Jangan Disepelekan! Ternyata Ini Dampak Kesepian bagi Kesehatan

Jangan Disepelekan! Ternyata Ini Dampak Kesepian bagi Kesehatan

Kita sering menganggap kesepian sebagai sesuatu yang lumrah terjadi. Namun faktanya, kondisi ini bisa berdampak besar pada kesehatan kita.

Hampir semua dari kita pernah mengalami kondisi di mana diri merasa hampa dan kesepian. Ya, rasa hampa dan kesepian memang dapat terjadi pada siapa saja dan kapan saja. Sering dianggap sepele dan dipandang sebagai sesuatu yang lumrah terjadi, ternyata kesepian yang berlarut-larut dapat memberikan dampak buruk bagi kesehatan kita lho!

Menurut seorang psikolog dari Florida State University, Angelina Sutin Ph.D, kesepian memiliki pengaruh yang sangat kuat terhadap kondisi kesehatan. Dalam situs Everyday Health, Angelina menyatakan bahwa kesepian berkepanjangan dapat memicu berbagai penyakit berbahaya yang dapat menyerang fisik maupun mental.

Lantas, apa saja sih dampak kesepian bagi kesehatan yang harus kita waspadai? Simak penjelasan di bawah ini ya, Peek.Me Friends!

Baca juga: Manfaat Menangis yang Jarang Diketahui, Apa Saja?

Kita sering menganggap kesepian sebagai sesuatu yang lumrah terjadi. Namun faktanya, kondisi ini bisa berdampak besar pada kesehatan kita.

1. Menurunkan daya tahan tubuh

Sebuah penelitian pada tahun 2021 membuktikan bahwa kesepian berkepanjangan dapat menurunkan daya tahan tubuh pada seseorang. Ketika seseorang merasa kesepian, mereka cenderung abai terhadap kesehatan dan hormon stres dalam tubuh mereka akan meningkat. Akibatnya, kemampuan tubuh untuk melawan penyakit menjadi turun dan tubuh pun rentan terkena penyakit.

2. Meningkatkan risiko depresi

Kesepian yang berlarut-larut terjadi juga dapat meningkatkan risiko depresi lho, Peek.Me Friends. Menurut sebuah studi yang terbit dalam jurnal The Lancet Psychiatry, kesepian dapat membuat penderitanya kesulitan untuk berbagi perasaan dan pengalaman dengan orang lain, yang akhirnya bisa mengakibatkan perasaan sedih, putus asa, hingga depresi.

3. Memicu terjadinya radang

Daya tahan tubuh yang lemah karena kesepian juga dapat memicu terjadinya radang. Melansir dari Everyday Health, kondisi kesepian yang berkepanjangan bisa memicu terjadinya peradangan kronis seperti rheumatoid arthritis, diabetes, hingga serangan jantung.

4. Menurunkan kualitas tidur

Kesepian juga bisa merusak kualitas tidur kita. Rasa kesepian yang dalam dapat membuat kita merasa gelisah, sulit tidur, atau bahkan mengalami mimpi buruk. Akibatnya, kita akan terbangun di keesokan harinya dengan perasaan lelah dan tidak segar.

5. Menurunkan fungsi otak

Sebuah penelitian pada tahun 2018 menemukan bahwa rasa kesepian yang terus dibiarkan dapat menurunkan kualitas dan fungsi pada otak. Ketika kita tidak memiliki interaksi sosial yang cukup, otak memiliki risiko lebih tinggi untuk terserang demensia dan gangguan kognitif lainnya seperti sulit berkonsentrasi. 

Nah, supaya terhindar dari dampak buruk kesepian, Peek.Me Friends bisa mencoba tips-tips di bawah ini:

  • Cobalah untuk menyapa dan berinteraksi dengan orang-orang di sekitarmu, seperti tetangga, saudara, atau orang-orang yang ada di dekatmu.
  • Lakukan hobi atau kegiatan yang kamu sukai, seperti memasak, berkebun, berolahraga, dan lain sebagainya.
  • Ikut kegiatan komunitas atau aktivitas sosial, seperti menjadi volunteer di acara tertentu, ikut melakukan kerja bakti, atau berpartisipasi dalam suatu workshop. 

Jika kamu merasa kesepian secara terus-menerus dan merasa bahwa kehidupan sehari-harimu sudah sangat terganggu, jangan ragu untuk mencari bantuan dari seorang dokter atau psikolog ya! 

Semoga sehat dan bahagia selalu, Peek.Me Friends! 

Sumber:

Everyday Health

Alodokter

#PahamBersamaPeekMe #HidupMenyeluruh #ArahKebaikan

Leave a comment

All comments are moderated before being published

Shop now

WE TAKE CARE OF YOU

Day and Night

Big and Small

Inside and Out