6 Makanan Penyebab Perut Kembung yang Harus Kamu Tahu

6 Makanan Penyebab Perut Kembung yang Harus Kamu Tahu

Ada banyak hal yang dapat memicu terjadinya perut kembung, dan makanan adalah salah satunya. Kira-kira, apa saja ya makanan penyebab perut kembung?

Peek.Me Friends, pernahkah kamu mengalami perut kembung? Kondisi yang satu ini kerap dialami oleh siapa saja dan dapat membuat penderitanya merasa tidak nyaman. Ada banyak hal yang dapat memicu terjadinya perut kembung, dan mengonsumsi jenis makanan tertentu adalah salah satunya.

Melansir dari situs Medical News Today, beberapa jenis makanan dapat meningkatkan produksi gas pada lambung dan menyebabkan perut kembung jika dikonsumsi secara berlebihan. Inilah enam makanan penyebab perut kembung yang harus Peek.Me Friends tahu.

Baca juga: 5 Langkah Mengatasi Perut Kembung pada Bayi

6 Makanan Penyebab Perut Kembung yang Harus Kamu Tahu

1. Kacang-kacangan

Meskipun kaya serat dan mengandung banyak nutrisi, kacang-kacangan rupanya dapat memicu terjadinya perut kembung jika dikonsumsi terlalu banyak. Menurut sebuah studi pada tahun 2020, kebanyakan kacang-kacangan mengandung gula alpha-galactosidase yang sulit untuk dicerna. Selain itu, kandungan serat dalam kacang-kacangan juga dapat meningkatkan produksi gas pada lambung.  

2. Susu dan produk olahannya

Susu dan produk-produk olahannya seperti keju dan yoghurt memanglah kaya kalsium dan protein, namun dapat menyebabkan perut kembung. Susu dan produk olahannya mengandung laktosa, yaitu kandungan gula alami pada susu, yang sulit untuk dicerna oleh lambung. Bila tidak tercerna dengan baik, kandungan laktosa dalam susu dapat menyebabkan perut kembung hingga diare.

3. Minuman bersoda

Minuman bersoda mengandung gas karbon dioksida yang dapat mengisi perut dengan gas. Selain itu, minuman bersoda juga mengandung gula tambahan yang bisa menyebabkan perut kembung. Jadi, lebih baik menghindari minuman bersoda dan beralih ke air putih yang lebih menyehatkan ya, Peek.Me Friends!

4. Brokoli dan kubis

Brokoli dan kubis merupakan jenis sayuran yang tinggi nutrisi dan memiliki banyak manfaat kesehatan. Tapi jika dikonsumsi secara berlebihan, kedua sayuran ini justru dapat menyebabkan perut kembung lho! Sebuah penelitian yang terbit dalam jurnal Nutrients menunjukkan bahwa brokoli, kubis, dan beberapa jenis sayuran cruciferous lainnya mengandung senyawa sulforaphane yang bisa meningkatkan produksi gas pada lambung.

5. Apel

Selain memiliki rasa manis yang enak dan menyegarkan, buah apel juga kaya akan vitamin C dan antioksidan. Tapi jika dikonsumsi terlalu banyak, apel bisa menyebabkan perut kembung lho! Kok bisa?

Melansir dari situs Healthline, kandungan serat dan fruktosa pada apel dapat terfermentasi di dalam usus besar dan menghasilkan gas. Akibatnya, lambung pun akan terisi oleh gas dan terasa kembung.  

6. Bawang bombai

Bawang bombai mengandung serat larut bernama fruktan yang dapat menyebabkan perut kembung. Selain bawang bombai, fruktan juga terkandung dalam bawang putih, daun bawang, dan gandum. Mengonsumsi terlalu banyak makanan dengan kandungan fruktan juga dapat menyebabkan mual hingga diare.

Agar saluran pencernaan Peek.Me Friends selalu sehat dan terhindar dari perut kembung, hindari mengonsumsi enam makanan di atas secara berlebihan ya! Tapi jika perut kembung sudah terlanjur menghampirimu, Peek.Me Friends bisa mengatasinya dengan menggunakan Indi Blend dari Peek.Me. Indi Blend diformulasi secara khusus oleh aromaterapis bersertifikasi internasional untuk mengurangi gejala-gejala masalah pencernaan dan menjaga fungsi pencernaan yang sehat.

Semoga sehat selalu, Peek.Me Friends!

Sumber:
Medical News Today

Healthline

#HidupMenyeluruh #ArahKebaikan

Leave a comment

All comments are moderated before being published

Shop now

WE TAKE CARE OF YOU

Day and Night

Big and Small

Inside and Out