Varises Berbahaya, Mitos atau Fakta?

Beberapa ahli bilang varises tidak berbahaya, tapi sebagian yang lain mengatakan varises perlu diwaspadai. Jadi, mana yang betul ya?

Bagi kamu yang sedang cemas karena memiliki varises, informasi yang kontradiktif ini pasti bikin bingung. Yuk, kita kupas tuntas, apakah sebenarnya varises bisa membahayakan? Baca sampai habis ya!

Definisi varises

Varises adalah kondisi saat pembuluh vena kita tidak mampu mengembalikan darah ke jantung, sehingga terjadi penumpukan dan pelebaran pembuluh darah. Ini menyebabkan pembuluh darah jadi menonjol dan terlihat lebih nyata. Kondisi ini lebih rentan dialami wanita dan orang-orang dengan berat badan berlebih, serta orang-orang yang lebih banyak duduk daripada bergerak.

Apakah varises berbahaya?

Selain mengganggu penampilan, varises juga bisa menimbulkan rasa sakit atau keram karena bengkak. Meskipun kondisi ini saja tidak berbahaya, tapi kalau tidak ditangani atau diobati bisa terjadi komplikasi (meskipun kasus seperti ini sangat jarang). Menurut KlikDokter, ini yang bisa terjadi kalau varises ngga segera ditangani:

  • Perdarahan, terutama kalau ada benturan atau luka di area varises
  • Deep vein thrombosis (DVT) yang bisa berisiko fatal seperti emboli pulmoner alias penyumbatan darah di paru-paru
  • Peradangan pada pembuluh vena atau phlebitis yang membuat nyeri, bengkak, dan kulit terasa panas
  • Membuat aliran darah yang kembali ke jantung tidak lancar, sehingga mengganggu pertukaran oksigen, nutrisi, dan sisa metabolisme
  • Eksim varises yang membuat area varises jadi merah dan bersisik
  • Borok pada vena karena penumpukan cairan di bawah area kulit

Beberapa hal di atas sangat mungkin terjadi kalau varises yang kamu miliki tidak segera ditangani dengan beberapa aktivitas dan alat bantu yang bisa membantu mengobati varises. Beberapa di antara cara untuk menangani varises adalah dengan memperbaiki pola hidup ke arah yang lebih sehat, menurunkan berat badan, lebih aktif bergerak, dan berhenti merokok.

Baca Juga: 4 Alasan Kenapa Kamu Perlu Beralih ke Produk Natural

Apakah varises bisa sembuh?

Kita bisa mengobati dan mengurangi varises, tapi sayangnya varises tidak bisa disembuhkan secara total. Hal ini karena saat kita mengalami varises artinya pembuluh vena kita sudah rusak, sehingga yang bisa dilakukan adalah mengurangi penampakan dan gejalanya, serta menjaga agar tidak semakin parah. Jalan satu-satunya untuk menghilangkan varises adalah dengan tindakan operasi. Namun, apabila pola hidup kita tidak diatur dengan baik, varises akan dengan mudah kembali terlihat.

Simpulan

Varises disebabkan pembuluh vena yang rusak, dan ini membuat pembuluh darah melebar dan terlihat semakin nyata. Meskipun pada umumnya varises tidak berbahaya, kalau tidak ditangani bisa menimbulkan komplikasi yang bukan hanya mengganggu tapi juga fatal. Lakukan perubahan pola hidup untuk menjaga agar varisesmu tidak bertambah parah dan bisa memudar.

Leave a comment

All comments are moderated before being published

Shop now

WE TAKE CARE OF YOU

Day and Night

Big and Small

Inside and Out