Rekomendasi Makanan untuk Ibu Hamil, Menyehatkan dan Kaya Gizi!

Ibu hamil perlu mendapatkan asupan nutrisi yang baik dan seimbang. Inilah rekomendasi makanan untuk ibu hamil yang menyehatkan dan juga kaya gizi!

Ibu hamil perlu mendapatkan asupan nutrisi yang baik dan seimbang. Inilah rekomendasi makanan untuk ibu hamil yang menyehatkan dan juga kaya nutrisi!

Kehamilan adalah momen yang sangat istimewa bagi seorang ibu. Maka dari itu, kehamilan harus benar-benar dijaga agar kondisi ibu dan janin selalu sehat serta prima. Salah satu cara untuk menjaga kehamilan adalah dengan selalu memperhatikan asupan makanan dan nutrisi agar janin dapat berkembang dengan baik.

Melansir dari situs kesehatan Healthline, ibu hamil memerlukan lebih banyak asupan nutrisi seperti protein, kalsium, zat besi, dan vitamin esensial. Berikut ini adalah beberapa rekomendasi makanan untuk ibu hamil yang kaya akan nutrisi:

Ibu hamil perlu mendapatkan asupan nutrisi yang baik dan seimbang. Inilah rekomendasi makanan untuk ibu hamil yang menyehatkan dan juga kaya gizi!

Baca juga: 7 Keluhan Ibu Hamil yang Sering Terjadi dan Cara Mengatasinya

1. Buah-buahan dan sayuran segar

Buah-buahan dan sayuran segar mengandung banyak vitamin dan mineral yang baik untuk kesehatan ibu hamil serta janin yang dikandung. Bayam, brokoli, wortel, stroberi, pisang, dan jeruk adalah beberapa jenis buah dan sayur yang bagus untuk dikonsumsi oleh ibu hamil. Rutin mengonsumsi buah-buahan dan sayuran segar juga dapat membantu mengatasi sembelit yang sering dialami oleh ibu hamil.

2. Ikan

Rekomendasi makanan untuk ibu hamil yang selanjutnya adalah ikan. Ikan mengandung omega-3 yang baik untuk perkembangan otak pada bayi. Pilihlah ikan dengan minim kadar merkuri seperti ikan salmon, ikan lele, ikan tuna, atau ikan kembung. Hindari mengonsumsi ikan dalam kondisi mentah karena dapat meningkatkan risiko janin untuk terserang infeksi bakteri atau parasit.

3. Kacang-kacangan

Kacang-kacangan kaya akan protein, serat, vitamin, dan mineral yang baik untuk kesehatan ibu hamil serta janin. Beberapa jenis kacang-kacangan yang dapat dikonsumsi oleh ibu hamil adalah kacang hijau, kacang merah, kacang almond, kacang tanah, dan kacang lentil.

5. Yogurt dan keju

Rekomendasi makanan untuk ibu hamil selanjutnya adalah yogurt dan keju rendah lemak. Kedua makanan tersebut mengandung kalsium yang penting untuk kesehatan tulang dan gigi bayi dalam kandungan. Selain itu, kalsium juga dapat membantu mengurangi risiko kelahiran prematur dan tekanan darah tinggi pada ibu hamil.

5. Daging tanpa lemak

Daging tanpa lemak mengandung protein, zat besi, dan vitamin B12 yang penting untuk perkembangan otak dan pertumbuhan bayi. Pilihlah daging yang tanpa lemak seperti dada ayam, daging sapi tanpa lemak, atau ikan. Ibu hamil juga disarankan untuk mengonsumsi telur dalam jumlah yang cukup.

Perlu diingat, terdapat juga beberapa jenis makanan yang tidak direkomendasikan untuk dikonsumsi oleh ibu hamil seperti makanan yang terlalu banyak mengandung gula, lemak jenuh, dan kafein. Mengonsumsi makanan mentah dan setengah matang juga sebaiknya dihindari karena dapat meningkatkan risiko terjadinya keracunan makanan. Jika masih ragu, segeralah konsultasikan kebutuhan nutrisi dengan dokter kandungan atau ahli gizi.

Semoga informasi ini bermanfaat dan semoga kamu bisa melewati masa kehamilan dengan sehat serta bahagia! Jangan lupa, Peek.Me akan selalu setia menemanimu sepanjang perjalanan #MenjadiIbu.

#HidupMenyeluruh #ArahKebaikan #PahamBersamaPeek.Me

Leave a comment

All comments are moderated before being published

Shop now

WE TAKE CARE OF YOU

Day and Night

Big and Small

Inside and Out