Sembuhkan Sakit Maag dengan 5 Langkah Alami Ini!

Sering merasa tidak nyaman karena sakit maag? Menyembuhkan dengan cara alami dapat jadi solusi mengatasi sakit maag dari akarnya!

Setuju nggak sih, kalau sakit maag atau asam lambung naik itu sudah menjadi hal yang biasa? Menurut WHO penelitian tahun 2019 menyatakan penderita sakit maag atau gastritis di Indonesia mencapai 40,8%.

Terutama bagi budak korporat atau pekerja kantoran, menumpuknya stres sekaligus rasa cemas dari tuntutan deadline dan habit telat mengisi asupan makan, membuat rentan terkena sakit maag. Jika, obat sakit maag selalu tersedia di tas P3K kamu, yuk terus simak artikel ini sampak akhir!

Dilansir dari Healthline, sakit maag terjadi ketika asam pencernaan atau enzim merusak atau mengikis lapisan lambung yang membuat luka pada lapisan tersebut. Lapisan lendir yang melindungi lambung dari cairan pencernaan berkurang dan menyebabkan kadar asam dalam pencernaan atau enzim diproduksi berlebihan hingga menggerogoti jaringan yang melapisi lambung.

Lantas apa akar penyebab sakit maag ini? Hampir seluruh kasus pada penderita maag disebabkan oleh 2 faktor ini:

  • Infeksi bakteri Helicobacter Pylori, bakteri ini merupakan penybab kerusakan pada lapisan lambung
  • Penggunaan obat antiinflamasi non steroid jangka panjang seperti; aspirin, ibuprofen, atau naproxen

Berdasarkan kacamata Ayurveda, sakit maag banyak atau mudah diderita oleh individu dengan elemen tubuh dosha vata dan dosha pitta. Mengapa? Karena seseorang dengan elemen dosha vata merupakan elemen terdingin yaitu air dan udara juga dikenal sangat mudah untuk terkena masalah pencernaan. Elemen dosha vata cenderung memiliki kadar cairan lebih rendah sehingga tubuh menjadi lebih kering. Hal inilah yang membuat lapisan membran pada pencernaan atau mucous membrane menjadi kering dan tidak bisa memproteksi lambung. Maka, hal yang bisa dilakukan adalah seringlah mengisi cairan tubuh dengan minum air putih.

Kedua, seseorang dengan elemen dosha pitta memiliki kondisi tubuh yang lebih panas karena memiliki elemen api yang lebih dominan. Bagi, individu dengan dosha pitta akar permasalahan dari sakit maag terjadi karena intensitas emosi, sehingga enzim pada lambung diproduksi lebih banyak dan meningkatkan keasaman atau acidity.  

Berdasarkan hal ini, kita bisa lihat bahwa pada permukaannya, sakit maag memiliki gejala yang terlihat sama. Namun, untuk menyembuhkannya kamu perlu benar-benar memahami akar permasalahannya terlebih dahulu agar melakukan solusi pengobatan yang tepat. 

Baca Juga: Apa itu Leaky Gut dan Bagaimana Mengatasinya?

Disadur dari kanal youtube Zia Kusumawardini, sebagai praktisi ayurveda, membagikan 5 tips untuk menyembuhkan sakit maag dengan cara alami. Tips ini juga bisa kamu lakukan dengan mudah di rumah, lho.

1. Cari tahu Akar Permasalahan

Seperti yang telah dipaparkan diatas, kamu bisa coba mengenali tipe badan kamu dan mengenali apakah sakit maag disebabkan oleh karena emosi dan pikiran atau karena ketidakseimbangan dalam tubuh. 

2. Konsumsi Suplemen Probiotik dan Prebiotik

Suplemen probiotik dapat memperbanyak asupan bakteri baik bagi lambung yang mengembangkan microbiome dalam pencernaan. Semakin beragam bakteri baik dalam lambung akan semakin baik bagi sistem pencernaan kamu.

Sedangkan suplemen prebiotik dapat kamu peroleh dari makanan umbi-umbian dan sebaiknya hindarilah asupan yang tinggi kadar gula serta ultra-processed food.

2. Jauhi Makanan yang Memicu Maag

Pertama asupan yang sebaiknya dijauhi adalah makanan yang meningkatkan panas dalam dan keasaman tubuh seperti gorengan, alkohol, kafein, cabai, blackpepper, dan makanan fermentasi. Kedua, kurangi kadar garam atau makanan dengan dominan rasa asin, karena garam dapat meningkatkan panas yang bisa menyebabkan radang atau meningkatkan panas dalam tubuh.

3. Gunakan Obat Herbal 

Menurut Ayurveda, inilah macam-macam herbal yang dapat memulihkan sakit maag. 6 herbal ini mengatasi sakit maag dari penyebab bakteri H.Pylori serta untuk mendingkan organ tubuh yang meradang atau terjadinya inflamasi.

  • Kunyit - antiinflamasi, antibakterial
  • Bawang putih - antibakteri
  • Madu - antibakterial
  • Daun kelor - memberikan efek cooling down
  • Licorice - memberikan efek cooling down
  • Daun neem - memberikan efek cooling down

4. Gaya Hidup Lebih Sehat

Kedua faktor utama gaya hidup sehat untuk menyembuhkan sakit maag adalah tidur sebelum jam 10 malam dan makan pada jam yang teratur. Pada pukul 22.00 - 02.00, tubuh kita sedang didominisasi elemen dosha pitta atau elemen api yang meningkat secara natural. Tidak heran, terkadang jika pada jam-jam tersebut kita merasa lebih fokus atau aktif kembali. Namun, gunakanlah dosha pitta yang sedang aktif untuk memaksimalkan proses detoksifikasi dari racun dan pemulihan kembali organ-organ tubuh.

Selanjutnya, latihlah diri untuk makan di jam yang teratur setiap harinya, hal ini akan membuat lambung tahu kapan waktunya melepaskan enzim. Ketika kita telat makan, sedangkan lambung telah melepaskan enzim, maka enzim yang seharusnya bekerja mengurai makanan akan mendestruksi lapisan yang di perut.

5. Oleskan Indi Blend

Salah satu cara alami saat sakit maag kumat, Peek.Me Friends juga bisa mencoba oleskan Indi Blend sambil melakukan massage perut searah jarum jam. Indi Blend sebagai minyak oles dengan formulasi minyak atsiri yang ampuh dan aman meredakan sakit maag sekaligus menyehatkan sistem pencernaan kamu.

Indi Blend mengandung Cardamom Oil untuk menghilangkan rasa mual dan Peppermint Oil yang meredakan nyeri serta rasa tidak nyaman saat sakit maag kambuh. Indi Blend dapat digunakan kapan saja, agar aktivitas kamu tetap lancar tanpa sakit maag menghambat!

Sumber:

Zia Kusumawardini

Healthline

#HealthyLittleHabits #HealthyEveryWay

Leave a comment

All comments are moderated before being published

Shop now

WE TAKE CARE OF YOU

Day and Night

Big and Small

Inside and Out