Udara Dingin Bikin Kulit Kering dan Gatal? Atasi dengan 5 Cara Ini

Udara Dingin Bikin Kulit Kering dan Gatal

Udara yang dingin sering kali membuat kulit menjadi lebih kering, mudah mengelupas, dan juga mudah gatal. 

Udara dingin yang disebabkan oleh hujan atau embusan AC sering kali memicu berbagai permasalahan pada kulit. Meskipun terasa nyaman bagi sebagian orang, udara dingin ternyata bisa membuat kulit menjadi lebih mudah kering dan gatal lho! Kok bisa?

Melansir dari Dallas Derm Center, saat udara dingin, kelembapan udara cenderung menurun. Udara dingin yang kering dapat menarik kelembapan dari kulit dan membuatnya menjadi lebih kering. Selain itu, angin yang berembus ketika udara dingin juga dapat merusak lapisan perlindungan alami kulit. Akibatnya, kulit akan menjadi kering, kehilangan elastisitas, dan lebih mudah merasakan gatal. 

Supaya kulit tetap sehat, lembap, dan terbebas dari rasa gatal meskipun udara sedang dingin dan kering, Peek.Me Friends bisa mencoba lima cara di bawah ini:

Baca juga: Mengenal Eksim Kering: Gejala, Penyebab, dan Cara Mengatasinya

Udara yang dingin sering kali membuat kulit menjadi lebih kering, mudah mengelupas, dan juga mudah gatal.

1. Gunakan pelembap kulit secara rutin

Salah satu cara utama untuk mengatasi kulit kering dan gatal ketika udara dingin adalah dengan menggunakan pelembap kulit secara rutin. Pilihlah pelembap yang aman, alami, dan bebas dari penggunaan zat kimia sintetis agar kulit tetap sehat dan lembap, seperti Lotion Stick dari Peek.Me.

Lotion Stick adalah pelembap kulit berbahan dasar natural yang efektif dalam mengatasi kulit kering, menjaga kelembapan kulit, dan juga bisa mengurangi gatal dan merah-merah pada kulit. Terbuat dari campuran bahan-bahan alami seperti beeswax, shea butter, dan minyak atsiri, Lotion Stick aman digunakan oleh bayi di atas 6 bulan, ibu hamil, dan ibu menyusui.

2. Jaga tubuh agar tetap terhidrasi

Pastikan untuk minum cukup air setiap hari, terutama saat cuaca dingin di mana kelembapan kulit cenderung berkurang. Air dapat membantu menjaga elastisitas dan kelembapan kulit, sehingga kulit akan terhindar dari rasa kering dan gatal. 

3. Menggunakan humidifier

Humidifier merupakan alat yang dapat membantu meningkatkan kelembapan udara di dalam ruangan. Saat udara di sekitar kita cenderung kering dan dingin, humidifier dapat menyeimbangkan kelembapan dalam ruangan dan mencegah kulit untuk menjadi kering dan kasar. Letakkan humidifier di kamar tidur atau di ruang kerja untuk mendapatkan hasil yang optimal.

4. Gunakan pakaian yang lembut 

Menggunakan pakaian yang tepat juga bisa membantu menjaga kesehatan kulitmu lho, Peek.Me Friends! Saat cuaca dingin, pastikan kamu mengenakan pakaian yang lembut dan tidak mengiritasi kulit. Pilihlah pakaian berbahan katun yang dapat membuat kulitmu nyaman seharian dan terbebas dari rasa gatal.

5. Pilih sabun mandi yang tepat

Sabun mandi dengan kandungan bahan kimia keras dapat menghilangkan minyak alami kulit, sehingga bisa membuat kulit menjadi kering dan rentan terhadap gatal. Maka dari itu, pilihlah sabun mandi yang lembut dan bebas pewangi agar kulit tetap terjaga kelembapannya.

Nah, itulah beberapa cara yang bisa kamu coba untuk mengatasi kulit kering dan gatal ketika udara dingin melanda. Sekali lagi, jangan lupa untuk selalu menyediakan Lotion Stick kapan pun dan di mana pun agar kulit selalu sehat dan lembap ya!

Sumber:

Verywell Health

Klikdokter

Halodoc

#HidupMenyeluruh #ArahKebaikan

 

Leave a comment

All comments are moderated before being published

Shop now

WE TAKE CARE OF YOU

Day and Night

Big and Small

Inside and Out