5 Cara Manajemen Stres, Efektif Redakan Stres!

Skill yang harus dipelajari karena akan mengubah kamu jadi lebih positif dan optimis! Inilah tips melakukan 'Manajemen Stres' agar terhindari dari dampak stres setiap harinya!

tres adalah respon alami manusia yang tidak terhindarkan, setiap hari ini kita pasti terpapar dengan hal-hal yang memicu stres. Sehingga, bebas dari stres sepenuhnya tentu tidak realistis, namun setidaknya kamu dapat mengelolanya agar tidak mengakibatkan kelelahan, burnout, ataupun naiknya asam lambung. 

Stres tidak bisa kita hindari, namun dampak stres pada tubuh dan mental kita bisa kita hindari. Seperti kita tahu, stres disebut juga sebagai ‘silent killer’--- terkadang saat penuh kesibukan, kita acap kali abai dan tidak sadar mengalami stres. Mungkin Peek.Me Friends pernah merasakan ketika asam lambung naik, baru kita sadar bahwa mungkin kita sedang stres? 

Nah, itulah manfaat dari melakukan ‘Manajemen Stres’, yaitu melatih diri melalui rangkaian teknik atau cara untuk menganalisa pemicu stres, meredakan stres dengan efektif, dan bantu kita bisa berpikir jernih untuk mengambil solusi tindakan positif dalam mengatasi stres.

Stres pada setiap orang tentunya berbeda-beda, sehingga begitu penting buat dapat mengetahui sinyal-sinyal saat kamu mengalami stres. Jangan sampai kita baru sadar merasakan stres ketika tingkat stres kira telah di tahap stres akut. Beberapa sinyal umum yang biasanya muncul ketika kita stres, yaitu:

  1. Kesulitan tidur
  2. Kenaikan berat badan atau penurunan berat badan
  3. Sakit perut
  4. Sifat lekas marah
  5. Serangan panik
  6. Sakit kepala
  7. Kesulitan berkonsentrasi
  8. Tangan atau kaki berkeringat
  9. Maag
  10. Tidur berlebihan
  11. Isolasi sosial
  12. Kelelahan
  13. Mual
  14. Merasa kewalahan
  15. Perilaku obsesif dan kompulsif

Kalau kalian merasakan hal-hal ini, baiknya untuk mengidentifikasi kondisi stres dengan mulai lakukan manajemen stres.

Baca Juga: Gut-Brain-Connection, Alasan Kenapa Stres Menyembabkan Masalah Pencernaan

Lakukan Manajemen Stres Agar Mental Tetap Sehat

Melansir dari laman Gramedia, menurut The American Psychological Association ada beberapa tips yang bisa dilakukan untuk mendukung kamu merencanakan atau melakukan manajemen stres.

1. Pahami kondisi stres

Identifikasi sumber stres kamu dengan melakukan track dari kebiasaan, perilaku, ataupun faktor eksternal. Tuliskan apa saja pemicunya, berapa lama kamu telah merasakan hal tersebut, dan apakah kita menyalahkan situasi atau orang lain

2. Belajar kenali sinyal stres kamu

Kita semua punya ‘alarm’ sendiri ketika merespon situasi yang membuat kita stres. Tuliskan sinyal atau gejala stres kamu, misalnya: asam lambung naik, tiba-tiba sering cranky tanpa alasan, sering merasa low-energy, dan lain sebagainya.

3. Terapkan strategi manajemen stres yang sehat

Kenali hal yang dapat menenangkan diri kamu, salah satu tips yang bisa dilakukan yaitu cari aktivitas yang membuat kamu ‘Flow’---yaitu kegiatan yang bikin kita fokus sepenuhnya serta memberikan rasa damai dan mengalir. Contohnya seperti; menjahit, baca buku, memasak, dan lain-lainnya.

4. Membuat action plan

Ketika kita stres, sering kali kita merasa ‘losing sense of control’ atau tidak berdaya dan tidak berguna. Hal ini akan membuat kamu lebih frustasi, buatlah perencanaan kegiatan, rutinitas, atau perilaku yang menciptakan perubahan positif. 

Sesederhana membuat rencana jadwal olahraga, meskipun hal tersebut tidak bersangkutan dengan pemicu stres kamu, namun adanya rasa ‘kontrol’ dan ‘empower’ akan membuat kamu lebih percaya diri.

5. Belajar meredakan stres dengan cepat

Terkadang stres dapat terjadi di situasi penuh tekanan namun kita harus tetap menjalankan tanggung jawab. Salah satu cara mengelola stres dengan cepat yaitu dengan menarik napas yang dalam secara perlahan, lalu rasakan apa yang kamu lihat, dengar, dan sentuh. 

Setelah melakukan ini, kamu akan dapat merasa lebih tenang dan fokus pada diri sendiri. Jangan lupa, sambil menghirup Mellow Free yang akan optimalkan stres kamu reda lebih cepat. Aroma citrus dan floral dari Sweet Orange EO, Cananga EO, dan Lavender EO menyegarkan pikiran serta memberikan efek menenangkan. 

Hirup yang dalam inhaler Mellow Free pada sebelah hidup dan pastikan sebelah hidung lainnya ditutup. Lalu, hirup pada sisi lainnya dan lakukan sebanyak 2 kali. Efek akan terasa selama 10-30 menit setelah pemakaian. Kamu juga bisa menghirup Mellow Free ketika sedang merasa overthinkingdraining, atau penuh tekanan.

Inhaler alami untuk menemani kamu mengelola stres setiap harinya dan mendorong diri untuk lebih positif dan optimis menjalani pekerjaan dan semua kegiatanmu!

#HealthyLittleHabits #HealthyEveryWay

Sumber:

Gramedia

HelpGuide

Leave a comment

All comments are moderated before being published

Shop now

WE TAKE CARE OF YOU

Day and Night

Big and Small

Inside and Out