Manfaat Serai Wangi untuk Kesehatan yang Harus Kamu Tahu

Manfaat serai wangi untuk kesehatan telah dikenal sejak ribuan tahun lalu. Kira-kira, apa saja ya manfaat dari rempah beraroma khas yang satu ini?

Serai wangi atau citronella merupakan salah satu rempah alami yang lazim dimanfaatkan sebagai penangkal nyamuk alami. Hal tersebut dikarenakan rempah beraroma khas ini mengandung senyawa sitronelol, sitronelal, dan geraniol yang dapat menghalau gigitan dari serangga tersebut. Meskipun banyak dikenal sebagai obat anti nyamuk alami, sebenarnya manfaat serai wangi tak hanya itu saja lho!

Selain dapat menangkal nyamuk, serai wangi juga menawarkan berbagai manfaat kesehatan lainnya, mulai dari meredakan peradangan hingga mengusir kecemasan. Melansir dari situs Indigo Herbs, inilah beberapa manfaat serai wangi untuk kesehatan yang harus kamu tahu!

1. Manfaat serai wangi: bantu redakan peradangan

Salah satu manfaat serai wangi yang juga cukup dikenal yakni dapat membantu meredakan peradangan dan nyeri. Minyak dari rempah bernama Latin Cymbopogon nardus ini mengandung senyawa sitronelal yang bersifat antiinflamasi. Selain itu, minyak serai wangi juga mengandung senyawa antioksidan yang dapat membantu menghilangkan radikal bebas, salah satu penyebab utama peradangan.

2. Menjaga kesehatan kulit

Manfaat serai wangi yang lainnya yaitu dapat menjaga kondisi kulit agar tetap sehat. Minyak serai wangi mengandung senyawa antiinflamasi dan antibakteri yang dapat mencegah kulit dari kemerahan, peradangan, dan juga jerawat. Selain itu, minyak serai wangi juga dapat membantu proses penyembuhan dermatitis, eksem, dan infeksi jamur.

3. Bantu percepat proses penyembuhan luka

Minyak serai wangi kaya akan senyawa metil isoeugenol yang bersifat antibakteri dan antiseptik. Oleh karena itu, minyak dari rempah ini dapat kita gunakan untuk mempercepat proses penyembuhan luka. Tetapi perlu diingat, pastikan minyak serai wangi yang akan digunakan untuk menyembuhkan luka sudah aman dan steril.

4. Mengurangi kecemasan

Manfaat serai wangi ternyata dapat kita rasakan untuk kesehatan mental. Rempah ini memiliki aroma wangi khas yang dapat membangkitkan semangat dan kebahagiaan secara alami. Selain itu, sebuah studi dalam International Journal of Aromatherapy juga menunjukkan bahwa minyak astsiri serai wangi dapat memberikan efek menenangkan dan dapat mengurangi kecemasan.

Untuk merasakan salah satu manfaat dari serai wangi atau citronella, Peek.Me Friends bisa mencoba produk Outdoor Saver dari Peek.Me Naturals! Terdiri dari varian spray dan stick, Outdoor Saver mengandung citronella oil yang dapat melindungi kulit dari gigitan nyamuk dan serangga. Yuk rasakan kebaikan dari serai wangi bersama Peek.Me Naturals!   

#PahamBersamaPeek.Me

Leave a comment

All comments are moderated before being published

Shop now

WE TAKE CARE OF YOU

Day and Night

Big and Small

Inside and Out