Sakit Bahu Mengganggu! Atasi dengan 3 Gerakan Peregangan Ini

Sakit Bahu Mengganggu! Atasi dengan 3 Gerakan Peregangan Ini

Sakit bahu dapat membuat penderitanya merasa terganggu dan tidak nyaman sepanjang waktu. Coba atasi dengan melakukan tiga gerakan peregangan ini.

Peek.Me Friends, apakah kamu pernah mengalami nyeri atau sakit pada bagian bahu? Kondisi sakit bahu dapat membuat penderitanya merasa terganggu dan tidak nyaman sepanjang waktu. Selain itu, kondisi ini juga dapat membatasi ruang gerak dan menghambat aktivitas sehari-hari.

Kondisi sakit bahu, baik pada bahu sebelah kanan maupun sebelah kiri, dapat disebabkan oleh berbagai faktor. Melansir dari Mayo Clinic dan Hello Sehat, inilah beberapa faktor yang dapat menyebabkan nyeri pada bahu.

  • Postur tubuh yang buruk. Duduk atau berdiri dengan postur tubuh yang buruk seperti membungkuk atau miring bisa memberi tekanan tambahan pada bahu. Hal ini sering terjadi ketika kita terlalu banyak menghabiskan waktu di depan komputer atau smartphone.
  • Cedera dan trauma. Cedera seperti jatuh, terutama jika melibatkan bahu, bisa menyebabkan nyeri bahu yang berkepanjangan. Otot bahu yang mengalami cedera bisa robek atau rusak.
  • Pemakaian tas yang terlalu berat. Menggendong tas dengan beban yang terlalu berat juga dapat memberikan tekanan ekstra pada otot-otot bahu.Akibatnya, bahu akan terasa nyeri.
  • Terjadinya peradangan tendinitis dan bursitis. Tendonitis merupakan peradangan yang terjadi pada bagian tendon, yakni jaringan yang menghubungkan otot ke tulang. Selain itu, sakit bahu juga bisa terjadi karena bursitis, yakni peradangan pada bagian bantalan berisi cairan di sendi bahu.
  • Frozen shoulders.  Frozen shoulders merupakan kondisi ketika bahu terasa kaku, nyeri, dan sulit bergerak. Bahu seakan-akan terasa seperti membeku dan keras. Jika dipaksa untuk bergerak, bahu akan terasa sakit.

Untuk memastikan penyebab sakit bahu secara akurat, Peek.Me Friends bisa mengunjungi fasilitas kesehatan untuk melakukan rontgen atau pemeriksaan lain yang direkomendasikan.

Baca juga: Nyeri Otot Setelah Berolahraga dan Cara Mengatasinya

Sakit bahu dapat membuat penderitanya merasa terganggu dan tidak nyaman sepanjang waktu. Coba atasi dengan melakukan tiga gerakan peregangan ini

Gerakan Peregangan untuk Mengatasi Sakit Bahu

Salah satu cara yang mudah dan efektif untuk mengatasi sakit bahu adalah dengan melakukan gerakan peregangan. Inilah tiga gerakan peregangan sederhana yang bisa membantu meredakan nyeri bahu:

1. Shoulder Rolls

Gerakan peregangan pertama yang bisa Peek.Me Friends coba adalah "Shoulder Rolls." Gerakan ini sangat sederhana dan bisa membantu mengendurkan otot-otot bahu yang tegang.

Caranya:

  • Duduk tegak dengan punggung dalam keadaan lurus.
  • Putar kedua bahu ke arah depan sebanyak 10 kali.
  • Ambil jeda selama 5-10 detik.
  • Putar kedua bahu ke arah belakang sebanyak 10 kali.

Gerakan ini dapat membantu meredakan ketegangan pada bahu dan leher, serta dapat memberi rasa rileks.

2. Upper Trapezius Stretch

Gerakan selanjutnya adalah "Upper Trapezius Stretch," yang dapat membantu meredakan ketegangan pada otot trapezius di atas bahu.

Caranya:

  • Duduk tegak dan pastikan punggung tetap lurus.
  • Miringkan kepala ke bahu kanan tanpa mengangkat bahu kiri.
  • Tarik pelan kepalamu dengan tangan kanan, lalu tahan selama 10 detik.
  • Ulangi gerakan yang sama pada bahu sebelah kiri.

Gerakan ini membantu meregangkan otot-otot leher dan bahu, serta dapat mengurangi ketegangan pada otot trapezius atas.

3. Armpit Stretch

Gerakan peregangan terakhir adalah "Armpit Stretch," yang fokus pada area di sekitar ketiak dan bahu.

Caranya:

  • Duduk tegak dan pastikan punggungmu dalam kondisi tegak.
  • Dengan tangan kanan, tarik kepalamu pelan-pelan ke arah ketiak kanan. Tahan selama 10 detik.
  • Ulangi gerakan yang sama pada ketiak kiri.
  • Lakukan gerakan ini sebanyak dua kali di setiap sisinya.

Selain dengan tiga cara di atas, meredakan nyeri bahu juga bisa Peek.Me Friends lakukan dengan melakukan metode RICE: rest (mengistirahatkan bahu), ice (mengompres bahu dengan es), compression (menekan atau membebat bahu dengan lembut), dan elevation (menyangga bahu yang sakit dengan menggunakan bantal).

Kamu juga bisa meredakan nyeri bahu dengan mengoleskan The Ahh Oil dari Peek.Me Naturals. The Ahh Oil diformulasi secara khusus oleh aromaterapis berlisensi internasional untuk menghalau segala masalah otot dan persendian.

Jika nyeri bahu tidak kunjung membaik, jangan ragu untuk segera memeriksakan diri ke dokter ya! Semoga sehat selalu, Peek.Me Friends.

Sumber:

Mayo Clinic 

Hello Sehat

#HidupMenyeluruh #ArahKebaikan

Leave a comment

All comments are moderated before being published

Shop now

WE TAKE CARE OF YOU

Day and Night

Big and Small

Inside and Out