5 Cara Mudah Meredakan Nyeri Haid Secara Alami

Meredakan nyeri haid ternyata bisa dilakukan dengan cara yang mudah dan alami. Simak penjelasan di bawah ini untuk tahu cara-caranya.Meredakan nyeri haid ternyata bisa dilakukan dengan cara yang mudah dan alami. Simak penjelasan di bawah ini untuk tahu cara-caranya.

Sebagian wanita menganggap haid sebagai momen yang menyiksa. Hal ini dikarenakan haid sering kali disertai dengan rasa nyeri pada perut dan pinggang, perubahan mood, dan ketidaknyamanan fisik lainnya. Melansir dari situs kesehatan NHS, rasa nyeri dan tidak nyaman tersebut umumnya disebabkan oleh otot rahim yang berkontraksi dan perubahan hormon.

Meskipun menyakitkan dan dapat menghambat aktivitas, nyeri haid sebenarnya bisa diredakan dengan cara yang sederhana lho! Berikut ini adalah lima cara mudah meredakan nyeri haid secara alami yang bisa kamu coba:

Baca juga: Manfaat Jahe untuk Kesehatan, Redakan Mual Hingga Tingkatkan Imun

Meredakan nyeri haid ternyata bisa dilakukan dengan cara yang mudah dan alami. Simak penjelasan di bawah ini untuk tahu cara-caranya.

1. Minum cukup air putih

Minumlah air putih dalam jumlah yang cukup untuk membantu menghidrasi dan menjaga keseimbangan cairan di dalam tubuh. Selain itu, minum cukup air putih juga dapat meningkatkan aliran darah dan mengendurkan otot rahim. Hal ini dapat mengurangi nyeri haid yang disebabkan oleh kontraksi rahim.

2. Lakukan olahraga ringan

Meskipun terkadang sulit untuk bergerak saat haid, olahraga ringan seperti berjalan atau yoga dapat membantu meningkatkan sirkulasi darah dan meredakan nyeri haid. Berolahraga juga dapat melepaskan hormon endorfin yang bisa memberikan rasa bahagia, mengurangi rasa sakit, dan mengendurkan otot rahim.

3. Gunakan kompres hangat

Kompres hangat dapat membantu meredakan rasa sakit dan ketidaknyamanan saat haid. Kamu bisa menggunakan botol air hangat atau handuk yang direndam dalam air hangat, lalu letakkan pada perut atau bagian tubuh yang terasa sakit.

4. Minum teh jahe

Sebuah penelitian yang terbit pada tahun 2015 membuktikan bahwa mengonsumsi jahe dapat meredakan nyeri haid dengan efektif. Selain itu, rempah yang satu ini juga memiliki kinerja yang sama seperti asam mefenamat serta ibuprofen. Maka dari itu, kamu bisa minum teh jahe sebagai solusi alternatif untuk meredakan nyeri haid.

5. Oleskan Miss Montpain dari Peek.Me

Meredakan nyeri haid secara alami juga bisa dilakukan dengan mengoleskan essential oil blend Miss Montpain dari Peek.Me. Miss Montpain diformulasi khusus oleh aromaterapis bersertifikat internasional dan terbuat dari bahan-bahan alami yang aman serta efektif. Untuk menggunakannya, cukup oleskan Miss Montpain pada perut dan punggung bagian bawah (area rahim), lalu pijat searah jarum jam sampai meresap.

Dengan mencoba lima cara di atas, niscaya kamu bisa merasakan haid yang lebih nyaman dan bebas nyeri. Namun jika kondisimu tidak kunjung membaik setelah mencoba cara-cara tersebut, segera periksakan dirimu pada dokter untuk mendapatkan penanganan lebih lanjut ya!

Sumber: Health Partners

#HidupMenyeluruh #ArahKebaikan

Leave a comment

All comments are moderated before being published

Shop now

WE TAKE CARE OF YOU

Day and Night

Big and Small

Inside and Out