Nyeri Otot Setelah Olahraga dan Cara Mengatasinya

Nyeri Otot Setelah Olahraga dan Cara Mengatasinya

Kaku atau nyeri otot setelah olahraga bisa terjadi pada siapa saja. Kondisi ini umumnya terjadi dalam waktu 12 hingga 24 jam setelah berolahraga.

Siapa saja bisa mengalami kaku dan nyeri otot setelah berolahraga, terutama setelah melakukan olahraga dengan intensitas tinggi seperti aerobik atau angkat beban. Dalam istilah medis, nyeri otot setelah olahraga disebut dengan istilah DOMS atau delayed onset muscle soreness. Meskipun normal dan tidak berbahaya, kondisi ini dapat membuat penderitanya merasa tidak nyaman hingga berhari-hari.

Melansir dari situs kesehatan Healhtline, nyeri otot setelah olahraga umumnya disebabkan oleh adanya robekan kecil pada serat otot. Robekan ini biasanya muncul ketika otot baru saja dilatih dan harus bekerja lebih keras daripada biasanya. Selain itu, nyeri otot juga bisa terjadi karena kurangnya pemanasan sebelum berolahraga.

Kaku atau nyeri otot setelah olahraga bisa terjadi pada siapa saja. Kondisi ini umumnya terjadi dalam waktu 12 hingga 24 jam setelah berolahraga.

Baca juga: 6 Cara Turun Berat Badan Secara Cepat dan Sehat Tanpa Olahraga

Cara Mengatasi Nyeri Otot Setelah Olahraga  

Saat nyeri otot setelah olahraga terjadi, ada beberapa cara yang bisa kita lakukan untuk mengatasinya. Berikut ini adalah di antaranya:

1. Lakukan Pemanasan yang Cukup Sebelum Berolahraga

Nyeri otot setelah olahraga dapat kita cegah dengan melakukan pemanasan yang cukup. Pemanasan dapat membantu mempersiapkan tubuh kita untuk melakukan aktivitas fisik dan dapat mengurangi risiko cedera. Selain itu, jangan lupa juga untuk melakukan peregangan atau stretching untuk membantu memperlancar aliran darah.

2. Lakukan Kompres Dingin dan Hangat

Saat nyeri otot baru saja terjadi, Peek.Me Friends bisa langsung mengompres bagian tubuh yang nyeri dengan kompres dingin selama 10-15 menit. Cukup bungkus es batu menggunakan kain atau handuk, lalu tempelkan pada bagian tubuh yang nyeri atau sedikit bengkak.

Setelah nyeri otot atau pembengkakan mulai mereda, kompres bagian tubuh yang nyeri dengan kompres hangat selama 10-15 menit. Nyeri otot setelah olahraga juga bisa kamu redakan dengan mandi menggunakan air hangat.

3. Tidur Cukup dan Minum Cukup Air Putih

Agar ototmu kembali pulih dan terbebas dari rasa nyeri, beristirahatlah dengan tidur selama 8 hingga 9 jam sehari. Jangan lupa untuk minum cukup air putih dan mengonsumsi makanan kaya protein untuk mempercepat proses pemulihan otot.

4. Gunakan The Ahh Oil

Salah satu cara termudah untuk mengatasi nyeri otot setelah olahraga adalah dengan menggunakan The Ahh Oil dari Peek.Me Naturals. The Ahh Oil diformulasi secara khusus oleh aromaterapis berlisensi internasional dengan menggunakan campuran minyak atsiri, carrier oil, dan cold-pressed infusion oil. Kandungan alami pada The Ahh Oil dapat membantu menghalau segala masalah otot dan persendian, mengurangi radang, menghilangkan nyeri, dan mengembalikan kebebasan bergerak pada tubuhmu.

Jika Peek.Me Friends sudah mencoba cara-cara di atas dan nyeri otot tidak kunjung membaik dalam waktu 7 hari, segera hubungi dokter untuk mendapatkan penanganan medis yang tepat. Selain itu, segera juga periksakan ke dokter jika kamu mengalami keluhan berat seperti nyeri yang tidak tertahankan, pembengkakan otot yang parah, atau otot tidak bisa digerakkan sama sekali.

#HidupMenyeluruh #ArahKebaikan #PahamBersamaPeekMe

Leave a comment

All comments are moderated before being published

Shop now

WE TAKE CARE OF YOU

Day and Night

Big and Small

Inside and Out