Mindful Bathing: Cara Menerapkan Mindfulness di Sela Kesibukan

Memeriksa titik temu antara praktik mindfulness dan budaya hustle culture saat ini. Melalui Mindful Bathing bisa jadi cara bebas stres meski dalam kesibukan rutinitas, lho!

Peek.Me Friends, ngerasa nggak sih kalau saat ini kesibukan itu terasa lebih padat 2 kali lipat? Work-life-balance itu rasanya sulit diraih karena era informasi yang membuat perkembang itu dinamis banget, serba cepat, dan nggak ada habisnya. Terbukti dari adanya tren-tren gaya hidup yang mulai bermunculan seperti hustle culture dan tren busy bandwagon effect, yaitu ketika kita dituntut untuk terus produktif hingga munculnya rasa tertinggal jika kita nggak update.

Hal ini buat tingkat stres terus meningkat, setuju nggak? Salah satu stressor terbesar berasal dari pekerjaan, karena terdapat berbagai lapisan di dalamnya seperti; permasalahan di lingkungan kerja, perjalanan ke kantor yang macet, atau beban kerja yang berlebih. Melansir dari video youtube Greatmind, menurut Adjie Santosoputro, sebagai praktisi mental health dan mindfulness, mengatakan salah satu indikasi stres adalah kita cenderung putus hubungan, koneksi, dan relasi dengan diri sendiri dan orang lain. 

Disadur dari laman Kompas.com, Raden Prisya, seorang pelatih well-being & mindfulness, memaparkan ketika kita putus koneksi dan tidak mindful terhadap diri, cenderung kita abai pada tubuh, sehingga walaupun sudah lelah kita tidak kunjung istirahat atau abai menanggapi respon tubuh. Hal ini justru membuat kita tidak sehat secara emosi, mental, dan fisik yang justru menimbulkan burnout, stres, dan depresi.

Menariknya tentang praktek mindfulness, ternyata dapat tetap kita lakukan di sela rutinitas kita agar dapat tetap menemukan ketenangan batin dan juga buat kita terhindar dari dampak stres meski dalam kebisingan serta kesibukan kamu. Salah satu cara mudah dan efektif mengkolaborasikan mindfulness dalam rutinitas keseharian kita yaitu bisa melalui mindful bathing

Baca Juga: Menerapkan Mindfulness Saat Bekerja? Inilah Caranya!

Cara Melakukan Mindful Bathing?

Melatih menenangkan batin menjadi upaya mengelola stres dari sisi internal yang merupakan pondasi penting bagi diri menghadapi berbagai komitmen dan tuntutan yang berat. Mandi adalah aktivitas yang pasti kita lakukan hampir setiap hari, sehingga memudahkanmu buat jadi momen ‘pause’ sebelum atau sesudah menjalani kesibukan. 

Ada 3 tahapan yang perlu dilakukan agar mindful bathing jadi praktek latihan mindfulness kamu sehari-hari, yaitu:

Ambil Momen Jeda Sebelum Mandi

Buat waktu jeda sejenak sebelum mandi agar menenangkan pikiran dan tubuh, jadi kamu nggak perlu tergesa-gesa, ya Peek.Me Friends. Tujuannya agar kamu lebih rileks dan menyadari kalau mandi ini sebagai momen terkoneksi dengan diri. Hal yang bisa dilakukan yaitu seperti mengambil napas inhale & exhale secara perlahan, mendengarkan musik, atau lakukan peregangan yang berfokus pada pernapasan. 

Melatih Pikiran Tidak ‘Wondering’ Saat Mandi

Jadikan mindset bahwa kegiatan mandi kamu merupakan momen untuk rileks di tengah kesibukan. Seringkali ketika mandi, pikiran kita memikirkan hal-hal lain atau ‘wondering’, nah kalian bisa melatih pikiran kamu untuk ‘fully present’.

Ketika kita mandi ada 3 indra yang aktif yaitu; penglihatan, penciuman, dan indra peraba. Jadi, kamu bisa lebih dekat dengan diri dengan memberikan atensi misalnya; pada area wajah pastikan membersihkan dengan tekanan yang lebih lembut, bersihkan area-area yang rentan terkena debu atau keringat dengan lebih lama, atau lakukan perawatan khusus untuk area kulit lebih sensitif. Selanjutnya, menggunakan perawatan tubuh dengan aroma yang kamu sukai juga membuat mandi jadi lebih happy!

So, it's as simple as 'touch it, feel it, see it, love it'!

Gunakan Daily Wellness Kit Setelah Mandi

Ketika menerapkan mindful bathing, mandi jadi serangkaian kegiatan untuk menjaga well-being kamu di sela aktivitas padat. Daily Wellness kit untuk memaksimalkan gaya hidup mindful kamu buat jalani hari lebih optimal atau persiapan tidur yang lebih nyaman dan nyenyak. Keempat produk natural dalam Daily Wellness mendukung kamu untuk hidup sehat dan seimbang:

(The) Deodorant : deodorant natural tanpa aluminum, buat jaga ketiak lebih sehat

Lavender Stick : body lotion untuk melembabkan dan menyehatkan kulit 

Rock A Bye : bantu mengurangi insomnia atau waktu kamu sulit tidur

Mellow Free : inhaler alami untuk menurunkan rasa stres dan cemas

Ketiga tahap untuk mempraktekan mindful bathing membuat stres kamu lebih reda, sehingga relasi dengan diri membaik yang otomatis membuat kamu lebih produktif dan mampu menjalin hubungan sehat dengan orang lain. Hal ini akan menjadi bekal kita untuk merasa lebih #HappyHealthyWorthy !

#HealthyEveryWay

Sumber:

Greatmind

Kompas.com

Leave a comment

All comments are moderated before being published

Shop now

WE TAKE CARE OF YOU

Day and Night

Big and Small

Inside and Out