Sering Gagal Fokus? Ini 3 Cara Mudah Kembalikan Fokus Buyar!

Sering hilang fokus tapi deadline harus cepat terselesaikan? Lakukan beberapa hal ini agar kamu bisa kembali fokus dan membereskan pekerjaan secara optimal!

Kehilangan fokus atau gagal fokus, apakah kalian sering mengalaminya?  Konsentrasi dalam hal apapun akan mendorong kemampuan kognisi atau berpikir kita, sehingga fokus dan konsentrasi menjadi kunci untuk memperoleh hasil kerja yang optimal. 

Melansir dari halaman Detik, menuliskan para ilmuwan berasal dari Max Planck Institute dan University of Southern California mengungkap sistem kerja otak yang berpengaruh mengalihkan fokus perhatian berkaitan dengan Locus coeruleus atau sering disebut ‘titik biru’.

Penelitian dalam jurnal Trend in Cognitive Sciences memaparkan ‘titik biru’ ini mengatur sensitivitas otak terhadap informasi yang membutuhkan perhatian. Daya fokus manusia itu berfluktuasi, ketika kita sedang sangat fokus maka ukuran ‘titik biru’ ini semakin membesar, begitu juga sebaliknya ketika fokus kita buyar. 

Baca Juga:

It's Time to Focus On!

Disadur dari situs Tugu Insurance, menyatakan menurut penelitian, pekerja kantoran rata-rata mengalami interupsi setiap 11 menit selama bekerja. Jadi, untuk mengembalikan daya fokus kita, maka kita perlu mendorong kinerja ‘titik biru’ pada otak untuk membantu meningkatkan fokus perhatian kita.

Diambil dari laman Jaringan Prima, menurut Caroline Williams, sebagai seorang jurnalis sains dan penulis buku Override: My Quest to go beyond training and take control of my mind, terdapat beberapa cara mudah dilakukan untuk kembalikan fokus saat kamu bekerja:

1. Melamun

Ternyata, melamun adalah aktivitas yang sangat dianjurkan oleh para psikolog untuk mengembalikan konsentrasi saat bekerja. Seorang psikolog dari Universitas Harvard, Paul Seli, menyatakan cobalah melamun dengan memikirkan hal-hal yang tidak berkaitan dengan pekerjaan. Terutama, jika ada sebuah permasalah yang mengganjal dan dapat kamu selesaikan dengan memikirkan solusinya, setelah itu kalian akan kembali melanjutkan pekerjaan dengan tingkat konsentrasi lebih baik.

2. Menonton video atau konten lucu

Dalam sebuah eksperimen, orang-orang yang telah menonton video lucu, menunjukan usaha yang lebih gigih dalam menyelesaikan teka-teki sulit. Ketika kita tertawa, maka dapat menyegarkan isi kepala dan membuat bekerja lebih semangat serta tingkat konsentrasi lebih tinggi.

3. Istirahat dari pekerjaan sejenak

Manusia sulit berkonsentrasi penuh lebih dari 90 menit dan membutuhkan setidaknya 15 menit untuk bisa kembali fokus. Cobalah beristirahat sejenak seperti minum kopi, melakukan peregangan, bermeditasi, atau berbincang tanpa memikirkan pekerjaan terlebih dahulu, saat kalian kembali maka daya fokus, ingatan, dan konsentrasi dapat meningkat.

Saat melakukan pekerjaan, terkadang kita merasa buntu dan daya fokus kita mulai menurun, namun di saat bersamaan deadline harus cepat terselesaikan. Ketika menghadapi situasi tersebut, kalian bisa coba melakukan tips di atas sambil menghirup inhaler Eureka agar lebih maksimal mengembalikan fokus yang buyar.

Peek.Me Friends mungkin pernah, justru setelah istirahat sejenak, ketika kembali menyelesaikan deadline tiba-tiba kita mendapatkan inspirasi atau ide-ide. Seperti namanya, Inhaler Eureka, bermanfaat untuk tingkatkan fokus mental kita dan rentang atensi. Ketika kita bisa fokus penuh dan berkesadaran, maka spektrum kognitif kita pun meningkat, sehingga memampukan mendapatkan Eureka Moment menyelesaikan masalah pekerjaan kita, lho.

Sumber:

Detik.com

Tugu Insurance

Jaringan Prima

#HealthyLittleHabits #HealthyEveryWay

Leave a comment

All comments are moderated before being published

Shop now

WE TAKE CARE OF YOU

Day and Night

Big and Small

Inside and Out