Apa Arti Hidup Holistik? 4 Cara Ini Membawamu Pada Jawabannya

Peek.Me Friends, tahukah kamu bahwa salah satu nilai dasar dari Peek.Me Naturals adalah Holistic? Nilai ini adalah pegangan yang membimbing founder kami, Arlin Chondro, dalam menjalani hidup yang penuh, lho. Bisa dibilang, Peek.Me Naturals bercita-cita menjadi advocate untuk hidup yang holistik. Tapi, apa sih arti dari hidup holistik?

Simpelnya, hidup holistik berarti hidup yang menyeluruh. Whole. Menghidupi hidup yang holistik artinya seluruh bagian dari hidupmu terhubung satu sama lain. Kurang lebih seperti puzzle, bahwa kita ini terdiri dari bagian-bagian kecil diri kita yang membentuk satu gambar utuh. Jargon-jargon yang kamu sering dengar di media sosial seperti work-life balance, hidup seimbang, mindfulness, mind, body and spirituality, dan self-love juga merupakan bagian dari hidup holistik, lho!

Ada empat cara mudah yang bisa kamu latih tiap hari untuk menjalankan gaya hidup dan cara berpikir holistik:

1. Makanan Sehat
Makanan yang sehat, higienis, dan sesuai kebutuhan adalah kunci dari tubuh yang sehat. Makanan sehat berpengaruh banget untuk kesehatan pencernaan yang vital untuk energi, mood, pola tidur, dan daya tahan tubuh kita. Dengan gizi yang seimbang dan sesuai kebutuhan tubuh, kamu akan merasa prima secara jiwa dan raga.

2. Aktivitas Fisik
Bergerak adalah kunci! Olahraga terbukti efektif untuk memancing tubuh memproduksi hormon-hormon bahagia, yaitu dopamin dan serotonin. Dengan olahraga, mood-mu terjaga, level stres akan menurun, dan tubuh jadi tidak mudah lelah. Pastikan aktivitasnya memang kamu sukai ya!



3. Praktik Bersyukur
Awalnya mungkin kamu ngga benar-benar merasa bersyukur, tapi tuliskan saja hal-hal baik yang kamu syukuri tiap harinya, meskipun hari itu buruk sekali untukmu. Lama-lama, kamu akan terbiasa untuk melihat sisi baik dan nilai hidupmu secara otomatis. Bersyukur adalah cara yang simpel untuk meningkatkan skill spiritualmu, lho.

4. Mengontrol Stress
Banyak orang yang menyuruh kita mengontrol stres, tapi gimana sih caranya? Selain olahraga, kita harus meningkatkan skill awareness kita dengan cara menjadi lebih mindful. Menyadari reaksi tubuh, emosi, dan pikiran kita melalui metode menulis atau meditasi bisa membantu. Saat kita sudah mengenali alur pikiran dan perasaan, kita akan lebih mudah fokus terhadap pemecahan masalahnya.

Nah, jika kamu melatih dirimu setiap hari dengan cara-cara di atas, lama-lama bagian tubuh, mental, dan spiritualmu akan terintegrasi dan terkoneksi satu sama lain. Hal ini membuatmu lebih terhubung juga dengan lingkungan di sekitarmu, dan pada akhirnya, alam semesta. Dengan begitu, hidup bisa lebih bermakna dan penuh kebahagiaan, Peek.Me Friends. Selamat mencoba ya!

Leave a comment

All comments are moderated before being published

Shop now

WE TAKE CARE OF YOU

Day and Night

Big and Small

Inside and Out