Olahraga Bisa Tingkatkan Kinerja Otak, Penjelasan Secara Ilmiahnya!

Riset olahraga bermanfaat tidak hanya untuk kesehatan tubuh, tapi juga meningkatkan kinerja otak? Simak tips olahraga efektif untuk tingkatkan produktivitas!

Pasti sudah banyak yang mengetahui manfaat olahraga bagi tubuh, tapi di kolom ini kita akan lebih mendalami bahasan tentang manfaat olahraga secara ilmiah yang mungkin akan bikin kamu jadi makin semangat untuk berolahraga.

Sebelumnya, apa sih tujuan untuk berolahraga? Mungkin sebagian besar dari kita memilih olahraga untuk kesehatan tubuh atau juga untuk mendapatkan bentuk tubuh ideal. Well, keduanya adalah tujuan yang baik ya, namun ternyata olahraga memberikan segudang manfaat lainnya lho, Peek.Me Friends.

Exercise is not only better for the body, but it’s also better for the brain” kutipan dari buku Spark: The Revolutionary New Sciences of Exercise & Brain oleh John J. Ratey yang didukung oleh Eric Hagerman,  dan akan menjadi rujukan dalam penulisan artikel ini. Melansir dari laman MySkill, memaparkan bahwa buku ini menjelaskan tentang hubungan olahraga dan kinerja otak yang revolusioner. 

Jadi, kita sebut saja bapak John J. Ratey ini, melakukan eksperimen kepada siswa SMA dengan membagi dua kelompok. Kelompok siswa pertama melakukan olahraga sebelum memulai kelas dan kelompok kedua adalah siswa-siswa yang boleh tidur lebih lama sebelum kelas. Dalam eksperimennya ini, John J. Ratey menemukan bahwa siswa yang berolahraga sebelum memulai pelajar memiliki peningkatan sebanyak 17% dalam membaca dan memahami pelajaran, sedangkan siswa yang tidur lebih banyak memiliki peningkatan sebanyak 10,7%.

Ternyata, olahraga dapat merangsang produksi neurotransmitter yang signifikan. Ketika kita berolahraga, maka otak memiliki sistem kerja bernama Brain Derived Neurotrophic Factor (BDNP). Para ilmuwan meneliti, sel otak BDNP ini disebut dengan “miracle-gro for the brain”, yang menunjukan adanya pertumbuhan sel-sel otak kita. Oleh karena itu kinerja otak kita untuk berkonsentrasi, daya ingat, dan kemampuan kognitif otak turut meningkat.

Disadur dari halaman Detiksulsel, menurut situs Psychology Today, ketika berolahraga, aliran darah ke otak semakin lancar dan meningkatkan molekul antiradang clusterin yang membuat sel-sel dan molekuler otak meningkat.

Baca Juga:

jadi, Apakah Olahraga Efektif untuk Tingkatkan Kesehatan Otak?

Lakukan olahraga sebelum bekerja sangat direkomendasikan, karena otak akan terasa lebih segar dan siap untuk berpikir. Olahraga apa yang paling efektif untuk meningkatkan kinerja otak dalam riset John J.Ratey menyatakan:

1.Lakukan 20-30 olahraga aerobik, seperti lari atau berenang

2.Lakukan pada fase yang seirama yang bisa kamu tahan hingga 1 jam

3.Doronglah diri hingga merasa hampir melebihi batasan kamu

Mengapa melakukan olahraga yang mendorong kamu hingga fase limitasi? Karena pada fase ini disebut dengan anaerobic yang mendorong daya kerja otak menyiapkan ekosistem untuk lebih siap, mau, dan bisa untuk berpikir lebih keras.

Agar tubuh lebih segar setelah berolahraga, pastikan mandi dan membersihkan tubuh sebelum memulai bekerja. Selain itu, agar mood tetap bertahan dengan baik, yuk oleskan The Deodorant, untuk menjaga ketiak sehat dan wangi dengan aroma alami yang menyegarkan. Terutama, untuk turut mendukung gaya hidup sehat kamu, karena The Deodorant bebas kimia buatan, aluminium, alkohol, dan juga paraben, lho!

Jadi,makin semangat untuk olahraga nggak nih, Peek.Me Friends?

Sumber:

MySkill

Detiksulsel

ProductivityGame

#HealthyLittleHabits #HealthyEveryWay

Leave a comment

All comments are moderated before being published

Shop now

WE TAKE CARE OF YOU

Day and Night

Big and Small

Inside and Out