Tren Sustainable Travel; Manfaat & Tipsnya!

Mencoba rasa baru dalam berwisata, sustainable traveling ternyata memiliki banyak manfaat yang menarik dan seru untuk dicoba sebagai opsi liburan akhir tahun. Inilah tips agar perjalanan kamu lebih nyaman dan maksimal!

Ketika kita melakukan traveling, kita menerobos kebiasaan dan rutinitas kita dari biasanya; waktu bangun, list kegiatan, hingga menu makanan. Untuk itu melakukan sustainable travel perlulah kita pahami apa manfaat dan kegiatan yang bisa kita lakukan agar memaksimalkan pengalaman wisata berkelanjutan kalian.

 

Istilah sustainable travel menjadi tren belakang ini, dalam pehamanannya yaitu melakukan perjalanan yang memaksimalkan dampak positif bagi alam, sosial, dan ekonomi pada area yang kita kunjungi. Jadi, sustainable traveling adalah bagaimana perjalanan liburan kita tetap menjaga pelestarian alam, budaya, dan memberikan manfaat bagi ekonomi masyarakat serta komunitas lokal yang ada.

Manfaat melakukan sustainable traveling yaitu, kamu bisa mencoba rasa baru dalam berwisata, berkenalan dengan budaya dan masyarakat sekitar, serta berpartisipasi menjaga lingkungan yang memberikan waktu perjalanan terasa lebih bermakna.

Baca Juga: 6 Tips Agar Tetap Nyaman Selama Perjalanan

Tips Melakukan Sustainable Traveling!

Sustainable traveling akan menjadi tren pariwisata masa depan, maka dengan melakukan tips ini kalian bisa mulai coba menerapkan wisata berkelanjutan dari hal sederhana yang dapat masuk dalam list kegiatan liburan kamu.

1. Gunakan transportasi yang lebih ramah lingkungan

Hasil riset dari Tiket.com bersama Pusdatin Kemenparekraf RI tahun 2023, dilansir dari laman SWA, menyatakan adanya peningkatan sekitar 20% wisatawan memilih menggunakan kereta api untuk perjalanan liburannya.

Dengan memilih transportasi umum, kalian bisa bantu meminimalisir emisi karbon. Hal lainnya yang bisa dilakukan yaitu gunakan sepeda dan berjalan kaki ketika menelusuri tempat wisata, selain dapat mengurangi jejak karbon, kalian juga dapat lebih mengenal tempat wisata sekitar.

2. Meminimalkan sampah 

Salah satu upaya yang bisa dilakukan agar meminimalkan sampah, bawalah tumbler atau travel mug yang dapat diisi ulang,  tas belanja, dan wadah makanan sendiri. Tentunya, jangan membuang sampah sembarang ya, Peek.Me Friends.

3. Pilih akomodasi yang sustainable

Saat ini mulai bermunculan akomodasi yang memiliki sertifikasi atau program berkelanjutan, tempat akomodasi ini menarik untuk kalian coba karena kita bisa sambil belajar praktik sustainable yang mereka lakukan.

4. Mengenal dan menghormati budaya sekitar

Hal yang tak kalah menariknya sekaligus menjaga pelestarian budaya, kalian bisa pelajari norma dan nilai budaya setempat yang dapat memberikan pengalaman unik dan seru.

5. Mendukung ekonomi komunitas lokal

Bentuk dukungan yang dapat kalian lakukan yaitu mengenal komunitas dan bisnis lokal untuk membantu perekonomian setempat sekaligus mengenal masyarakat sekitar. Kegiatan ini juga dapat membawa inspirasi bagi kalian tentang hal-hal kecil yang mungkin sebelumnya belum pernah kita jumpai atau ketahui.

Tips selanjutnya untuk mendukung sustainable traveling kamu, jangan lupa membawa produk Peek.Me yang membantu perjalanan kamu agar lebih maksimal. Inilah rekomendasi produk Peek.Me yang cocok untuk menjadi teman traveling kalian:

Enaken

Inhaler alami membantu mengurangi mabuk dalam perjalanan, sehingga kamu bisa menikmati pengalaman traveling dengan sepenuhnya!

Outdoor Saver

Melindungi kamu dan keluarga, Outdoor Saver diformulasi khusus untuk menjaga dari gigitan nyamuk dan serangga ketika berpetualang di alam. Outdoor Saver buat perjalanan kamu aman dan nyaman.

The Ahh Oil

Setelah perjalanan seharian, oleskan The Ahh Oil, agar mengurangi nyeri otot dan pegal linu selepas berkegiatan. Bangun pagi tanpa sakit badan untuk melanjutkan liburan kamu dengan maksimal.

Sumber:

Superlive

Sahitya.id

#HealthyHappyWorthy #HealthyEveryWay

Leave a comment

All comments are moderated before being published

Shop now

WE TAKE CARE OF YOU

Day and Night

Big and Small

Inside and Out