Mengapa Perawatan Alami Lebih Baik untuk Meredakan Eksim?

Frustasi Eksim kambuh terus menerus? Coba lakukan beberapa tips ini agar clear up dari gejala eksim! 

Eksim merupakan penyakit kulit kronik dan kambuh-kambuhan, terkadang kita tidak mengetahui kapan eksim akan kambuh dan hal ini mungkin sering membuat Peek.Me Friends merasa frustasi.

Menurut Dr. Heru Nugraha. SpKK yang dilansir dari channel youtube Bamed Healthcare, mengatakan eksim adalah kondisi peradangan kulit di lapisan epidermis dan dermis ditandai dengan timbulnya rasa gatal, bercak merah atau flare up, dan kulit pecah-pecah hingga mengelupas. Meskipun terjadi pada kulit, namun penyebab eksim muncul karena berbagai faktor lainnya, yaitu:

  • Genetik
  • Alergi bahan kimia
  • Infeksi sistem pencernaan 
  • Stres
  • Mikroorganisme
  • Hormon

Bisa disimpulkan, gejala eksim akan mudah timbul oleh karena paparan racun atau toxin dari bahan-bahan kimia sintetis yang dihirup atau disentuh, racun dari apa yang kita konsumsi sehingga kurangnya nutrisi tubuh yang membuat hormon menjadi tidak seimbang dan terjadinya inflamasi, serta hal-hal yang membuat emosi kita toxic hingga memicu stres & daya tahan tubuh menurun. 

Seorang content creator platform TikTok, Marlisa Tenggara, seorang ecxema survivor memberikan penjelasan bahwa ketika manusia terpapar racun-racun tersebut, tubuh akan mengeluarkannya melalui keringat, urin, dan BAB. Namun, ketika racun terus bertumpuk, ia kan dipaksa keluar dari tubuh dengan tidak alami yaitu melalui penyakit, salah satunya adalah eksim. Jadi, eksim bisa dikatakan sinyal yang diberikan tubuh bahwa ada yang tidak beres dalam tubuh kamu dan perlu diperbaiki. 

Disadur dalam laman Kompas.com, menyatakan bahwa hingga kini penyebab eksim secara spesifik belum diketahui dan belum ada obat yang dapat menyembuhkan eksim secara permanen. Jadi, Peek.Me Friends, hal yang bisa kamu lakukan adalah menjaga tubuh dari faktor-faktor yang akan memicu eksim-mu kambuh.

Baca Juga: Mengenal Eksim Kering: Gejala, Penyebab, dan Cara Mengatasinya

Eksim Clear Up & Bebas Gatal!

Diambil dari halaman Everyday Health, mempertanyakan apakah Elimination Diet dapat mengatasi akar permasalahan eksim? Setelah mengurutkan berbagai riset dan penelitian dalam artikelnya, mengeliminasi makanan yang memicu alergi atau perdagangan bisa mencegah timbulnya eksim. Namun, jika tidak dibarengi dengan asupan nutrisi yang cukup malah akan membuat dampak kurang baik bagi diri. 

Jadi, melakukan elimination diet untuk detox mungkin belum tentu menyelesaikan masalah eksim pada akarnya, tetapi dapat mencegah hampir seluruh faktor pemicu eksim kamu. Lakukan detox dengan asupan makanan sehat yang dapat memperbaiki sistem pencernaan, meningkatkan kekebalan tubuh, menurunkan stres, dan menyeimbangkan hormon.

Jika meredakan eksim hanya melalui konsumsi steroid, kemungkinan eksim akan muncul kembali ketika kita tidak lagi menggunakannya serta tetap mengkonsumsi makanan cepat saji dan gaya hidup kurang sehat. Oleh karena itu, Marlisa Tenggara, memberikan tips melalui elimination diet yang berfokus untuk menyehatkan kembali sistem tubuh kamu dari dalam. Inilah beberapa tips yang bisa kalian coba lakukan:

Perbaiki Pola Makan

70% daya tahan tubuh berada dalam sistem pencernaan, jadi asupan makanan sehat dapat meredakan peradangan atau inflamasi kamu. 

Konsumsi Suplemen Bernutrisi

Saat melakukan detox, bisa jadi kita tidak mengkonsumsi banyak makanan yang bisa mencukupi nutrisi kita. Agar tetap menjaga nutrition meal kamu, kalian bisa konsumsi multivitamin, omega 3, air perasan lemon untuk dukung daya tahan tubuh serta meredakan inflamasi. 

Probiotik

Selama proses pemulihan konsumsi makanan dan minuman yang mengandung probiotik, karena akan sangat membantu-mu sehatkan sistem pencernaan lebih cepat.

Gunakan Dermarest

Saat eksim kumat, oleskan Dermarest untuk bantu mengurangi rasa gatal, menyembuhkan peradangan kulit, dan bantu kulit pulih dari bekas kehitaman akibat eksim ke kondisi semula. Dermarest mengandung Calendula oil sebagai anti radang yang dapat menyembuhkan luka eksim, Geranium oil yang meredakan rasa gatal di kulit, serta Sandalwood oil yang bermanfaat sebagai anti alergi untuk memulihkan kondisi kulit-mu. 

Tentunya, didukung dengan gaya hidup sehat lainnya ya, seperti berolahraga dan tidur yang cukup. Melalui perubahan gaya hidup lebih sehat, kamu bisa terbebas dari eksim tanpa kumat-kumat lagi!

#HealthyLittleHabits #HealthyEveryWay

Sumber:

Everyday Health

Kompas.com

Marlisa Tenggara

Leave a comment

All comments are moderated before being published

Shop now

WE TAKE CARE OF YOU

Day and Night

Big and Small

Inside and Out