Waduh! 5 Makanan "Sehat" Ini Ternyata Tinggi Kandungan Gula!

Waduh! 5 Makanan "Sehat" Ini Ternyata Tinggi Kandungan Gula!

Saat ini, ada banyak produk makanan yang mengeklaim sebagai makanan "sehat". Tapi sebenarnya, tidak sedikit dari makanan "sehat" tersebut mengandung kadar gula yang tinggi lho!

Produk makanan “sehat” dalam kemasan instan kini semakin mudah dijumpai di pasaran. Tidak hanya praktis, makanan-makanan tersebut juga dipercaya kaya akan serat dan nutrisi sehingga kerap dijadikan alternatif makanan sehat oleh banyak orang. Namun di balik kepraktisannya, tahukah kamu bahwa makanan-makanan berlabel sehat tersebut sebenarnya tinggi akan kandungan gula?

Seorang ahli gizi dari Robert Gordon University Skotlandia, Helen West, menjelaskan dalam situs Healthline bahwa  beberapa produk makanan yang mengaku sebagai makanan "sehat” dan “rendah lemak" justru mengandung lebih banyak gula daripada produk biasa. Alih-alih menyehatkan, makanan “sehat” tersebut justru dapat menyebabkan permasalahan kesehatan baru jika dikonsumsi terlalu sering.

Kira-kira, apa saja sih makanan “sehat” yang sebenarnya tinggi akan kandungan gula? Daripada penasaran, yuk simak penjelasan di bawah ini!

Baca juga: Sering Merasa Lapar? Cari Tahu Penyebabnya di Sini!
Saat ini, ada banyak produk makanan yang mengeklaim sebagai makanan "sehat". Tapi sebenarnya, tidak sedikit dari makanan "sehat" tersebut mengandung kadar gula yang tinggi lho!

1. Granola

Granola sering kali dianggap sebagai makanan sehat yang rendah lemak. Padahal, kebanyakan granola yang ada di pasaran mengandung gula dalam jumlah yang tinggi dan sudah melalui banyak proses pengolahan. Dalam 100 gram granola, biasanya terkandung sekitar 5-7 sendok teh gula dan 400-500 kalori.

2. Minuman Olahraga

Minuman olahraga sering dianggap sebagai pilihan yang sehat, tetapi sebenarnya minuman ini mengandung banyak gula tambahan. Sebotol minuman olahraga rata-rata mengandung sekitar 37,9 gram gula tambahan dan 198 kalori, setara dengan 9,5 sendok teh gula. Lebih baik memilih air putih sebagai minuman saat berolahraga.

3. Sereal

Sereal adalah makanan sarapan yang populer, tetapi tidak semua sereal menyehatkan dan rendah gula. Pastikan untuk selalu memeriksa label nutrisi dan pilihlah sereal yang tinggi serat serta tidak mengandung gula tambahan.

4. Yoghurt rendah lemak

Kebanyakan dari yoghurt rendah lemak memiliki kandungan gula lebih tinggi karena perlu ditambahkan gula untuk meningkatkan rasanya. Biasanya, satu cangkir yoghurt rendah lemak mengandung sekitar 45 gram gula, setara dengan 11 sendok teh gula!

5. Jus buah

Jus buah memang terlihat menyehatkan, tetapi sebenarnya mengandung gula dalam kadar yang tinggi. Beberapa buah memiliki kandungan gula yang cukup besar, dan ketika dijadikan jus, jumlah gulanya akan sama dengan minuman bersoda. Oleh karena itu, lebih baik mengonsumsi buah secara langsung daripada dalam bentuk jus.

Supaya tubuh tetap sehat, pastikan untuk selalu mengonsumsi makanan-makanan asli atau real food agar kandungan nutrisinya tetap utuh terjaga. Selain itu, hindari juga kebiasaan makan secara berlebihan ya! Peek.Me Friends juga bisa mencoba inhaler Bye Bye Laper dari Peek.Me agar terhindar dari kebiasaan ngemil dan makan berlebih.

Sumber:

Healthline

#HidupMenyeluruh #ArahKebaikan

Leave a comment

All comments are moderated before being published

Shop now

WE TAKE CARE OF YOU

Day and Night

Big and Small

Inside and Out