Kaya Nutrisi, Inilah 6 Rekomendasi Makanan untuk Ibu Menyusui

Kaya Nutrisi, Inilah 6 Rekomendasi Makanan untuk Ibu Menyusui

Penting bagi ibu menyusui untuk selalu memperhatikan asupan makanan sehari-hari. Memilih makanan yang tepat dapat membantu produksi ASI dan memberikan bayi nutrisi yang diperlukan.

Bagi kebanyakan ibu, menyusui adalah aktivitas yang cukup menguras energi dan dapat membuat ibu merasa lebih lapar dari biasanya. Oleh karena itu, penting bagi ibu menyusui untuk selalu memperhatikan asupan nutrisi mereka agar tetap sehat dan tidak mudah lemas. Selain itu, mengonsumsi makanan yang tepat dan kaya nutrisi juga dapat membantu melancarkan produksi ASI.

Lantas, apa saja makanan yang baik untuk dikonsumsi oleh ibu menyusui? Melansir dari buku berjudul Boost Your Breast Milk: An All-In-One Guide for Nursing Mothers to Build a Healthy Milk Supply yang ditulis oleh konselor laktasi bernama Alicia C. Simpson, inilah enam rekomendasi makanan kaya nutrisi yang baik untuk dikonsumsi ibu menyusui setiap saat:

Baca juga: Ibu Harus Tahu! Inilah 6 Mitos dan Fakta Seputar Menyusui

Alpukat merupakan sumber makanan yang sangat baik untuk dikonsumsi oleh ibu menyusui

1. Alpukat

Alpukat merupakan sumber makanan yang sangat baik untuk dikonsumsi oleh ibu menyusui. Dalam bukunya, Alicia menjelaskan bahwa alpukat mengandung hampir 80% lemak, sehingga dapat membantu ibu untuk merasa kenyang lebih lama. Buah ini juga merupakan sumber vitamin B, vitamin K, folat, potasium, vitamin C, dan vitamin E yang baik.

2. Kacang-kacangan

Kacang-kacangan seperti kacang hijau dan kacang almond mengandung protein, serat, dan lemak sehat. Tidak hanya itu, kacang-kacangan juga kaya akan zat besi yang penting bagi produksi sel darah merah dan menjaga kesehatan bayi.

3. Sayuran berdaun hijau

Sayuran hijau seperti bayam, brokoli, dan katuk kaya akan zat besi dan vitamin A. Konsumsi sayuran hijau juga dapat membantu meningkatkan produksi ASI.

4. Telur

Telur adalah sumber protein berkualitas tinggi dan kaya akan asam amino esensial yang penting untuk kesehatan bayi. Selain itu, telur juga mengandung lemak sehat dan vitamin D.

5. Oatmeal

Oatmeal adalah sumber karbohidrat kompleks yang dapat membantu ibu menyusui merasa kenyang lebih lama. Selain itu, oatmeal juga mengandung serat dan vitamin B, yang penting untuk produksi ASI.

6. Buah-buahan

Buah-buahan segar seperti apel, jeruk, pisang, dan stroberi mengandung vitamin C dan kaya serat. Buah-buahan juga mengandung antioksidan yang dapat membantu mencegah kerusakan sel.

Dengan mengonsumsi makanan yang tepat, kesehatan ibu dan bayi pun akan terus terjaga. Ingatlah untuk tetap terhidrasi dengan minum air yang cukup, hindari stres berlebih, dan cukup beristirahat. Jangan ragu untuk berkonsultasi dengan ahli gizi untuk mendapatkan rekomendasi makanan dan kebutuhan nutrisi yang lebih tepat.

Ibu sehat, bayi pun senang

#HidupMenyeluruh #ArahKebaikan

Leave a comment

All comments are moderated before being published

Shop now

WE TAKE CARE OF YOU

Day and Night

Big and Small

Inside and Out