Apa itu Leaky Gut dan Bagaimana Mengatasinya?

Sindrom leaky gut atau kebocoran usus memberikan beberapa gejala yang mungkin tidak kita sadari. Simak apa saja gejalanya dan cara mengatasi leaky gut kamu.

Peek.Me Friends, siapa disini yang sudah tahu istilah ‘leaky gut’? Melansir dari laman Healthline, leaky gut ternyata sempat jadi perhatian para ahli kesehatan di seluruh dunia beberapa tahun terakhir. 

Dikenal dalam istilah medis yaitu ‘intestinal hyperpermeability’, kebocoran usus adalah kondisi ketika dinding usus halus rusak atau bocor dan tidak bisa menghasilkan enzim yang dibutuhkan untuk mencerna makanan dengan sempurna.

Sistem pencernaan kita berfungsi untuk melebur makanan serta memecah nutrisi agar mudah diserap tubuh yang bekerja melalui usus. Disinilah peran usus untuk mengontrol zat-zat berbahaya dan bakteri tidak masuk ke aliran darah. Kebocoran usus membuat partikel-partikel makanan yang belum tercerna sempurna, zat-zat sisa, hingga bakteri masuk ke saluran pembuluh darah dan menyebabkan respon autoimun termasuk inflamasi dan reaksi alergi. 

Nah, disadur dari situs National Library of Medicine, dalam Alterations in intestinal permeability, sindrom leaky gut memiliki beberapa gejala mulai dari permasalahan pencernaan hingga masalah kulit. Kalau Peek.Me Friends sering merasakan hal-hal ini, baiknya untuk mulai aware sebagai sinyal dari tubuh kalian:

  • Perut kembung
  • Sensitif terhadap beberapa makanan
  • Kelelahan
  • Gangguan pencernaan
  • Masalah kulit seperti jerawat, eksim, hingga psoriasis

Pemicu Terjadinya Leaky Gut

Kebocoran dinding usus disebabkan karena aktifnya protein yang disebut zonulin menurut penelitian dari Clinical Gastroenterology and Hepatology, diambil dari halaman Orami. Jika Zonulin aktif maka kita akan rentan dan beresiko lebih tinggi mengalami leaky gut.

Faktor pemicu aktifnya zonulin yaitu karena bakteri serta kandungan gluten pada kondisi genetik tertentu. Faktor lainnya yaitu:

  • Alkohol
  • Kurangnya nutrisi vit A dan D
  • Radang
  • Stres
  • Ketidakseimbangan microbiome usus
  • Pertumbuhan yeast tidak terkontrol

Baca Juga: Gut-Brain-Connection, Alasan Kenapa Stres Menyembabkan Masalah Pencernaan

Cara Atasi Leaky Gut?

Dr Zaidul Akbar, menyatakan tahap pertama untuk mengatasi dinding usus yang bocor yaitu menyembuhkan dan membersihkan usus terlebih dahulu, dipapar dari situs Info Indonesia. Menjaga kesehatan usus dengan makanan & pola hidup yang sehat serta meningkatkan bakteri yang bermanfaat untuk kesehatan pencernaan menjadi kunci mengatasi leaky gut kalian.

4 cara yang bisa diterapkan untuk menjaga kesehatan usus dari leaky gut adalah:

1.Batasi makanan berkarbohidrat rafinasi

Hindari makan berkarbohidrat rafinasi yaitu makanan yang telah melalui berbagai proses atau fast food. Terutama makanan tinggi gula yang akan membuat mikroorganisme lebih cepat berkembang dan memicu kerusakan dinding usus. Contohnya seperti makanan dari tepung (roti putih, kue, es krim) dan minuman dengan gula buatan atau minuman kemasan.

2.Konsumsi suplemen probiotik

Studi manfaat probiotik menyatakan dapat meningkatkan kesehatan pencernaan, suplemen probiotik terbukti dapat mengatasi masalah terkait pencernaan, salah satunya seperti alergi pada makanan tertentu.

3.Tingkatkan makanan berfermentasi

Selain suplemen probiotik, kalian juga bisa mendapatkan asupan probiotik alami dengan makanan yang melalui proses fermentasi seperti yogurt, kimchi, kombucha, minuman kefir, dan lain-lain.

4.Perbanyak makanan berserat

Tentunya makan sehat yang mengandung serat baik untuk dikonsumsi seperti buah-buahan dan sayuran. Sebuah studi menyebutkan makanan berserat berbasis nabati dapat mendorong pengembangan sistem microbiome yang lebih beragam dan stabil dalam usus.

Nah, ketika mengalami leaky gut ini, kalian akan merasakan gangguan pencernaan seperti perut kembung, diare, maag, ataupun mual. Untuk meredakannya, gunakan Indi Blend ya, Peek.Me Friends. Berbasis 100% aromaterapi yang aman dan alami untuk mengurangi permasalahan pencernaan dan menjaga fungsi pencernaan yang sehat. 

Aplikator kemasan Indi Blend dengan bentuk roll on dan spray, memudahkan kamu menggunakan dimanapun dan kapanpun. Cukup oleskan di perut setelah makan dengan gerakan memutar searah jarum jam secara perlahan hingga minyak terserap oleh kulit.

Leaky gut ini bisa menjadi permasalahan serius karena zat-zat berbahaya yang akan disalurkan pada aliran darah. Namun, jika kita mulai gaya hidup sehat dan konsumsi makanan bernutrisi, usus kita dapat kembali sehat bahkan meningkatkan kinerja usus lebih baik. 

Sumber:

Healthline

Orami

Nusantics

#HealthyLittleHabits #HealthyEveryWay

Leave a comment

All comments are moderated before being published

Shop now

WE TAKE CARE OF YOU

Day and Night

Big and Small

Inside and Out