Gut-Brain-Connection, Alasan Kenapa Stres Menyembabkan Masalah Pencernaan

Rasanya tidak asing lagi, bahwa stres dapat memicu asam lambung naik, betul tidak Peek.Me Friends? Karena stres berada pada kondisi mental, sedangkan asam lambung terasa pada tubuh fisik kita, sehingga mengobati asam lambung tidak cukup hanya mengobati kesehatan tubuh.

Di kolom blog Peek.Me kali ini, kita akan membahas sebenarnya kenapa asam lambung atau gerd menjadi gejala ketika kita mengalami stres? Lalu, mengapa makan sehat dapat berhubungan dengan kesehatan mental kita?

"Bahkan sebuah penelitian dari hasil survei online, menunjukkan 57,6 persen dari 2045 responden di Indonesia memenuhi kriteria gerd," papar  Spesialis Penyakit Dalam Dr dr Saptino Miro Sp.PD-KGEH, FINASIM, dilansir dari kolom berita ANTARA.

Adjie Santosoputro, sebagai praktisi mindfulness dan kesehatan mental, menyatakan bahwa otak kita terhubung dengan usus sebagai saluran pencernaan melalui sistem komunikasi yang disebut dengan: Gut Brain Axis. Kedua organ ini terhubung baik secara fisik maupun biokimia dalam jumlah dan cara yang berbeda.

Baca Juga: Mengenal Maag dan GERD, Apa Sih Itu?

Koneksi otak dan usus, terbukti dari adanya 500 juta neuron di usus yang terhubung ke otak melalui sistem saraf kita. Sedangkan, neuorotransmiter yang merupakan bahan kimia untuk mengontrol perasaan dan emosi di otak juga di produksi di usus kita ooleh sel-sel usus dan triliun mikroba yang hidup disana. Triliunan mikroba yang hidup di usus juga menghasilkan bahan kimia lain yang memengaruhi cara kerja otak.

Mengubah jenis bakteri di usus maka kesehatan otak kita dapat ditingkatkan. Oleh karena itu, makanan yang mengandung omega-3, probiotik, dan makanan fermentasi bisa meningkatkan kesehatan usus yang mungkin bermanfaat bagi poros organ usus-otak kita.

Jadi, ketika pencernaan kita sehat, dapat membantu mengurangi stres, begitu juga sebaliknya. Itulah mengapa, kedua organ ini saling mempengaruhi kesehatan satu sama lain. 

Untuk itu, jangan lupa selalu membawa inhaler alami Mellow Free dari Peek.Me!

Hirup Mello Free kapanpun kamu merasa tertekan, inhaler berbasis aromaterapi dengan kandungan hero ingredients dari essential oil Sweet Orange, Cananga, dan Lavender yang berfungsi untuk meredakan stres berkepanjangan serta membuat pikiran lebih relaks. Solusi bebas stres yang mudah kamu bawa kemana saja!

Sumber:

Healthline

Adjie Santosoputro

ANTARA

#HealthyLittleHabits #HealthyEveryWay

Leave a comment

All comments are moderated before being published

Shop now

WE TAKE CARE OF YOU

Day and Night

Big and Small

Inside and Out