakan ibu, perubahan ini terkadang terasa melelahkan dan dapat membuat ibu merasa kurang nyaman dengan tubuhnya.  Ya, tubuh ibu biasanya akan mengalami perubahan yang cukup signifikan setelah melahirkan, dan hal ini sebenarnya sangatlah wajar terjadi.

Lantas, apa saja sih perubahan tubuh setelah melahirkan yang biasanya terjadi pada ibu baru? Melansir dari Parents, inilah lima perubahan tubuh yang sering terjadi para ibu setelah melahirkan:

Baca juga:  7 Keluhan Ibu Hamil yang Sering Terjadi dan Cara Mengatasinya

Setelah melahirkan, tubuh ibu akan mengalami berbagai perubahan. Inilah lima perubahan tubuh setelah melahirkan yang wajar terjadi pada ibu baru.

1. Perubahan ukuran payudara

Setelah melahirkan, payudara ibu akan memproduksi ASI untuk bayi. Karena itu, payudara ibu mungkin akan membesar dan terasa lebih penuh selama beberapa hari setelah melahirkan. Namun, ketika produksi ASI mulai berkurang, ukuran payudara bisa kembali normal atau bahkan menjadi lebih kecil dari sebelumnya.

2. Muncul stretch mark

Stretch mark akibat peregangan kulit sering terjadi pada perut, pinggul, dan payudara. Ini adalah hal yang normal dan banyak terjadi pada ibu setelah melahirkan. Ibu bisa mengurangi kemunculan stretch mark dengan menggunakan krim atau lotion khusus untuk perawatan kulit selama kehamilan dan setelah melahirkan.

3. Rambut lebih mudah rontok

Setelah melahirkan, hormon estrogen dalam tubuh ibu akan berkurang drastic, dan hal ini dapat menyebabkan rambut menjadi lebih mudah rontok. Jangan khawatir, ini hanya bersifat sementara dan rambut akan tumbuh kembali dalam beberapa bulan ke depan.

4. Kaki nyeri dan bengkak

Selama kehamilan, ibu akan mengalami peningkatan berat badan tekanan pada urat-urat di kaki pun akan meningkat. Akibatnya, ibu mungkin akan mengalami nyeri dan bengkak pada kaki setelah melahirkan.

5. Perut menjadi lebih kendur

Setelah melahirkan, perut ibu akan menjadi lebih kendur dan bergelambir, dan ini sangatlah wajar terjadi. Hal ini disebabkan oleh perubahan pada otot-otot perut dan kulit yang meregang selama kehamilan. Ibu bisa mengatasi masalah ini dengan rutin melakukan olahraga ringan dan perawatan kulit yang tepat.

Perlu diingat, setiap tubuh bisa mengalami perubahan yang berbeda-beda. Jangan ragu untuk berkonsultasi dengan dokter jika ibu mengalami perubahan tubuh yang tidak biasa atau mengkhawatirkan setelah melahirkan. Ingatlah bahwa seluruh perubahan yang terjadi adalah wajar dan menandakan bahwa tubuh ibu sedang beradaptasi dengan perubahan.

Supaya ibu menjadi lebih tenang dalam menghadapi berbagai perubahan tubuh setelah melahirkan, ibu bisa menghirup inhaler Mellow Free dan Hello Sunshine dari Peek.Me. Mellow Free dan Hello Sunshine adalah inhaler aromaterapi yang bisa membantu meredakan stres, menenangkan tubuh dan pikiran, serta meredakan kecemasan berlebih. Kedua inhaler tersebut diracik secara khusus oleh aromaterapis bersertifikat internasional, 100 persen alami, serta aman untuk ibu hamil dan menyusui.

#HidupMenyeluruh #ArahKebaikan

Leave a comment

All comments are moderated before being published

Shop now

WE TAKE CARE OF YOU

Day and Night

Big and Small

Inside and Out