Puasa Justru Bikin Lebih Produktif? Inilah Tipsnya!

Ragu buat produktif saat puasa? Tau gak, ternyata berpuasa justru bisa buat lebih produktif, lho. Simak tipsnya agar kamu bisa produktif dengan sehat, aman, dan optimal!

Ketika tahu akan berpuasa, kamu cenderung lebih membatasi pekerjaan dan kegiatan atau semuanya tetap dilakukan dengan porsi yang sama ketika tidak berpuasa?

Mungkin kita semua ingin waktu puasa juga tetap bisa produktif dengan maksimal. Sebelumnya, mari kita lihat makna dari kata 'produktif' itu sendiri, yaitu; saat kita memiliki tujuan, rencana yang jelas, rasa tanggung jawab, dan motivasi menyelesaikan pekerjaan. Ternyata, secara ilmiah dikatakan bahwa puasa justru jadi solusi untuk mengalahkan hal-hal yang membuat kamu draining dan tidak produktif.

Mengapa puasa justru tingkatkan produktivitas? Dilansir dari laman Siloam Hospital, memaparkan ada 2 hal yang terjadi pada tubuh kita secara alami saat berpuasa:

1. Meningkatkan fungsi otak

Adanya produksi protein berperan dukung keseimbang saraf yang mendorong sel punca (sel induk) di otak mengeluarkan sel-sel saraf baru dengan berbagai reaksi kimia yang berdampak untuk melindungi sel otak. Fungsi daya ingat, konsentrasi, dan fokus jadi lebih baik.

2. Jaga kesehatan mental

Manfaat kedua yaitu mood cenderung lebih baik dan kita lebih dapat atasi stres, hal ini dikarenakan saat berpuasa produksi hormon kortisol dalam kelenjar adrenal lebih stabil. 

Tentunya, kedua manfaat akan dirasakan dan dukung produktivitas kamu jika dibarengi dengan asupan bernutrisi, istirahat yang cukup, dan cara manajemen yang baik. Untuk itu, yuk langsung cek cara kelola diri buat tetap produktif di kala puasa!

Baca Juga: 5 Konsep Pengembangan Diri Buat Tingkatkan Produktivitas Kamu!

Cara Tetap Produktif Selama Puasa!

Meski seharusnya puasa dapat buat produktivitas meningkat, namun terkadang nyatanya kita sering merasa badan lemas, kurang bisa konsentrasi, dan malah lebih mager. 

Nah, untuk itu kita tetap perlu melakukan beberapa tips agar waktu puasa jadi lebih disiplin, jelas, dan minim dari distraksi agar lebih produktif dengan aman dan optimal. Simak tipsnya, yuk:

Menyadari Pola Berpikir Kita

Saat puasa kita lebih aware pada apa yang dipikirkan dan dilakukan. Kesadaran ini membuat kita memperhatikan hal-hal detail yang mungkin pada biasanya tidak sadar kita abaikan. Jadi, sangat baik untuk kamu membuat to-do list yang disertakan jadwal perjamnya.

Makan Asupan Bernutrisi

Meskipun berpuasa terkadang craving makanan lebih mudah terasa, namun dengan pola asupan yang lebih seimbang buat tekanan darah, kadar gula, serta level energi kita lebih baik. Jadi, kamu tidak merasa lemas, kliyengan, atau dehidrasi ketika sedang fokus bekerja.

Manfaatkan Waktu Break ‘Ngopi’ 

Waktu break ‘ngopi’ disini adalah waktu yang biasanya kamu lakukan untuk ngemil makanan atau merokok atau hal-hal yang distraksi diri kami. Ketika puasa, jika manfaat waktu tersebut dialokasikan untuk menyelesaikan pekerjaan lebih cepat kamu bisa menghemat waktu 15-30 menit, lho. 

Hindari Distraksi Kamu

Alasan utama dari prokrastinasi yang menyebabkan kita kurang produktif adalah distraksi-distraksi kecil. Agar tetap fokus dan konsentrasi pada apa yang kita kerjakan hingga selesai adalah bisa mengelola hal-hal yang mendistraksi kita. Tips yang bisa kamu lakukan adalah menaruh kondisi handphone pada silent mode dan hindari scroll layar handphone pada hal-hal yang tidak berkenaan dengan pekerjaan terlebih dahulu. 

Set Jadwal Istirahat yang Cukup

Waktu istirahat sama pentingnya dengan pola makan ketika berpuasa. Menurut riset, salah satu hal yang dialami saat bulan puasa adalah insomnia. Terutama jika sulit tidur dan akhirnya begadang agar tidak terlewat waktu sahur, akhirnya kurang tidur saat di kantor. 

Tanpa istirahat yang cukup, fungsi kognitif atau berpikir kita berkurang dan bisa menimbulkan brain fog, pikiran tidak jernih, hingga stres. Dampak lainnya yaitu, suasana hati jadi berantakan, tekanan darah meningkat, dan berat badan lebih cepat naik.

Merupakan hal sepele namun sangat berpengaruh untuk produktivitas kamu. Oleh karena itu, sediakan Rock A Bye di dekat tempat tidurmu, ya! Roll on minyak aromaterapi Rock A Bye mengandung Roman Chamomile essential oil yang memberikan relaksasi total untuk bantu atasi insomnia atau kamu yang sulit tidur. 

#HealthyLittleHabits #HealthyEveryWay

Sumber:

Siloam Hospital

LingoTalk

Leave a comment

All comments are moderated before being published

Shop now

WE TAKE CARE OF YOU

Day and Night

Big and Small

Inside and Out