Sedentary Lifestyle 101: Penjelasan dan Bahayanya

Fenomena 'sedentary lifestyle' atau biasa kita kenal dengan 'kaum rebahan'. Sebenarnya gaya hidup rebahan ini apa sih bahayanya dan bagaimana merubahnya? Kalau kalian merasa sering rebahan, yuk kita merapat!

Peek.Me Friends, sudah tau belum istilah ‘sedentary lifestyle’ atau ketiadaan fisik yang sedang tren? Melansir dari situs HealthPartners, sedentary lifestyle adalah ketika seseorang menghabiskan 6 jam lebih untuk duduk atau berbaring setiap harinya di luar waktu tidur. Ya, biasa dipanggil dengan ‘kaum rebahan’.

Perkembangan teknologi saat ini, membuat fenomena ini meningkat. Disadur dari laman Kementerian Kesehatan, sedentary behavior biasanya melakukan aktivitas seperti menonton tv terlalu lama, bermain video game, scroll layar handphone berjam-jam, hingga kemudahan menggunakan transportasi yang sebenarnya bisa ditempuh dengan berjalan. Beberapa dari kita mungkin karena kewajiban contohnya seperti melakukan pekerjaan di depan laptop ataupun komputer seharian. 

Intinya, sedentary lifestyle mencerminkan gaya hidup yang kurang aktif. Minimnya aktivitas gerak fisik yang menghasilkan  sedikit kalori terbakar biasanya hanya sejumlah 1 metabolic equivalent. Fenomena ini ternyata memiliki dampak signifikan pada kesehatan kita, tidak hanya berdampak pada kesehatan fisik tapi juga kesehatan mental.

Pentingnya aktivitas fisik dikarenakan gaya hidup ini membuat risiko kematian sebesar 20-30% lebih tinggi akibat kurangnya pergerakan. Menurut World Health Organization (WHO) mencatat bahwa kurangnya aktivitas fisik merupakan penyebab kematian no 4 di dunia, dengan 2 juta orang meninggal setiap tahunnya akibat gaya hidup ini.

Apa Saja Penyakit yang bisa disebabkan karena sedentary lifestyle ini?

  • Sumbatan peredaran darah
  • Sakit jantung
  • Kolesterol tinggi
  • Diabetes
  • Obesitas
  • Terkena kanker endometrium dan ovarium
  • Lebih rentan munculnya stres dan kecemasan atau anxiety

Baca Juga: 6 Cara Turun Berat Badan Secara Cepat dan Sehat Tanpa Olahraga

Bagaimana Membuat Perubahan dari Gaya Hidup Rebahan?

Kabar baiknya tidak ada kata terlambat untuk melakukan perubahan sekecil apapun itu dalam kehidupan sehari-hari. Aktivitas fisik ini bermanfaat untuk kebugaran otot dan kardiorespirasi, kesehatan tulang, dan sistem kekebalan tubuh.

Kamu bisa memulainya dengan menyesuaikan rutinitas sehari-hari dan mengelola aktivitas fisik di sela-selanya. Perlahan, ini akan membawa kamu ke arah gaya hidup lebih baik dalam waktu singkat.

1. Gerakan tubuh lebih banyak

Mulailah dengan merencanakan adalah aktivitas fisik yang rutin, jadwalkan waktu berolahraga yang mudah atau kamu sukai seperti jalan pagi sekitar rumah, melakukan peregangan, atau menjalankan home workout.

2. Rajin membersihkan rumah

Meskipun membereskan rumah tidak sama dengan berolahraga, tetapi badan kamu lebih banyak bergerak. Peek.Me Friends, juga bisa mengkolaborasikannya dengan workout sederhana. Misalnya, ketika menunggu cucian baju, kalian bisa melakukan olahraga squat.

3. Kurangi aktivitas di depan gadget

Salah satu penyebab utama kita sering rebahan adalah asiknya bermain atau scroll layar gadget. Oleh karena itu, kalian bisa rencanakan dengan set timer seberapa lama akan berada di depan layar. Juga, sesekali melakukan peregangan di sela-sela kamu bekerja atau bermain depan gadget.

4. Aplikasikan Belly Balm

Balsem alami Belly Balm ini bekerja untuk bantu melancarkan peredaran darah, meningkatkan metabolisme, dan mengurangi fluid retention dalam tubuh. Gunakan sebelum berolahraga atau beraktivitas, oleskan pada bagian perut, paha, dan lengan untuk membakar kalori lebih lebih maksimal. 

Kegiatan rebahan itu memang membuat nyaman sehingga sering tidak kita sadari. Saat kita memulai hari dengan rebahan, kita semakin malas untuk bergerak sepanjang hari.

Bila Peek.Me Friends mulai merasa badan terasa mudah pegal-pegal, sakit kepala ketika bangun, atau sulit berkonsentrasi, bisa jadi kalian terjebak pada gaya hidup ini. Jadi, yuk Peek.Me Friends mulai berolahraga untuk jaga kesehatan lebih baik!

Sumber:

HealthPartners

Kementerian Kesehatan

#HealthyLittleHabits #HealthyEveryWay

Leave a comment

All comments are moderated before being published

Shop now

WE TAKE CARE OF YOU

Day and Night

Big and Small

Inside and Out