Perubahan Tubuh Saat Hamil yang Umum Terjadi, Apa Saja Ya?

Ketika hamil, tubuh wanita akan mengalami berbagai perubahan. Inilah beberapa perubahan tubuh saat hamil yang biasanya terjadi.

Ketika hamil, tubuh wanita akan mengalami berbagai perubahan. Inilah beberapa perubahan tubuh saat hamil yang biasanya terjadi.

Masa kehamilan merupakan momen yang sangat spesial bagi setiap wanita, karena dari sinilah perjalanan untuk menjadi seorang ibu akan dimulai. Berbagai momen mendebarkan akan terjadi di fase ini, salah satunya adalah momen ketika tubuh mulai mengalami beberapa perubahan.

Saat hamil, tubuh akan mengalami berbagai perubahan yang cukup signifikan. Meskipun mungkin terasa tidak nyaman, perubahan-perubahan tersebut merupakan tanda bahwa tubuh sedang bekerja dengan baik. Dengan memahami dan menerima perubahan tubuh saat hamil, ibu hamil dapat lebih tenang dan siap untuk menyambut kelahiran.

Kira-kira, apa saja sih perubahan tubuh saat hamil yang paling umum terjadi? Melansir dari berbagai sumber, inilah berbagai perubahan tubuh yang sering terjadi pada ibu hamil:

Ketika hamil, tubuh wanita akan mengalami berbagai perubahan. Inilah beberapa perubahan tubuh saat hamil yang biasanya terjadi.

Baca juga: Kado Paling Dibutuhkan Ibu Melahirkan dan Bayi Baru Lahir

1. Berat badan meningkat

Salah satu perubahan tubuh saat hamil yang paling sering terjadi adalah meningkatnya berat badan. Hal ini wajar terjadi karena adanya peningkatan ukuran rahim, air ketuban, dan janin yang sedang berkembang. Setiap ibu bisa mengalami pertambahan berat badan yang berbeda-beda ketika hamil, tergantung dari pola hidup dan berat badan sebelum hamil.

Meskipun wajar terjadi, jangan sampai ibu hamil mengalami kenaikan berat badan dalam jumlah yang berlebihan, ya! Berat badan berlebih dapat membuat kehamilan menjadi lebih berisiko.

2. Payudara lebih besar dan sensitif

Payudara adalah salah satu bagian tubuh yang lazim mengalami perubahan saat hamil. Ketika hamil, ukuran payudara akan semakin besar karena adanya peningkatan produksi hormon prolaktin yang berfungsi untuk mempersiapkan payudara untuk merangsang produksi ASI pada ibu. Selain itu, payudara juga biasanya terasa menjadi lebih sensitif, terutama di trimester pertama. Beberapa ibu hamil juga akan mengalami perubahan pada putting, yakni menjadi lebih gelap dan menonjol.

3. Perut semakin membesar dan membulat

Perubahan tubuh saat hamil lainnya adalah perut semakin membesar dan membulat seiring dengan bertambahnya usia kehamilan. Hal ini disebabkan oleh adanya pertumbuhan janin dan peningkatan ukuran rahim. Setiap ibu mengalami ukuran perut yang berbeda-beda, dan hal ini sangatlah normal sehingga tidak perlu dikhawatirkan, selama tidak ada gejala lain yang terasa mengganggu.

4. Adanya perubahan pada kulit

Kulit juga bisa mengalami perubahan saat hamil. Beberapa ibu hamil mengalami perubahan warna pada kulit, seperti munculnya garis hitam pada perut, dan hal ini adalah hal yang normal. Selain itu, perubahan hormon pada ibu hamil juga dapat menyebabkan timbulnya jerawat karena produksi minyak pada kulit mengalami peningkatan.

5. Kaki membengkak

Salah satu perubahan tubuh saat hamil yang juga sering terjadi yaitu membengkaknya kaki dan betis, terutama pada trimester akhir kehamilan. Kondisi ini umumnya disebabkan oleh meningkatnya hormon progesteron, adanya peningkatan volume cairan dalam tubuh, dan menumpuknya darah di pembuluh darah kaki. Selama tidak disertai dengan gejala lain seperti pusing, sesak, dan pembengkakan di bagian tubuh lain, kondisi ini tidak perlu dikhawatirkan dan normal terjadi.

Perlu diingat bahwa setiap wanita hamil mengalami perubahan tubuh yang berbeda-beda. Beberapa ibu hamil mungkin hanya mengalami sedikit perubahan, sementara ada pula yang mengalami banyak perubahan. Jadi, jangan risau jika tubuhmu mengalami perubahan yang berbeda dengan ibu yang lain, ya! Yang terpenting adalah tetap terapkan pola hidup sehat dan lakukan aktivitas fisik secara teratur selama masa kehamilan agar kesehatan tubuh bisa terjaga dengan baik.

#PahamBersamaPeekMe

Leave a comment

All comments are moderated before being published

Shop now

WE TAKE CARE OF YOU

Day and Night

Big and Small

Inside and Out