Cara Alami Menjaga Siklus Menstruasi Teratur Setiap Bulannya

Siklus menstruasi tidak teratur dipengaruhi oleh berbagai faktor. Jika kalian mengalaminya, yuk cari tahu cara aman dan alami untuk kembali meregulasi siklus haid kamu!

Ladies, setiap wanita pasti mengalami siklus menstruasi, kecuali bagi yang sedang menempuh masa kehamilan atau yang telah memasuki fase menopause. Meski kita menghadapi setiap bulannya, mengapa penting untuk memahami dan melacak siklus menstruasi?

Disebut siklus menstruasi karena merupakan sebuah proses yang dialami wanita setiap bulannya. Siklus ini terjadi karena indung telur akan melepaskan sel telur yang dikenal dengan ovulasi, namun sel telur yang tidak dibuahi mengeluarkan endometrium dari vagina. Pentingnya memahami siklus menstruasi karena, siklus menstruasi pada setiap wanita berbeda, maka melacak siklus setiap bulannya perlu dilakukan agar kita mengetahui apakah siklus tersebut normal atau tidak.

Jadi, siklus haid yang normal itu seperti apa? 

Umumnya, siklus menstruasi tergolong normal ketika berlangsung selama 24-38 hari dengan volume darah 30-80 ml.

Sedangkan, siklus yang tidak teratur terjadi ketika kurang dari 24 hari atau lebih dari 38 hari. Jadi, ketika kita tidak dapat memprediksinya, baiknya untuk mencari tahu faktor penyebabnya apakah karena pola makan, gaya hidup, permasalahan hormonal, atau sedang mengalami kehamilan.

Melansir dari laman Halodoc, mari kita kenali jenis-jenis siklus menstruasi yang terbilang tidak normal:

Menorrhagia

Kondisi saat volume darah menstruasi berlebih selama 7-10 hari ataupun lebih dengan mengeluarkan gumpalan darah yang besar, sehingga membuat kelelahan secara fisik.

Polymenorrhea

Siklus haid yang dialami dengan durasi terlalu pendek namun terjadi kurang dari 21 hari. Kondisi ini bisa membuat gangguan kesuburan dan disebabkan karena tingkat stres yang tinggi, penyakit menular seksual, hingga endometriosis (jaringan dalam dinding rahim tumbuh di luar rongga rahim).

Oligomenorrhea

Situasi saat siklus haid terlalu panjang dan umumnya hanya mengalami haid sebanyak 6-8 kali selama satu tahun. Jenis ini biasanya terjadi karena kita mengalami permasalahan kesehatan seperti PCOS, cushing syndrome, diabetes, dan gangguan makan. 

Amenorrhea

Kondisi saat menstruasi tidak datang sama sekali, terjadi pada wanita yang sedang hamil, menyusui, atau menopause. Namun juga, hal ini dapat terjadi ketika kita mengalami peristiwa medis tertentu seperti gangguan tiroid dan hormon. 

Oleh karena siklus menstruasi dipengaruhi berbagai faktor, hal utama yang bisa kalian lakukan untuk menjaga siklus haid lancar adalah melalui gaya hidup sehat. 

Baca Juga:

Cara Menjaga Siklus Menstruasi Jadi Teratur?

Inilah beberapa cara alami agar regulasi siklus menstruasi kamu lebih teratur:

1. Pola makan

Cukupi asupan karbohidrat sekitar 45%-65% per harinya dari total asupan kalori harian. Karbohidrat yang tidak terpenuhi menyebabkan fungsi tiroid terganggu dan kadar hormon leptin pun menurun. Tiroid dan hormon leptin diperlukan karena berperan mengatur hormon reproduksi.

Selain itu, pastikan konsumsi lemak sehat dari kacang-kacangan atau ikan yang mendukung hormon ovulasi kalian. Juga, cukupi asupan folat kalian seperti buah-buahan, sayuran hijau, ataupun makanan tinggi protein sekitar 400 mikrogram per hari, karena asupan folat sangat mempengaruhi dalam melancarkan siklus menstruasi dan menjaga kesuburan.

2. Rutin berolahraga

Olahraga dapat mengatasi sindrom ovarium polikistik (PCOS), sehingga olahraga rutin dan konsisten akan sangat baik untuk siklus menstruasi. Jenis olahraga yang baik melancarkan haid adalah yoga, menurut penelitian melakukan yoga sekitar 35-40 menit per harinya, dapat mempengaruhi hormon siklus menstruasi.

3. Menjaga berat badan ideal

Disadur dari situs Verywell Health, memaparkan jumlah lemak yang terlalu tinggi atau termasuk dalam kategori obesitas berdasar pada body mass index, membuat hormon tidak seimbang dan bisa mengganggu atau menghentikan ovulasi.

4. Mengurangi stres

Saat kita mengalami stres, makan tubuh akan melepaskan hormon kortisol dan hormon CRH (hormon stres) yang dapat menekan kadar normal hormon reproduksi. Hormon sangat berpengaruh besar terhadap siklus menstruasi, maka melakukan manajemen stres begitu penting agar tidak menyebabkan terlambatnya siklus menstruasi. 

5. Menggunakan Miss Montpain

Essential oil blend Miss Montpain dibuat dari bahan-bahan alami yang dapat membantu meregulasi siklus menstruasi yang tidak teratur. Kandungan minyak atsiri Clary Sage dalam Miss Montpain bermanfaat untuk bantu mengatur hormon reproduksi. Untuk penggunaanya, oleskan pada perut sehari dua kali selama 7 hari setelah masa menstruasi-mu bersih ya, Peek.Me Friends.

Jadi, kenali dulu faktor penyebab siklus haid yang tidak teratur dan gunakan Miss Montpain untuk mendukung siklus menstruasi menjadi lancar setiap bulannya yang juga dapat memberikan rasa nyaman serta mengurangi kram perut. Jadi, yuk langsung coba tips diatas ini, karena tidak ada kata terlambat untuk mulai memperbaiki gaya hidup sehat kita!

Sumber:

Halodoc

Alodokter

Verywell Health

#HealthyLittleHabits #HealthyEveryWay

Leave a comment

All comments are moderated before being published

Shop now

WE TAKE CARE OF YOU

Day and Night

Big and Small

Inside and Out