5 Masalah Menstruasi yang Tidak Boleh Kamu Abaikan

5 Masalah Menstruasi yang Tidak Boleh Kamu Abaikan

Mulai dari siklus yang tidak teratur hingga mengalami Premenstrual Dysphoric Disorder (PMDD), inilah lima masalah menstruasi yang tidak boleh kamu abaikan!

Tidak sedikit perempuan sering mengalami rasa sakit dan tidak nyaman ketika sedang menstruasi. Selain itu, banyak juga dari mereka yang kerap menghadapi siklus menstruasi tidak teratur. Meskipun sering dianggap sebagai sesuatu yang lumrah terjadi, sebenarnya permasalahan menstruasi seperti nyeri dan siklus yang tidak teratur tidak boleh kita abaikan begitu saja lho!

Melansir dari Healthline, menstruasi sebenarnya bisa menjadi indikator kesehatan tubuh kita. Perempuan dengan kondisi tubuh yang sehat biasanya hanya mengalami sedikit, bahkan tidak mengalami sama sekali, masalah menstruasi. Maka dari itu, jika kamu mengalami satu atau beberapa masalah kesehatan ketika menstruasi, please jangan diam saja dan segera periksakan dirimu ke dokter ya! 

Mengutip dari berbagai sumber, inilah lima masalah menstruasi yang tidak boleh kamu abaikan begitu saja:

Baca juga: 5 Cara Ini Efektif Atasi Nyeri Haid Tanpa Obat, Udah Coba?

Mulai dari siklus yang tidak teratur hingga mengalami Premenstrual Dysphoric Disorder (PMDD), inilah lima masalah menstruasi yang tidak boleh kamu abaikan!

1. Mengalami kram yang parah (dismenore)

Rasa sakit atau kram saat menstruasi adalah hal yang cukup lumrah terjadi. Tetapi jika kamu merasa kram yang sangat parah hingga sulit untuk beraktivitas, ini bisa menjadi tanda adanya masalah yang lebih serius. Kondisi kram parah saat menstruasi atau dismenore bisa disebabkan oleh berbagai faktor, seperti ketidakseimbangan hormon, fibroid rahim, atau endometriosis. 

2. Mengalami Premenstrual Dysphoric Disorder (PMDD)

Jika kamu sering mengalami perubahan emosi yang drastis seperti depresi, merasa sangat cemas, atau sering merasa histeris menjelang menstruasi, mungkin saja kamu mengalami Premenstrual Dysphoric Disorder (PMDD). PMDD adalah kondisi serius yang lebih dari sekadar mood swing biasa. Meskipun kita sering kali menganggap perubahan suasana hati sebelum menstruasi adalah hal yang wajar, PMDD adalah masalah yang serius dan perlu ditangani oleh tenaga medis profesional. Jika terus dibiarkan tanpa penanganan, kondisi ini dapat membahayakan hidup penderitanya.

3. Darah menstruasi sangat deras dan banyak

Jika kamu merasa perlu mengganti pembalut setiap jam ketika menstruasi, maka kamu perlu waspada.  Hal ini bisa menjadi tanda adanya masalah dalam organ reproduksimu, seperti adanya fibroid rahim atau gangguan pendarahan. Kondisi ini perlu segera ditangani agar dirimu terhindar dari anemia atau masalah kesehatan lainnya.

4. Siklus menstruasi tidak teratur

Sering dianggap sebagai hal yang wajar, siklus menstruasi yang tidak teratur sebenarnya tidak boleh kamu abaikan begitu saja. Jika kamu sering mengalami siklus menstruasi yang tidak teratur, ini bisa menjadi tanda adanya gangguan hormon atau masalah kesehatan lainnya seperti PCOS atau gangguan tiroid. 

5. Tidak menstruasi dalam 90 hari

Jika kamu tidak mengalami menstruasi selama 90 hari atau lebih, besar kemungkinan kamu mengalami kondisi yang disebut sebagai amenore. Tidak mengalami menstruasi dalam jangka waktu yang lama bisa disebabkan oleh berbagai faktor, seperti gangguan hormonal, kelebihan berat badan, atau kondisi medis lainnya. 

Nah, itulah lima masalah menstruasi yang tidak boleh Peek.Me Friends abaikan begitu saja. Sekali lagi, jika kamu mengalami salah satu atau beberapa permasalahan di atas, segera periksakan dirimu pada dokter untuk mendapatkan penanganan lebih lanjut!

Sebagai informasi, supaya tetap merasa nyaman selama menstruasi melanda, Peek.Me Friends bisa mencoba essential oil blend Miss Montpain dari Peek.Me lho! Miss Montpain diformulasi khusus oleh aromaterapis bersertifikat internasional dan terbuat dari bahan-bahan alami yang aman. Untuk menggunakannya, cukup oleskan Miss Montpain pada perut dan punggung bagian bawah (area rahim), lalu pijat searah jarum jam sampai meresap.

Sumber:

Kompas.com

Healthy Women

#HidupMenyeluruh #ArahKebaikan

Leave a comment

All comments are moderated before being published

Shop now

WE TAKE CARE OF YOU

Day and Night

Big and Small

Inside and Out