Mengenal Manfaat Basil: Redakan Sakit Kepala hingga Stres

Mengenal Manfaat Basil: Redakan Sakit Kepala hingga Stres

Tidak hanya dapat menambah aroma pada masakan, daun basil juga menawarkan berbagai manfaat untuk kesehatan lho! Apa saja ya?

Peek.Me Friends, apakah kamu tahu daun basil? Daun basil merupakan salah satu tanaman yang sering dimanfaatkan sebagai bahan makanan karena memiliki aroma kuat yang khas. Tanaman yang berasal dari Asia dan Afrika ini kerap digunakan dalam masakan Italia serta Thailand.

Selain dapat menambah aroma dan cita rasa pada masakan, daun basil rupanya memiliki banyak manfaat untuk kesehatan lho! Melansir dari situs Nourish by WebMD, tanaman yang satu ini kaya akan vitamin, mineral, serta antioksidan yang baik bagi tubuh. Selain itu, daun basil juga bersifat antibakteri, antiradang, dan antijamur.

Nah, kira-kira apa saja ya manfaat kesehatan yang ditawarkan oleh daun basil? Daripada penasaran, yuk simak penjelasan di bawah ini!

Baca juga: Manfaat Jahe untuk Kesehatan, Redakan Mual hingga Tingkatkan Imun

Tidak hanya dapat menambah aroma pada masakan, daun basil juga menawarkan berbagai manfaat untuk kesehatan lho! Apa saja y

1. Redakan sakit kepala

Sebuah studi pada tahun 2020 membuktikan bahwa minyak esensial dari daun basil memiliki efek analgesik yang dapat membantu tubuh dalam menghilangkan rasa sakit, termasuk sakit kepala. Adapun jenis sakit kepala yang dapat diatasi dengan daun basil yakni migrain, tension headache, dan sakit kepala karena sinus.   

2. Mengatasi tekanan darah tinggi

Daun basil dengan jenis sweet basil terbukti dapat mengatasi tekanan darah tinggi. Menurut sebuah penelitian, daun basil mengandung senyawa antioksidan seperti eugenol dan fenilpropanoid yang dapat melebarkan arteri yang menyempit dan membantu mengurangi tekanan darah.

3. Mencegah kanker

Selain dapat mengatasi tekanan darah tinggi, daun basil juga dapat mencegah kanker lho! Beberapa studi menunjukkan bahwa daun basil dengan jenis holy basil mengandung senyawa antioksidan yang ampuh dalam mencegah kanker paru-paru, kanker hati, dan kanker kulit.

4. Mengurangi peradangan

Kandungan eugenol, linalool, dan citronellol dalam ekstrak minyak daun basil dapat membantu mengurangi peradangan pada tubuh. Selain itu, tanaman yang satu ini juga terbukti ampuh dalam mencegah infeksi.

5. Meredakan stres

Sebuah studi yang terbit dalam Journal of Ayurveda and Integrative Medicine membuktikan bahwa holy basil memiliki sifat antidepresan dan anticemas yang sebanding dengan obat diazepam dan antidepresan. Selain itu, mengonsumsi basil secara rutin juga dapat membantumu untuk berpikir jernih dan menjadi lebih fokus.

Daun basil juga merupakan salah satu bahan yang digunakan dalam produk Peek.Me lho, Peek.Me Friends! Untuk merasakan manfaat dari daun basil, Peek.Me Friends bisa mencoba produk Eureka dan essential oil Basil. Kandungan basil dalam Eureka dapat membantumu untuk lebih konsentrasi, dan essential oil Basil dapat mengurangi kecemasan, ketegangan, keram perut, kembung, tension headache, radang, hingga gangguan kognisi dan pernapasan.

Sumber:

Nourish by WebMD

HeartMD Institute

#PahamBersamaPeekMe

Leave a comment

All comments are moderated before being published

Shop now

WE TAKE CARE OF YOU

Day and Night

Big and Small

Inside and Out