Dampak Polusi Udara Bagi Kesehatan yang Harus Diwaspadai

Bukan rahasia lagi jika polusi udara dapat memberikan dampak yang buruk pada kesehatan. Kira-kira, apa saja dampak yang diberikan?

Bukan rahasia lagi jika polusi udara dapat memberikan dampak yang buruk pada kesehatan. Kira-kira, apa saja dampak yang diberikan?

Akhir-akhir ini, tingkat polusi udara di beberapa daerah Indonesia telah mencapai tingkat yang mengkhawatirkan. Ada banyak faktor yang telah memicu terjadinya kondisi ini, yakni tingginya penggunaan alat transportasi, kebakaran hutan dan lahan, serta uap yang dihasilkan oleh pabrik dan pembangkit listrik. Jika tidak segera ditangani, kondisi ini dapat memicu terjadinya kerusakan lingkungan seperti pemanasan global.

Selain dapat merusak lingkungan, polusi udara yang tinggi juga dapat mengancam kondisi kesehatan lho! Melansir dari situs resmi Kementerian Kesehatan (Kemenkes) RI, polusi udara yang terjadi di Indonesia dapat meningkatkan risiko terjadinya berbagai permasalahan kesehatan, mulai dari iritasi mata, kulit kering, hingga kanker paru-paru. Untuk lengkapnya, inilah dampak polusi udara bagi kesehatan yang harus kita waspadai: 

1. Memicu iritasi dan peradangan pada mata

Debu, zat kimia, dan partikel lain yang terdapat dalam polusi udara dapat mengiritasi mata kita. Hal ini dapat menyebabkan mata menjadi merah, gatal, bahkan mengalami peradangan yang serius. Selain itu, menurut situs Hello Sehat, polusi udara juga dapat menyebabkan sindrom mata kering hingga katarak. 

Untuk melindungi mata dari bahaya polusi udara, Peek.Me Friends bisa melakukannya dengan selalu menggunakan kacamata pelindung, menyediakan tetes mata untuk melembapkan mata, dan menghindari kebiasaan mengucek mata. 

2. Menyebabkan iritasi pada saluran napas

Bukan rahasia lagi jika polusi udara dapat menyebabkan iritasi pada saluran napas. Paparan debu-debu kotor dapat dengan mudah masuk ke dalam sistem pernapasan dan menyebabkan berbagai permasalahan seperti batuk, tenggorokan kering dan gatal, hingga sesak napas. Kualitas udara yang buruk juga dapat memicu terjadinya asma. 

3. Membuat kulit menjadi kering, gatal, hingga bersisik

Polusi udara bisa membuat kulitmu menjadi kering, gatal, dan juga bersisik. Selain itu, partikel udara yang kotor juga dapat menimbulkan jerawat hingga penuaan dini. Untuk melindungi kulitmu dari serangan polusi udara, usahakan untuk selalu membersihkan kulit secara rutin, menghindari paparan asap rokok, dan selalu gunakan tabir surya atau sunscreen.

4. Meningkatkan risiko terjangkit kanker paru-paru

Salah satu dampak polusi udara bagi kesehatan yang paling serius yakni dapat meningkatkan risiko untuk terjangkit kanker paru-paru. Partikel berbahaya dalam udara dapat merusak jaringan paru-paru kita seiring waktu dan meningkatkan risiko kanker yang mematikan.

Untuk melindungi diri dari ancaman polusi udara, Peek.Me Friends bisa melakukan langkah-langkah sederhana seperti menggunakan masker, mengurangi aktivitas outdoor, dan selalu menjaga kebersihan diri. Peek.Me Friends juga bisa menggunakan air purifier untuk menjaga kualitas udara di dalam ruangan. Selain itu, jangan lupa juga untuk menggunakan produk andalan Peek.Me seperti Immune Booster dan Nora Ninos agar dirimu tetap fit dan terhindar dari bersin-bersin akibat polusi! 

Semoga sehat selalu, Peek.Me Friends!

Sumber:

Kemenkes RI

Hello Sehat

#HidupMenyeluruh #ArahKebaikan

Leave a comment

All comments are moderated before being published

Shop now

WE TAKE CARE OF YOU

Day and Night

Big and Small

Inside and Out