Melatih Mindfulness untuk Tingkatkan Kreativitas!

Otak kita terbagi dalam 2 fungsi; Thinking Mind & Awareness Mind, melatih mindfulness adalah metode untuk mengakses area awareness mind kita yang ternyata dapat membuat kita berpikir sesuatu hal dengan lebih luas dan kreatif. Salah satu metode mindfulness ala Steve Jobs yang bisa bantu tingkatkan cara berpikir kreatif kita, penasaran? Cari tahu, yuk!

Berpikir kreatif adalah saat kita dapat mengolah solusi dari suatu permasalahan dengan menciptakan atau menghadirkan gagasan, konsep, dan nuansa terbarukan yang selaras dan belum ada sebelumnya. Meskinpun saat ini rasanya tidak ada hal baru dibawah matahari, kreativitas akhirnya bisa jadi tidaklah original, untuk itu ide kreatif bisa dikatakan merupakan pengembangan dari ide-ide yang melawan tatanan dasar atau groundbreaking ideas.

Adjie Santosoputro, praktisi kesehatan mental & mindfulness, memaparkan dalam videonya di acara Ecocreation (Selasa 20:11), ia menyatakan mindfulness merupakan latihan untuk mengakses otak kita dalam area awareness mind

Menurut riset dari Scientific American, mengatakan metode meditasi telah terbukti meningkatkan daya kerja neuroscience atau saraf otak yang mempengaruhi keseimbangan tubuh dan mental sejak dahulu kala.

Baca Juga: Apa Arti Hidup Holistik? 4 Cara Ini Membawamu Pada Jawabannya

Latihan Meditasi Ala Steve Jobs!

Salah satu cara melatih mindfulness yaitu melalui teknik meditasi. Diambil dari laman Inc., menjelaskan tips metode meditasi ini kurang lebih mendekati teknik meditasi yang dilakukan Steve Jobs untuk mengembangkan proses berpikir kreatif yang membuat Apple hadir dengan banyak terobosan dan inovasi. Yuk, langsung simak Peek.Me Friends:

  1. Duduk bersila di tempat yang tenang, gunakan bantal rendah untuk membuat punggung lebih rileks dan tariklah napas dalam–dalam.
  2. Pejamkan mata, jika kamu baru pertama kali melakukan ini, tentunya pikiran dalam benak kita tidak bisa terkontrol dengan baik. Terkadang, begitu bising dengan celotehan dari ‘monkey mind’ kita, alias pikiran yang meloncat-loncat dan berputar. Tenang ya Peek.Me Friends, tidak apa-apa jika kamu masih merasa seperti ini, ingat coba lakukan hal ini selama 5 menit dalam satu minggu ya.
  3. Setelah seminggu, kamu akan merasa dapat berpikir secara lebih perlahan dan tenang. Jika kalian ingin lebih mendalami, alihkan perhatian kita untuk melihat, mendengar, dan merasakan hal-hal di sekitar kita. Ini disebut dengan istilah ‘ox mind’, yaitu ketika otak kita dapat berpikir lebih perlahan dan mendalam, meskipun bagian pikiran kita lainnya masih terburu-buru dan tidak tenang.
  4. Ketika melatih diri kita dalam meditasi, rasanya seperti setiap tarikan napas terasa begitu lama. Ketika melakukan ini secara rutin, kalian akan merasa dunia seperti terlihat baru dan membuat kita dapat melihat lebih luas dibandingkan dengan thinking mind kita saja yang bekerja.

Menurut hasil penelitian dari hasil pengalaman melakukan meditasi ini memberikan 3 hal bernilai yaitu; mengurangi stres, membantu tidur lebih mudah, membuat pikiran lebih jenis hingga kreativitas dapat lebih terpetakan.

Peek.Me Friends, untuk kalian yang ingin melatih mindfulness  agar dapat mengembangkan otak berpikir kreatif kalian, maka cobalah essential oil blends dari Peek.Me: EO Blend Mindfulness!

Campuran minyak atsiri dalam Mindfulness membantu kamu fokus untuk hadir di present moment dan melawan banyaknya distraksi. Sangat cocok digunakan untuk menemani meditasi atau waktu ‘me time’ kalian. Essential oil blends yang praktis dan dapat kalian gunakan langsung untuk hidup yang lebih mindful!

Sumber:

Inc.

Scientific American

Adjie Santosoputro

#HealthyLittleHabits #HealthyEveryWay

Leave a comment

All comments are moderated before being published

Shop now

WE TAKE CARE OF YOU

Day and Night

Big and Small

Inside and Out