Cara Jitu Mengatasi Bau Badan Saat Hamil, Yuk Dicoba!

Bau badan saat hamil merupakan salah satu kondisi yang sering dikeluhkan oleh ibu. Kira-kira, bagaimana ya cara mengatasinya?

Bau badan saat hamil merupakan salah satu kondisi yang sering dikeluhkan oleh ibu. Kira-kira, bagaimana ya cara mengatasinya?

Saat hamil, tubuh wanita akan mengalami berbagai perubahan yang signifikan. Tidak hanya perut yang semakin membesar, ibu hamil juga mengalami perubahan hormon yang dapat mempengaruhi segala hal. Bau badan merupakan salah satu di antaranya.

Menurut sebuah studi yang terbit dalam jurnal Autonomic Neuroscience, munculnya bau badan saat hamil disebabkan oleh adanya peningkatan kadar hormon estrogen dan progesteron dalam tubuh. Hormon progesteron dan estrogen yang tinggi selama kehamilan dapat meningkatkan produksi keringat dan membuat bakteri di kulit berkembang biak lebih cepat, sehingga menimbulkan bau yang kurang sedap. Selain itu, meningkatnya produksi hormon estradiol juga dapat menyebabkan aroma menyengat pada area ketiak.   

Selain karena perubahan hormon, bau badan saat hamil juga bisa dipicu oleh stres tinggi dan mengonsumsi jenis makanan tertentu seperti bawang putih, daging merah, dan makanan tinggi gula.

Baca juga: Perubahan Tubuh Saat Hamil yang Umum Terjadi, Apa Saja Ya?

Mandi merupakan cara terbaik bagi ibu hamil untuk mengatasi bau badan

Cara mengatasi bau badan saat hamil

Meskipun cukup mengganggu dan dapat membuat ibu merasa kurang percaya diri, kondisi bau badan saat hamil sebenarnya tidaklah berbahaya dan dapat diatasi dengan mudah. Inilah cara jitu mengatasi bau badan pada ibu hamil:

1. Mandi dua kali sehari

Mandi merupakan cara terbaik bagi ibu hamil untuk mengatasi bau badan. Mandi dua kali sehari, terutama setelah beraktivitas fisik atau berkeringat, dapat membantu tubuh agar tetap bersih dan terhindar dari berbagai kuman serta bakteri.

2. Gunakan deodoran yang aman untuk ibu hamil

Untuk menghalau bau badan, ibu hamil bisa menggunakan deodoran. Namun, pastikan deodoran yang digunakan aman, alami, dan bebas dari kimia berbahaya. Banyak deodoran di pasaran mengandung senyawa kimia yang dapat membahayakan kesehatan ibu dan janin yang sedang dikandung.

Supaya ibu hamil bisa fresh seharian dan terbebas dari ancaman bau badan, ibu bisa mencoba (The) Deodorant dari Peek.Me! (The) Deodorant merupakan deodoran yang 100% natural, bebas alkohol, bebas paraben, dan pastinya bebas bahan kimia buatan. Deodoran ini diformulasi secara khusus oleh aromaterapis bersertifikat internasional dan sudah memiliki izin BPOM, sehingga aman untuk digunakan oleh siapa saja termasuk ibu hamil dan menyusui. Yay!  

3. Kurangi konsumsi makanan yang dapat meningkatkan bau badan

Makanan tertentu seperti bawang putih, bawang merah, daging merah, dan makanan pedas dapat meningkatkan bau badan saat hamil. Mengonsumsi terlalu banyak sayuran kaya sulfur seperti kubis dan brokoli juga dapat memicu kemunculan bau badan. Hindari makanan-makanan tersebut atau batasi konsumsinya agar ketiak terhindar dari bau menyengat.

Agar tubuh ibu terhindar dari bau badan saat hamil, cobalah untuk mengonsumsi makanan sehat seperti sayuran hijau dan buah-buahan.

4. Gunakan pakaian yang lembut, tidak ketat, dan dapat menyerap keringat

Pakaian yang ketat dan terbuat dari bahan sintetis dapat membuat kulit ibu hamil sulit bernapas dan lebih mudah berkeringat keringat. Supaya bau badan saat hamil tidak terjadi, gunakanlah pakaian yang terbuat dari bahan alami seperti katun. Pastikan pakaian tersebut tidak ketat, mudah menyerap keringat, dan terasa nyaman ketika dikenakan.

Jika kondisi ibu tidak kunjung membaik setelah mencoba cara-cara di atas, jangan ragu untuk segera menghubungi dokter. Jangan biarkan masalah bau badan selama kehamilan mengganggu aktivitasmu sehari-hari dan ingatlah bahwa Peek.Me selalu siap untuk menemanimu sepanjang perjalanan #MenjadiIbu.

#HidupMenyeluruh #ArahKebaikan

Leave a comment

All comments are moderated before being published

Shop now

WE TAKE CARE OF YOU

Day and Night

Big and Small

Inside and Out