Tertawa Yuk! Inilah Manfaat Tertawa untuk Kesehatan

Tertawa Yuk! Inilah Manfaat Tertawa untuk Kesehatan

Meskipun terkesan sepele, ternyata tertawa menawarkan banyak manfaat untuk kesehatan lho! Kira-kira, apa saja ya?

Saat mendengar, melihat, atau mengalami hal-hal yang lucu, biasanya kita akan langsung meresponnya dengan tertawa. Selain itu, tertawa juga sering terjadi ketika kita sedang merasa gembira dan bersemangat. Dengan tertawa, kita dapat menularkan energi positif pada orang-orang di sekitar kita, selama kita tidak melakukannya secara berlebihan.

Meskipun terkesan sepele, ternyata tertawa menawarkan banyak manfaat bagi kesehatan lho, Peek.Me Friends! Kira-kira, apa saja ya manfaat yang ditawarkan oleh tertawa?

Baca juga: Jaga Kesehatan Mental dengan Melakukan 5 Kegiatan Ini

Tertawa Yuk! Inilah Manfaat Tertawa untuk Kesehatan

Manfaat tertawa untuk kesehatan mental

Sebuah penelitian yang ditulis oleh ilmuwan dari Universitas Sahmyook, Korea Selatan, membuktikan bahwa tertawa menawarkan banyak manfaat bagi kesehatan mental kita. Dalam penelitian tersebut, disebutkan bahwa tertawa dapat menurunkan kadar hormon stres dalam tubuh seperti kortisol dan epinefrin. Selain itu, tertawa juga dapat merangsang pelepasan hormon endorfin yang dapat meredakan stres dan memberikan perasaan bahagia.

Selain dapat meredakan stres, tertawa juga dapat menenangkan perasaan dan menjauhkan diri kita dari emosi negatif. Tidak hanya itu, tertawa juga dapat meningkatkan bonding atau keakraban antara diri kita dengan orang-orang di sekitar.

Tertawa Yuk! Inilah Manfaat Tertawa untuk Kesehatan

Manfaat tertawa untuk kesehatan fisik

Tidak hanya baik untuk kesehatan mental, tertawa pun memberikan manfaat untuk kesehatan fisik. Menurut situs Kementerian Kesehatan Republik Indonesia, tertawa bisa meningkatkan kadar saliva immunoglobulin A, yaitu antibodi penting yang dapat melawan infeksi dan bakteri jahat di tubuh. Jadi, tertawa bisa membuat sistem kekebalan tubuh kita menjadi lebih kuat.

Tidak berhenti sampai di situ, tertawa juga bisa membantu meregangkan otot-otot wajah yang tegang, meningkatkan pasokan oksigen ke dalam tubuh, dan menjaga kesehatan jantung kita. Sebuah penelitian yang diterbitkan dalam International Journal of Obesity pada tahun 2006 bahkan menyatakan bahwa tertawa bisa membakar kalori berlebih dalam tubuh. Dalam penelitian tersebut, disebutkan bahwa tertawa selama 15 menit bisa membakar 10 hingga 40 kalori. Wow!

Bagaimana Peek.Me Friends, ternyata manfaat dari tertawa itu luar biasa kan? Maka dari itu, jangan lupa untuk tertawa hari ini ya! Dan supaya dirimu selalu tenang dan bahagia, jangan lupa juga untuk gunakan inhaler Hello Sunshine dari Peek.Me yang alami dan efektif tenangkan tubuh juga pikiran. 

Sumber:
Very Well Mind

Kementerian Kesehatan Republik Indonesia

#PahamBersamaPeekMe #HidupMenyeluruh #ArahKebaikan

Leave a comment

All comments are moderated before being published

Shop now

WE TAKE CARE OF YOU

Day and Night

Big and Small

Inside and Out