Atasi Brain Fog Biar Pikiran Nggak Ngeblok!

Harus meeting dan presentasi tapi otak lagi lemot sekali? Saat kamu mengalami Brain Fog, coba lakukan beberapa hal ini biar fokus nggak keputus!

Dikejar deadline tapi kok otak lagi nggak bisa mikir? Sering ngerasain ini nggak, Peek.Me Friends? Kalau kalian lagi merasakan ini, kemungkinan sedang mengalami Brain Fog. Hal ini bukan suatu kondisi medis, melainkan gejala disfungsi kognitif yang disebabkan oleh suatu kondisi medis.

Melansir dari situs Alodokter, menurut dr.Nadia Nurotul Fuadah, Brain Fog adalah kondisi saat kita merasa sulit berkonsentrasi sehingga fungsi kognitif menurun. Jadi, waktu kamu alami Brain Fog biasanya kamu akan mudah lupa, merasa bingung, kurang fokus, dan susah berpikir jernih. Rasanya ada yang ngeblok di otak kamu atau cloudy-head feeling waktu sedang berpikir.

Brain fog disebabkan karena tingkat inflamasi dalam tubuh tinggi yang berdampak pada mood, energi, dan daya fokus kita. Gejala Brain Fog ini bisa terjadi karena:

  1. Stres : ketika mengalami stres, otak merasa lelah berlebih, sehingga aliran darah tidak lancar dan menyebabkan ingatan berkurang, susah fokus, sulit buat berpikir. Kalau kamu merasa stres setiap hari dan berjalan selama berbulan-bulan, hormon kortisol dikeluarkan secara berlebih dan bisa memicu brain fog.
  2. Kurang tidur: istirahat yang nggak maksimal bikin konsentrasi kamu menurun.
  3. Dehidrasi: kurang cairan tubuh bisa menyebabkan aliran darah di otak jadi menurun, sehingga oksigen ikut berkurang dan bikin kamu susah fokus atau berenergi. 
  4. Konsumsi terlalu banyak gula: kadar gula tinggi mendorong tubuh mengeluarkan insulin dalam jumlah besar, insulin terlalu tinggi bisa buat daya fokus menurun.
  5. Perubahan hormon saat PMS: waktu menstruasi hormon estrogen dan progesteron berada di titik rendah, yang berdampak pada kerja otak dan sistem memori. Sehingga, saat haid kita sering kali merasa lemot dan gangguan kognitif jangka pendek. 

Baca Juga: Sering Gagal Fokus? Ini 3 Cara Mudah Kembalikan Fokus Buyar!

Meskipun Brain Fog ini terasa sepele, namun membuat kita jadi frustasi, apalagi kalau ada kerjaan atau deadline yang harus diselesaikan. Ini beberapa tips supaya brain fog kamu teratasi ketika ada urusan atau kegiatan penting yang perlu dilakukan:

Manajemen Stres 

Cara termudah untuk mengenali pemicu stres kamu sekaligus meringankannya, lakukan journaling ya, Peek.Me Friends. Tulislah seluruh pikiran, perasan, dan hal-hal yang mengganggu diri. Luangkan waktu untuk beristirahat dan bersantai sambil melakukan kegiatan yang bikin kamu rileks seperti melakukan teknik pernapasan, jalan pagi, atau melakukan aktivitas yang kamu sukai. 

Istirahat yang Cukup

Mengatur jadwal tidur selama 7-9 jam, tidur yang cukup akan membuat pikiran dan diri kamu lebih segar.

Perbaiki Asupan Nutrisi

Konsumsilah makanan yang berfokus pada asupan protein, omega 3, antioksidan, dan vitamin B12. Jangan lupa juga, untuk minum air putih yang cukup agar energi kamu lebih meningkat.

Berolahraga

Olahraga tentunya bisa meningkatkan mood dan energi kamu, jadi lakukan peregangan ataupun olahraga ringan akan sangat membantu memperbaiki mood juga energi kamu.

Latihan Asah Otak

Meskipun kita dalam kondisi sulit berpikir, agar bantu fungsi kognitif kamu meningkat, lakukan permainan mengasah otak. Cobalah bermain puzzle, teka-teki silang, atau permainan yang menarik kamu berpikir dengan lebih seru.

Hirup Inhaler Eureka

Saat harus membereskan pekerjaan, kalian bisa coba menghirup inhaler Eureka ya! Agar bantu atasi pikiran sulit fokus dan linglung karena Brain Fog. kandungan 3 formula alami dari Bergamot, Basil, dan Rosemary essential oil memberikan aroma spices menyegarkan untuk menjaga rentang atensi fokus dan mood kamu meningkat. 

Jadi saat kamu mengalami Brain Fog, fokuslah untuk meningkatkan mood, energi, dan daya fokus kamu, ya Peek.Me Friends. 

Sumber:

Alodokter

Healthline

Kompas.com

#HealthyLittleHabits #HealthyEveryWay

Leave a comment

All comments are moderated before being published

Shop now

WE TAKE CARE OF YOU

Day and Night

Big and Small

Inside and Out