5 Konsep Pengembangan Diri Buat Tingkatkan Produktivitas Kamu!

Ternyata produktif itu sebuah skill yang bisa kita latih, lho. Cari tahu 5 tips buat pengembangan diri kamu yang bisa bikin produktivitas kamu meningkat!

Sering nggak kalian ngerasa cemas dan overthinking sama target yang belum tercapai atau penjualan yang belum closing, tapi sudah mendekati quarter 1? Akhirnya, kita harus push diri untuk lebih produktif biar nggak kena semprot atasan pas evaluasi nanti.

Nah, sebelum kamu fokus sama target dan goals yang ingin dicapai, biar nggak stres dan produktivitas kamu makin oke, cobalah upgrade skill untuk bisa produktif dengan efektif! Kita nggak pernah diajarin buat belajar dan bekerja secara efektif, padahal waktu kamu latih skill ini memampukan kita menghemat waktu dan energi serta mengoptimalkan kinerja kita. 

Sebelumnya kita pahami terlebih dahulu apa sih sebenernya produktivitas itu? Supaya kamu bisa produktif dengan tepat dan capai target yang udah di set. Melansir dari laman GreatNusa, produktivitas merupakan proses upaya dan daya produksi kita untuk menghasilkan pekerjaan yang optimal. 

Waktu kamu ingin produktif, berarti kamu perlu menyadari bahwa itu memerlukan konsistensi, disiplin, dan tekad kuat untuk berada di jalur mencapai tujuan atau goals. Intinya, produktif itu membuat kamu mendapatkan hasil yang diinginkan dalam waktu yang cepat. Namun, sering kali kita terjebak dalam toxic productivity yang bikin kamu malah jadi burnout dan stres.

Jadi, mengasah atau latihan skill untuk bisa produktif, akan buat kamu terhindari dari toxic productivity dan justru malah bisa raih target kamu di waktu yang tepat. 

Baca Juga: Menerapkan Mindfulness Saat Bekerja? Inilah Caranya!

Melatih Skill Buat Produktif dengan Pengembangan Diri

Pengembangan diri justru jadi kunci buat kamu bisa produktif dengan tepat. Disadur dari situs halaman Berkeley Well-being Institute, memaparkan definisi pengembangan diri adalah proses untuk melihat ke dalam diri kita agar menaikan level kemampuan serta terus belajar hal baru untuk melatih kemampuan itu atau skill baru lainnya yang bisa membuat diri kita lebih baik lagi.

Jadi, saat kamu melakukan pengembang diri otomatis produktivitas kamu juga bisa meningkat. Diambil dari konten di platform sosial medianya, Rama Satya, seorang content creator & consultant untuk meningkatkan produktivitas, menjelaskan ada 5 konsep pengembangan diri yang efektif:

1. Kerja di Peak Productivity Hours (PPH) kamu

PPH merupakan waktu dimana otak lebih fokus dan kreatif dibanding jam-jam lainnya berdasarkan genetik. Jadi, setiap kita memiliki PPh yang berbeda-beda, kalian bisa mencari tahu dengan menelusuri atau nge-track pola waktu dan kinerja kamu.

Waktu menjadwalkan jam kerja selaras dengan PPH kalian, kerjaan pun hasilnya jadi lebih optimal!

2. Kerja terus-terusan itu kebalikan dari produktif

Ternyata, kapasitas maksimal manusia untuk fokus dan kerja seutuhnya dalam satu hari itu hanya 4 jam. Lebih dari itu, daya produktivitas kita akan berkurang. 

Jangan lupa untuk istirahat, karena tidur yang cukup bikin produktivitas kamu lebih maksimal. Jadi, tidur juga bagian dari produktif, lho.

3. Lakukan time blocking

Kalau kamu hanya menulis to-do list tanpa ada limitasi waktu akan cenderung membuat kita menulis hal yang dikerjakan terlalu banyak dan akhirnya tidak bisa diselesaikan semua. 

Buatlah to-do list jadwal per jamnya, karena ini akan lebih efektif untuk kamu. Adanya ‘deadline’ yang bikin kamu disiplin pada waktu dan tetap on track!

4. Speed learning

Contoh speed learning yang bisa kalian lakukan agar menambah ilmu baru di sela kesibukan secara konsisten, misalnya:

Lakukan speed listening dengarkan podcast dengan kecepatan 1.5 speed, kamu akan terkejut karena masih bisa mendengar dengan jelas.

5. The 5 minute rule

Fokus adalah superpower yang ada dalam kita, namun seringkali terhambat oleh distraksi. Ketika ingin mulai kerja, set timer kamu selama 5 menit dan paksa diri untuk fokus kerja. Setelah itu kita akan perlahan-lahan masuk pada flow state.

Sebelum memulai kerja, kalian juga bisa hirup inhaler Eureka terlebih dahulu! Inhaler berbasis aromaterapi yang memberikan aroma citrus dan spices yang menyegarkan diri. Formulasi minyak atsiri murni khusus untuk bantu meningkatkan fokus mental dan rentang atensi kamu. Gunakan inhaler Eureka agar produktivitas kamu optimal dengan cara yang mudah kapanpun dibutuhkan. 

Jadi, siap kan untuk menghadang quarter 1? 🙂

Sumber:

Productivityboi

GreatNusa

Berkeley Well-being Institute

#HealthyLittleHabits #HealthyEveryWay

Leave a comment

All comments are moderated before being published

Shop now

WE TAKE CARE OF YOU

Day and Night

Big and Small

Inside and Out