Menerapkan Mindfulness Saat Bekerja? Inilah Caranya!

Kita sering mengira mempraktekan mindfulness memerlukan persiapan yang rumit, namun ternyata menerapkan mindfulness bisa dilakukan dalam berbagai kegiatan, lho!

Raga di kantor tapi pikiran masih di kasur? Siapa yang suka merasakan hal ini? Peek.Me Friends, melalui mindfulness gak hanya bikin jadi lebih semangat bekerja, tapi juga meningkatkan kinerja, lho. Bagi kalian yang punya goals untuk lebih produktif tahun ini, yuk coba cek cara melatih mindfulness di sela kesibukan pekerjaan kalian!

Pengertian Mindfulness cukup sulit untuk didefinisikan, namun pada esensinya, mindfulness saat bekerja adalah ketika kita bekerja dengan penuh kesadaran pada momen yang sedang dilakukan dengan menghadirkan pikiran positif dan fokus. Manfaat mindfulness sendiri telah banyak melalui penelitian, 3 manfaat utama menerapkan mindfulness saat bekerja yaitu:

Meningkatkan Fokus & Daya Memori

Melansir dari laman Zapier, menyatakan menurut riset studi dari University of California pada tahun 2005. Ketika mempraktekkan mindfulness ternyata kita melatih kinerja memori otak lebih baik, sehingga meningkatkan kemampuan belajar terhadap hal-hal baru. 

Saat melatih diri kita lebih tenang dengan teknik meditasi, maka otak berada pada gelombang alfa yang berpengaruh pada area prefrontal cortex di otak berdampak untuk meningkatkan kemampuan fokus lebih tinggi.

Membantu Proses Decision-making

Dalam bekerja kita akan selalu dihadapkan pada proses pengambilan keputusan dan proses ini diolah pada area prefrontal cortex otak, sehingga menerapkan mindfulness akan sangat membantu kita memilih keputusan lebih baik. Disadur dari hasil studi penelitian University of Pennsylvania, mengatakan mindfulness membuat kita bisa berpikir lebih jernih dan objektif terhadap suatu permasalahan.

Menambah Kreatifitas 

Mengapa mindfulness dapat meningkatkan kreatifitas kita? Sebuah riset sebagai bukti empiris menurut studi dari Leiden University, memaparkan mindfulness berdampak pada area divergent thinking yang membuat dua kali lipat kinerja otak dalam membuka pikiran kita terhadap ide-ide baru, mulai dari proses inkubasi ide hingga menemukan gagasan yang mencerahkan.

Baca Juga:

Cara Menerapkan Mindfulness Saat Bekerja

Meningkatkan kinerja serta produktivitas meliputi faktor internal dan eksternal, untuk itu cara menerapkan mindfulness dilakukan melalui pengelolaan dalam diri serta penataan lingkungan area kerja agar mendukung suasana kerja yang lebih nyaman dan positif.

Menerapkan mindfulness dari faktor internal 

1. Mengatur napas : mulai dari mengatur napas, kalian bisa mempraktekan metode pernapasan 4-7-8 sehingga seluruh tubuh dan pikiran menjadi rileks

2. Fokus : fokuslah pada satu hal terlebih dahulu

3. Tetapkan tujuan: buatlah daftar tugas yang perlu diselesaikan sesuai prioritasnya, kemudian tetapkan tujuan yang dapat dicapai secara realistis. Sehingga kalian akan tetap berada dalam jalur yang tepat sesuai tujuan.

4 .Istirahat : Ambil waktu beristirahat di sela-sela pekerjaan sekitar 15 menit untuk menjauh dari meja kerja dan menyegarkan pikiran. Kalian dapat membuat segelas kopi atau berbincang dengan kawan kantor. Hal ini membantu mengatur ulang fokus dan memungkin untuk melanjutkan pekerjaan dengan lebih fresh.

Menerapkan mindfulness dari faktor eksternal

1. Menata meja kerja: merapikan meja kerja dan mewujudkan area kerja senyaman mungkin, membuat kamu lebih sedikit terdistraksi dari faktor luar. Setidaknya, mulai dari area meja kerja yang rapi dan kursi yang nyaman, membantu fokus lebih baik.

Peek.Me Friends, juga dapat menyediakan diffuser dan Mindfulness EO di atas meka kerj. Aroma Mindfulness EO Blend dari Peek.Me dapat membantu kalian melawan distraksi dan hadir sepenuhnya saat bekerja. Nyalakan diffuser bersama Mindfulness EO ketika kalian ingin mengambil napas untuk jeda sejenak atau juga saat tetap melanjutkan pekerjaan. Mindfulness EO diformulasi dengan campuran minyak atsiri yang berfungsi untuk menemani waktu produktif kalian!

2. Berdiskusi dengan co-worker: selain menjadi waktu bersosialisasi dengan kawan kerja, dengan berdiskusi kalian juga bisa mendapatkan insight serta sudut pandang lain terhadap pekerjaan. Menerapkan mindfulness ketika berbincang dapat kalian lakukan dengan memusatkan perhatian terhadap lawan bicara kita sehingga membangun hubungan kerja lebih positif.

Sumber:

Zapier

Kelas Work

Parapuan

#HealthyLittleHabits #HealthyEveryWay

Leave a comment

All comments are moderated before being published

Shop now

WE TAKE CARE OF YOU

Day and Night

Big and Small

Inside and Out