7 Keluhan Ibu Hamil yang Sering Terjadi dan Cara Mengatasinya

7 Keluhan Ibu Hamil yang Sering Terjadi dan Cara Mengatasinya

Ibu hamil sering kali harus menghadapi berbagai keluhan yang dapat menimbulkan rasa tidak nyaman, mulai dari mual, sembelit, hingga mood swing.

Kehamilan merupakan masa yang sangat spesial bagi setiap ibu. Meskipun demikian, bukan berarti ibu hamil tidak pernah menemukan tantangan dalam menjalankan masa kehamilannya. Ibu hamil sering kali harus menghadapi berbagai keluhan kesehatan yang dapat menimbulkan rasa tidak nyaman.

Menurut situs kesehatan NHS, munculnya keluhan pada ibu hamil seperti mual, nyeri punggung, dan mood swing dapat disebabkan oleh berbagai faktor. Secara umum, keluhan tersebut disebabkan oleh adanya perubahan hormon secara cepat, pembesaran pada rahim, serta bertambahnya berat badan pada ibu hamil.

Kira-kira, apa saja sih keluhan yang sering dirasakan oleh ibu hamil? Bagaimana ya cara mengatasinya? Daripada penasaran, yuk simak penjelasan di bawah ini!

Ibu hamil sering kali harus menghadapi berbagai keluhan yang dapat menimbulkan rasa tidak nyaman, mulai dari mual, sembelit, hingga mood swing.

Baca juga: Perubahan Tubuh yang Umum Terjadi Saat Hamil, Apa Saja Ya?

1. Mual dan muntah

Mual dan muntah merupakan salah satu keluhan yang paling sering dirasakan oleh ibu hamil. Kondisi ini umumnya terjadi pada awal kehamilan dan sebagian besar disebabkan oleh adanya perubahan hormon. Rasa mual dan muntah bisa diredakan dengan cara beristirahat yang cukup, hindari makanan atau bau yang dapat memicu rasa mual, dan makan dalam porsi kecil. Rasa mual pada ibu hamil juga bisa diredakan dengan menghirup inhaler Enaken yang aman dan alami. 

2. Sembelit

Mengutip dari American Pregnancy, sembelit merupakan keluhan yang sering terjadi pada ibu hamil karena adanya perubahan hormon dan tekanan pada rahim. Untuk mengatasi sembelit, cobalah untuk mengonsumsi makanan yang kaya serat dan minum air putih secara teratur.

3. Nyeri punggung

Keluhan ibu hamil lainnya yang sering terjadi adalah nyeri pada bagian punggung. Ibu hamil sering mengalami sakit punggung karena berat badan yang meningkat dan postur tubuh yang berubah. Cara untuk mengatasi sakit punggung adalah dengan mengubah posisi duduk dan tidur, serta memakai bantal penyangga punggung ketika duduk.

4. Sakit kepala

Ibu hamil sering mengalami pusing karena adanya perubahan hormon dalam tubuh. Kondisi ini dapat diatasi dengan beristirahat yang cukup, minum banyak air putih, dan mengonsumsi makanan sehat. Jika ingin mengonsumsi obat-obatan tertentu, konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter ya!

5. Mudah lelah dan lemas

Pada fase awal dan akhir kehamilan, ibu hamil biasanya mudah merasa lelah dan lemas. Sama seperti keluhan lainnya, keluhan ini umumnya terjadi karena adanya perubahan hormon. Agar tubuh ibu hamil tetap segar dan bugar, usahakan untuk selalu beristirahat yang cukup, rutin melakukan olahraga ringan seperti berjalan-jalan, dan terapkan pola makan seimbang.

6. Mood swing

Keluhan ibu hamil yang cukup sering terjadi adalah mood swing atau perubahan suasana hati dalam waktu yang cepat. Kondisi ini umum terjadi karena ibu hamil mengalami perubahan hormon yang cepat, khususnya estrogen dan progesteron. Untuk mengatasi kondisi ini, cobalah untuk beristirahat cukup, carilah support system dari keluarga dan orang terdekat, serta cobalah yoga dan meditasi. Ibu hamil juga bisa mencoba inhaler Mellow Free yang aman, alami, dan dapat membantu menenangkan pikiran.

7. Perut terasa kembung

Selain mual, ibu hamil juga sering merasakan kembung pada perut. Keluhan ini umumnya terjadi karena perubahan hormonal dan rahim yang terus bertumbuh dan menekan perut. Perut kembung pada ibu hamil bisa diredakan dengan makan dalam porsi kecil, tidak langsung berbaring setelah makan, dan mengoleskan Indi Blend dari Peek.Me Naturals.  

Dear para ibu, perlu diingat bahwa Peek.Me Naturals akan selalu siap untuk menemani dan membantumu dalam menjalankan kehamilan yang lebih nyaman. Jangan ragu untuk segera menghubungi dokter jika keluhan yang dirasakan tidak kunjung membaik. 

#HidupMenyeluruh #ArahKebaikan #PahamBersamaPeek.Me

Leave a comment

All comments are moderated before being published

Shop now

WE TAKE CARE OF YOU

Day and Night

Big and Small

Inside and Out