Meningkatkan Latihan Otot, Mengurangi Beban Hidup?

Semakin usia bertambah maka otot akan mengalami penurunan & berdampak menimbulkan berbagai penyakit. Latihan otot rangka, salah satu kunci investasi badan kamu tetap sehat dan ideal!

Beban hidup udah banyak, ditambah badan sering gak fit? Yuk, sini merapat! 

Badan pegel-pegel dan sering ngedrop jadi beban tersendiri, bikin sulit buat pekerjaan apalagi masalah-masalah yang membebani. Setuju nggak, Peek.Me Friends? Untuk itu, dengan cara satu ini, setidaknya salah satu beban hidup ini berkurang, bahkan justru lebih siap menghadapi beban hidup lainnya. Yes, latihan otot rangka! Ternyata punya banyak manfaat biar badan anti jompo plus dapetin body goals.

Latihan otot memiliki manfaat kesehatan yang penting untuk core tubuh kita,lho. Melansir dari laman CNN, menurut Ade Rai, seorang binaragawan Indonesia, memaparkan bahwa dalam melatih otot, latihan terpenting adalah melatih otot rangka kita yang merupakan 60% bagian tubuh.

Latihan otot yang dimaksud adalah latihan kekuatan massa otot dengan cara memberikan beban pada otot kita. Mengapa latihan otot menjadi penting? Disadur dari video podcast, Andrew Huberman, seorang neuroscientist dari Amerika, mengatakan bahwa ketika kita mulai berusia 40 tahun otot kita mengalami penurunan 1% masa otot per tahunnya, dan 4-5% penurunan kekuatan dan stamina tubuh. Jadi, ketika otot tidak dilatih maka kita akan kehilangan otot atau bahkan penurunan massa otot.

Apa yang terjadi ketika otot semakin kecil?

  1. Fleksibilitas kita akan menurun
  2. Badan sering terasa pegal
  3. Imunitas tubuh menurun
  4. Mengalami pengeroposan tulang (osteoporosis dan asteoarthrinthis) 

Baca Juga: Olahraga Bisa Tingkatkan Kinerja Otak, Penjelasan Secara Ilmiahnya!

Manfaat Melatih Otot Rangka!

Ketika kita melatih otot rangka untuk terangsang bergerak, maka otomatis lemak tubuh jadi berkurang dan juga akan membakar kadar gula dalam tubuh yang membuat receptor insulin menjadi lebih sensitif. Tentunya, latihan otot rangka membuat tulang kita menjadi lebih kuat, jadi ketika kamu melatih otot, maka akan bermanfaat untuk:

  • Terhindari dari penyakit Diabetes
  • Mengurangi potensi terkena metabolic syndrome
  • Terhindari dari pengeroposan tulang
  • Mendapatkan bentuk tubuh  ideal
  • Tidak sering pegal-pegal

Latihan otot ini seperti yang sudah disebutkan diatas, bisa kalian latih melalui resistance training seperti push up, plank, wall sit, squat, lunges, crunches, dan lying legs raises. Kedua, kalian bisa melatihnya dengan latihan beban menggunakan fitness tools. Hal yang penting ketika kita melatih otot yaitu memperhatikan ‘form is key’, yaitu gerakan yang tepat serta seberapa banyak repetisi dan konsistensi tempo ketika kita memberi beban pada otot.

Gerakan yang tepat dilakukan dengan arahan gerak sesuai kebutuhan otot yang ingin dilatih, selain itu Peek.Me Friends juga perlu untuk selalu fokus. Ketika kamu melakukan gerakan, pastikan untuk menghadirkan mind-muscle connection, selain menjaga gerakan dengan benar, hal ini juga membuat latihan otot lebih optimal. 

Memaksimalkan pembakaran lemak lebih cepat serta pembentukan massa otot kamu, jangan lupa gunakan Belly Balm sebelum melakukan olahraga ya, Peek.Me Friends! Balsam alami Belly Balm ini mudah digunakan dan gampang meresap di kulit, aroma yang menyegarkan justru membantu kamu latihan lebih semangat.

Tidak hanya membantu massa otot kamu, Belly Balm memiliki Hero Ingredients dari Juniper Berry essential oil yang bermanfaat untuk mengurangi kadar air atau fluid retention dalam tubuh. Juga, kandungan Cypress essential oil untuk mendetoksifikasi tubuh melalui jaringan limfatik. 

Sumber:

CNN

Andrew Huberman

#HealthyLittleHabits #HealthyEveryWay

Leave a comment

All comments are moderated before being published

Shop now

WE TAKE CARE OF YOU

Day and Night

Big and Small

Inside and Out